Ibadah

Kepulangan Yang Terpuji Menuju Rumah Yang Mulia

Makah mukarromah

العود الحمد إلى حرم البيت العتيق

الحمد لله رب العلمين والصلاة والسلام على نبينا محمد و على آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين 

Segala puji bagi Allah Robb semesta alam dan shalawat dan salam semoga tercurahkan atas Nabi kita Muhammad dan keluarga , shahabatnya dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat nanti. 

اما بعد فقد جاء عن صهيب رضي الله عنه ” ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﺍ‍ﺩ ‍ﺩ‍ﺧ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺪ‍ﺧ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍:

Adapun setelahnya, telah datang dari Shuhaib radhiyallahu anhu :

Bahwa dia jika ingin masuk desa tidak akan masuk sampai mengucapkanmengucapkan :

ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ  ‍ﺃ‍ﻇ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺭ‍ﺿ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﺡ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺫ‍ﺭ‍ﺕ‍,

‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻃ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍  ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺿ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﺇ‍ﻧ‍‍ﻲ‍ ‍ﺃ‍ﺳ‍‍ﺄ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺧ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻮ‍ﺫ ‍ﺑ‍‍ﻚ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺷ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺷ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ “.

“Ya Allah Robb langit yang tujuh dan apa yang dia naungi. Dan Robb bumi yang tujuh dan apa yang dia emban. Dan Robbnya angin dan apa yang dia terbangkan. Dan Robbnya para syaithan dan apa yang mereka sesatkan.

Aku memohon kepadamu kebaikannya dan kebaikan yang ada padanya dan aku berlindung kepadamu dari keburukannya dan keburukan yang di dalamnya.” 

Dan Allah telah memberi nikmat kita dan hanya miliknyalah nikmat yang banyak dan hanya baginyalah segala puji dengan kepulangan menuju Tanah Haram Allah pada malam ini setelah perjalanan yang meliputi Mahrah dan Hadhramaut. Dan saya bersama teman melewati sebagian saudara kami ahlus sunnah wal jamaah di kota Najran.

Segala puji bagi Allah atas kepulangan yang terpuji ini, karena demi Allah pada masa ini yaitu setelah kita tinggal di Haram, hati kita selalu terkait dengannya lebih banyak, maka saya memohon kepada Allah membantu kami untuk membantu kami dalam berbuat kebaikan dan amal shalih 

Dan petunjuk itu hanyalah dari Allah.

Dan sebagian salaf menyunnahkan tinggal di Makkah dari pada yang lain.

Al Azraqi meriwayatkan dari Ibnu Abi Najiih dari Aisyah, dia berkata :

 لولا الهجرة لسكنت مكة، إني لم أر السماء بمكان أقرب إلى الأرض منها بمكة، ولم يطمئن قلبي ببلد قط ما اطمأن بمكة، ولم أر القمر بمكان قط أحسن منه بمكة.  

Kalaulah bukan Karena hijrah pastilah aku tinggal di Makkah. Aku tidak pernah melihat langit di suatu tempat yang lebih dekat dari pada di Makkah, dan hatiku tidak pernah setenang ketika di Makkah, dan tidak pernah aku memandang bulan lebih indah daripada di Makkah.

وروى الجندي في فضائل مكة بإسناد حسن عن أبي الطفيل قال: قال ابن عباس رضي الله عنهما:

Dan Al Jundiy dalam Fadhail Makkah dari jalur Hasan dari Abuth Thufail dia berkata : berkata Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma :

 ( أقم بمكة وإن أكلت بها العضاه يعني السمر)

Tinggallah di Makkah , walaupun engkau memakan pohon.

Dan sebagian ulama membahas tentang berdampingan dan tinggal di Makkah , sebagiannya membenci dan yang lain menyunnahkannya.

Berkata Al Fasi : bertetangga dengan Makkah adalah mustahab menurut kebanyakan ulama. Diantaranya Asy Syafii , Abu Yusuf , Muhammad bin Al Hasan dua murid Abu Hanifah dan Ibnul Qasim murid Malik. LDan Ahmad bin Hanbal juga mengatakan mustahab

Karena ada riwayat dari beliau, berkata : andai saja aku sekarang berdampingan dengan  Makkah.

Dan yang tidak suka tinggal di Makkah adalah : Abu Hanifah , dan Ibnu Rusyd Al Maliki memahami ini dari ucapan Malik.

Dan Sebab tidak sukanya mereka adalah : khawatir akan bosan dan kurangnya penghormatan karena terus menerus tinggal dalamnya, dan khawatir untuk melakukan dosa disana, karena maksiat yang disana tidak sama dengan tempat lain.

Dan yang tidak membencinya mengatakan : “Itu adalah sebuah keutamaan, dan dosa yang dikhawatirkan maka dibalas dengan yang lebih baik,  dengan dilipat gandakannya pahala.

Berkata An-Nawawi dalam AL IDHOH :

Pendapat yang terpilih adalah istihbabnya tinggal di Makkah , karena adanya tambahan kebaikan dan ketaatan, dan ada dari kalangan yang layak dipanuti yang tinggal disana, baik salaf, maupun khalaf, dan tidak terhitung.

Dan dalil yang paling jelas akan sunnah tinggal disana adalah angan-angan Nabi shallallahu alaihi wa sallam untuk tinggal di sana , dan angan-angan Bilal untuk kembali ke Makkah , sebagaimana yang terdapat pada syair nya :

ألا ليت شعري هل أبيتن ليلة * بواد حولي إذخر وجليل

وهل أردن يوما مياه مجنة * وهل يبدون لي شامة وطفيل

“Andai kiranya diri ini masih sempat melewati indahnya keheningan malam”.

 ” Kendati satu malam di sebuah lembah yang dikelilingi rerumputan dan orang-orang mulia.”

” Akankah di suatu waktu nanti diri ini masih sempat meneguk segarnya mata air itu.”

” Masihkah aku dapat mengenal Syammah dan Thufail ?”

ثم إن النبي – صلى الله عليه وسلم- رغب في سكنى المدينة؛

Kemudian Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam ingin tinggal di Madinah.

Dan karena Makkah lebih mulia maka tingal di sana lebih utama dan lebih di sukai.

Dan Al Muhibb Ath Thabari menyebutkan 54 shahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang tinggal di Makkah dan kebanyakan mereka mati di sana .

Maka Allah jugalah yang saya mohon agar menunjuki kami untuk memuliakan rumahNya dan syiar-syiarNya.

Dan segala puji bagi Allah 

Abu Muhammad Al-Hajuriy, 23 Rabiul awwal 1437

Faedah dari Syaikh Abu Muhammad Abdulhamid bin Yahya Al-Hajuriy Az-Za’kariy hafidzahullah

Alih bahasa : Abu Adam Abdusy Syakur Singaraja Al-Baliy hafidzahullah

buku png

Naskah asli :

((العود الحمبد إلی حرم البيت العتيق))  الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الی يوم الدين اما بعد فقد جاء عن صهيب رضي الله عنه ” ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﺍ‍ﺩ ‍ﺩ‍ﺧ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺪ‍ﺧ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺣ‍‍ﺘ‍‍ﻰ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍: ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ  ‍ﺃ‍ﻇ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺭ‍ﺿ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﺡ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺫ‍ﺭ‍ﺕ‍, ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻴ‍‍ﺎ‍ﻃ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍  ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺿ‍‍ﻠ‍‍ﺖ‍, ‍ﺇ‍ﻧ‍‍ﻲ‍ ‍ﺃ‍ﺳ‍‍ﺄ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺧ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻮ‍ﺫ ‍ﺑ‍‍ﻚ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺷ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﺷ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ “.  وقد من الله تعالى علينا وله المنة كثيرا فله الحمد بالعودة الليلة إلی حرم الله بعد رحلة شملت المهرة وحضرموت ومررنا فيها انا ورفيقي علی بعض اخواننا من أهل السنة والجماعة في مدينة نجران فالحمد الله علی العود الحميد اذ والله في هذه الفترة اي بعد ان سكنا الحرم تعلقت فلوبنا به اكثر فأسأل الله ان يعيننا على فعل الخيرات وصالح الأعمال  وبالله التوفيق.    وقد استحب بعض السلف السكن بمكة علی غيرها   فروى الأزرقي عن ابن أبي نجيح عن عائشة أنها قالت: لولا الهجرة لسكنت مكة، إني لم أر السماء بمكان أقرب إلى الأرض منها بمكة، ولم يطمئن قلبي ببلد قط ما اطمأن بمكة، ولم أر القمر بمكان قط أحسن منه بمكة.  وروى الجندي في فضائل مكة بإسناد حسن عن أبي الطفيل قال: قال ابن عباس رضي الله عنهما: ( أقم بمكة وإن أكلت بها العضاه يعني السمر)  وتكلم العلماء في المجاورة والسكنى بمكة؛ فبعضهم كرهها، وبعضهم استحبها.  قال الفاسي: المجاورة بمكة مستحبة عند أكثر العلماء، منهم الشافعي وأبو يوسف ومحمد بن الحسن صاحبا أبي حنيفة وابن القاسم صاحب مالك، واستحبها أيضا أحمد بن حنبل؛ لأنه روي عنه أنه قال: ليت لي الآن مجاورة بمكة.  وممن كره المجاورة بمكة: أبو حنيفة، وفهم ذلك ابن رشد المالكي من كلام وقع لمالك.  وسبب الكراهية عند من كرهها: خوف الملل وقلة الاحترام لمداومة الأنس بالمكان، وخوف ارتكاب الذنب هناك؛ فإن المعصية فيها ليست كغيرها.  والذين لم يكرهوها قالوا: إنها فضيلة، وما يخاف من ذنب فيقابل بما يجري لمن أحسن من تضعيف الثواب.  وقال النووي في الإيضاح: إن المختار استحباب المجاورة بمكة لما فيها من تضاعف الحسنات والطاعات، وقد جاور بها ممن يقتدى به من سلف الأئمة وخلفها خلائق لا يحصون.

ومن أكبر الأدلة على استحباب مجاورتها تمني النبي – صلى الله عليه وسلم- في سكناها، وتمني بلال العود إلى مكة كما ورد في شعره:

ألا ليت شعري هل أبيتن ليلة * بواد حولي إذخر وجليل

وهل أردن يوما مياه مجنة * وهل يبدون لي شامة وطفيل

ثم إن النبي – صلى الله عليه وسلم- رغب في سكنى المدينة؛ وحيث إن مكة أفضل منها فيكون سكناها أفضل وأرغب. وقد ذكر المحب الطبري أربعة وخمسين نفرا من أصحاب النبي – صلى الله عليه وسلم- ممن جاور بمكة وسكنوها ومات أكثرهم فيها.

فالله سبحانه وتعالى أسأل ان يوفقنا لتعظيم بيته وشعائره والحمد لله

أبو محمد الحجوري 23 ربيع اول 1437

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits