“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Diantara hukum-hukum Seputar sholat Tarawih

Tanya: Afwân Ustâdz, berikanlah faedah kepada ana seputar permasalahan shalat tarâwîh yang 4 raka’at salam, mereka mulai condong yang 2 raka’at salam, banyak yang tanya ke ana tapi ana menunggu penjelasan dari ustâdz? Jazakallâhu khairâ.

Jawab: ‘Âisyâh Radhiyallâhu ‘anhâ pernah ditanya:

كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي رَمَضَانَ

“Bagaimana shalatnya Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam pada bulan Ramadhân?” Maka beliau menjawab:    

مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا

“Tidaklah Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam menambah pada bulan Ramadhân dan tidak pula pada selain Ramadhân di atas 11 raka’at, beliau shalat 4 raka’at, jangan kamu bertanya tentang bagus dan panjangnya shalat beliau, kemudian beliau shalat 4 raka’at, jangan kamu bertanya tentang bagus dan panjangnya shalat beliau, kemudian beliau shalat 3 raka’at”.  Hadîts ini diriwayatkan oleh Al-Bukhâriy dan Muslim.

Pada hadîts tersebut sangatlah jelas bahwa Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam shalat tarâwîh 8 raka’at dan witir 3 raka’at, jadi keseluruhannya adalah 11 raka’at. Dan rinciannya adalah sebagai berikut:

* Pada shalat tarâwîh 8 raka’at tersebut dilakukan dengan dua kali salam, pada setiap 4 raka’at dengan sekali salam.

* Kemudian shalat witir 3 raka’at dengan sekali salam.

Dalam pelaksaan 4 raka’at  tersebut tidak ada tahiyât pertama, akan tetapi yang ada hanya tahiyât terakhir, pelaksanaannya tidak seperti shalat zhuhur. Demikian pula pelaksanaan 3 raka’at pada witir tersebut tidak ada tahiyât pertama, akan tetapi yang ada hanya tahiyât terakhir, pelaksanaannya tidak seperti shalat maghrib.

Para ‘ulamâ berbeda pendapat tentang perkataannya:  يُصَلِّي أَرْبَعًا “Beliau shalat 4 raka’at”. Dan Al-Imâm Ash-Shan’âniy Rahimahullâh telah menerangkan dengan keterangan yang sangat jelas:

ثُمَّ فَصَلَّتْهَا بِقَوْلِهَا (يُصَلِّي أَرْبَعًا) يُحْتَمَلُ أَنَّهَا مُتَّصِلَاتٍ وَهُوَ الظَّاهِرُ وَيُحْتَمَلُ أَنَّهَا مُنْفَصِلَاتٍ وَهُوَ بَعِيدٌ

“Kemudian ‘Âisyah merinci shalat tarâwîh 8 raka’at dengan mengatakan: “Nabî Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam shalat 4 raka’at” dimungkinkan shalat 4 raka’at ini bersambung (tanpa tahiyât pertama), ini sesuai zhâhir hadîts, dan dimungkinkan shalat 4 raka’at ini terpisah (yakni setiap 2 raka’at salam, setiap 2 raka’at salam), dan ini  jauh (dari zhâhir hadîts)”.

Di antara ‘ulamâ ada yang menganggap shalat sunnah 4 raka’at dengan sekali salam termasuk dari menyelisihi sunnah, justru anggapan inilah nampak bertentangan dengan hadîts tersebut, dan Al-Imâm An-Nawawiy Rahimahullâh telah berkata:

وَأَنَّهُ يَجُوْزُ جَمْعُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمةٍ وَاحِدَةٍ، وَهَذَا لِبَيَانِ الْجَوَازِ

“Dan bahwasanya boleh menggumpulkan banyak raka’at dengan sekali salam, dan ini untuk menjelaskan tentang kebolehannya”.

Kami katakan: Bahwasanya ini bukan hanya sekedar pembolehan, namun ini termasuk dari sunnah Nabî Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam, dan ini diperjelas dengar hadîts ’Âisyah Radhiyallâhu ’Anhâ ketika beliau menjelaskan tata cara shalat lail Nabî Shallallâhu ’Alaihi wa Sallam:

وَيُصَلِّى تِسْعَ رَكَعَاتٍ لاَ يَجْلِسُ فِيهَا إِلاَّ فِى الثَّامِنَةِ، فَيَذْكُرُ اللَّهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوهُ، ثُمَّ يَنْهَضُ وَلاَ يُسَلِّمُ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّ التَّاسِعَةَ، ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَذْكُرُ اللَّهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوهُ، ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيمًا يُسْمِعُنَ ، ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ مَا يُسَلِّمُ وَهُوَ قَاعِدٌ

 “Dan beliau shalat 9 raka’at, tidaklah beliau duduk (tahiyât awal) kecuali pada raka’at yang ke delapan, beliau berdzikir kepada Allâh, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya kemudian berdiri dan beliau tidak salam, kemudian beliau berdiri lalu menyambung shalat ke raka’at yang kesembilan, kemudian beliau duduk (tahiyât akhir) lalu berdzikir kepada Allâh, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya, kemudian beliau salam dengan sekali salam, beliau memperdengarkannya kepada kami, kemudian beliau shalat dua raka’at dalam keadaan duduk”.

Jadi perkara menggumpulkan banyak raka’at dengan sekali salam ini sangatlah jelas menunjukan tentang disunnahkannya, ini bagaikan matahari di siang hari, yang tidak mudah bagi seseorang untuk mengingkarinya:

قَدْ تُنْكِرُ الْعَيْنُ ضَوْءَ الشَّمْسِ مِنْ رَمَدٍ *****  وَيُنْكِرُ الْفَمُ طَعْمَ الْمَاءِ مِنْ سَقَمِ

“Terkadang mata mengingkari terangnya matahari karena (mata tersebut) sakit 

*****

Dan terkadang mulut mengingkari rasa enaknya air karena (mulut tersebut) sakit”.

Dari apa yang kami jelaskan dapat kita simpulkan bahwa jumlah raka’at shalat tarâwîh pada 2 hadîts ‘Âisyah tersebut ada 11 raka’at, dan perincian pelaksanaannya sebagai berikut:

¨ Melakukan 8 raka’at dengan sekali salam pada setiap 4 raka’at, kemudian shalat witir 3 raka’at dengan sekali salam.

¨ Melakukan 9 raka’at dengan gambaran tidak duduk tahiyât kecuali pada raka’at yang kedelapan dengan tanpa salam, kemudian berdiri 1 raka’at kemudian duduk tahiyât akhir lalu salam, kemudian shalat 2 raka’at dalam keadaan duduk.

¨ Melakukan shalat tarâwîh 10 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian melakukan shalat witir 1 raka’at.

‘Âisyah Radhiyallâhu ‘Anha berkata:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلاَةِ الْعِشَاءِ ، وَهِيَ الَّتِي يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ ، إِلَى الْفَجْرِ ، إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً ، يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ ، وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ

“Rasûlullâh Shallallâhu ‘Alaihi wa Sallam ketika selesai dari shalat ‘isyâ’ beliau melakukan shalat tarâwîh hingga dengan subuh 11 raka’at, dan manusia menyebutnya shalat ‘atamah, beliau salam di antara setiap 2 raka’at, dan beliau witir dengan 1 raka’at”.

Pada kejelasan hadîts ini menunjukkan tentang keutamaan shalat tarâwîh dengan sekali salam pada setiap 2 raka’at. Orang yang melakukan shalat tarâwîh seperti ini terasa lebih ringan dan mudah daripada melaksanakan 4 raka’at dengan sekali salam atau 8 raka’at dengan sekali salam, dengan demikian shalat tarâwîh dengan sekali salam pada setiap 2 raka’at lebih banyak dilakukan. Wallâhu A’lam.

[Abû Ahmad Muhammad Al-Khidhir Hafizhahullâh

Di Bekasi pada 22 Sya’bân 1438].

***

PERMATA SALAF

Berkata Abud Dardâ’ Radhiyallâhu ‘Anhu:

يَا حَبَّذَا نَوْمُ الأَكْيَاسِ وَإِفْطَارُهُمْ، كَيْفَ يَغْبِنُونَ سَهَرَ الْحَمْقَى وَصِيَامَهُمْ، وَلَمِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ صَاحِبِ تَقْوًى وَيَقِينٍ أَعْظَمُ وَأَفْضَلُ وَأَرْجَحُ مِنْ أَمْثَالِ الْجِبَالِ عِبَادَةً مِنَ الْمُغْتَرِّينَ.

“Duhai betapa baik tidurnya orang-orang yang berilmu (dari melaksanakan shalat lail) dan tidak berpuasa (sunnahnya mereka), mereka bisa mengalahkan shalat lail dan puasanya orang-orang bodoh, dan seberat partikel dari amalan orang bertakwa dan orang yang yakin adalah lebih agung, lebih utama dan lebih berat (timbangannya) daripada semisal gunung-gunung ibadahnya orang-orang tertipu.”

 

Iklan

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: