“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Hak Allah Yang Tertinggi

Dan hak Alloh ta’ala yang tertinggi adalah : mentauhidkan Alloh dalam peribadatan. Sungguh kebanyakan orang telah menyombongkan diri terhadaap tauhid dan mereka menyia-nyiakan hak-hak Alloh. Manakala mereka menyia-nyiakannya; hak merekapun disia-siakan. 

           Dari Mu’adz bin Jabal رضي الله عنه yang berkata :

كنت ردف النبي صلى الله عليه و سلم على حمار يقال له عفير ، فقال : (( يا معاذ هل تدري حق الله على عباده و ما حق العباد على الله ؟ )) قلت : الله و رسوله أعلم . قال : (( فإن حق الله على العباد أن يعبدوه ولا يسركوا بهرشيئا و حق العباد على الله أن لا يعذب من لا يشرك به شيئا )). فقلت : يا رسول الله أفلا أبشر به الناس ؟ قال : (( لا تبشرهم فيتكلوا )).

“Dulu saya pernah diboncengkan oleh Nabi صلى الله عليه و سلم di atas seekor keledai yang dipanggil dengan : ’Ufair, lalu beliau bersabda : “Wahai Mu’adz, tahukah engkau apa hak Alloh terhadap para hamba-Nya, dan apa hak para hamba terhadap Alloh ?”  Saya menjawab:  “Alloh dan Rosul-Nya lebih tahu “ Beliau bersabda : “Maka sesungguhnya hak Alloh terhadap para hamba adalah : mereka menyembah-Nya dan tidak menyekutukan sesuatu  apapun dengan-Nya. Dan hak para hamba  terhadap Alloh adalah Dia tidak menyiksa orang yang tidak menyekutukan sesuatu apapun dengan-Nya.” Maka saya bertanya : “Wahai Rosululloh, apakah boleh saya memberitakan kabar gembira ini kepada orang-orang ?  Beliau bersabda :  “ Jangan engkau sampaikan berita gembira ini pada mereka karena mereka  nanti akan bergantung  padanya.”  ( HR. AL Bukhori (2856) dan Muslim (30)).

            Maka hadits ini menunjukkan bahwasanya tauhidulloh itu sebab keselamatan, dan bahwasanya kesyirikan kepada Alloh adalah sebab dari siksaan, dan hal itu umum mencakup siksaan di dunia dan siksaan di akhirat.

             Ingatlah apa yang terjadi pada kaum Nuh, ‘Ad, Tsamud, dan umat-umat musyrikin yang lain, manakala mereka menentang dakwah tauhid yang disampaikan oleh para Rosul mereka.

  كل كذب الرسول فحق و عيد  –  ق  : 14

“ Mereka semua mendustakan para Rosul, sehingga mereka berhak dengan ancaman-Ku.”

             Dan Alloh Yang Maha Suci berfirman :

 و لقد أخذناهم با لعذاب فما استكانوا لربهم و ما يتضرعون   –   المؤمنون :76

“Dan sungguh Kami telah menyiksa mereka dengan siksaan, tapi mereka tidak menyerah pada Robb mereka, dan mereka juga tidak mau merunduk.”

            Dan umat ini mengeluh tentang banyaknya kecurangan dan penghinaan, tapi banyak dari mereka yang tidak tahu  bahwasanya sebabnya adalah jauhnya mereka dari penunaian hak-hak Alloh, terutama adalah hak yang terbesar, yaitu : tauhid. Manakala mereka menyia-nyiakan hak Alloh ta’ala terhadap mereka, maka hak merekapun tersia-sia.

            Alloh Yang Maha Suci berfirman:

 ظهر الفساد في البر و البحربماركسبت أيدي الناس ليذيقهم بعض الذي عملو لعلهم يرجعون  الروم : 41 

“Telah nampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan oleh perbuatan tangan manusia sendiri; agar Alloh menjadikan mereka merasakan  sebagian apa yang mereka amalkan agar mereka kembali (pada syariat Alloh).”

________________________

Dinukil pada catatan kaki dari buku “Fatwa Para Ulama Tentang Fitnah ISIS Yang Tengah Membara” karya Abu Fairuz Abdurrohman bin soekojo Al Indonesiy Al Jawiy. (Hal : 31-33 cetakan maktabah “ Fairuz Ad Dailami Publishing).

 

Iklan

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: