“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

photo_2016-09-06_23-15-56

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Alhamdulillah…
Semoga kita semuanya selalu mendapat rohmat Allaah swt…

🎯 *Pahala dan Keutamaan 10 hari Pertama Bulan Dzulhijjah.*
*Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda :*

📝 *Hari 1 bulan Dzulhijah*
Adalah hari di mana Allah swt mengampuni dosanya Nabi Adam AS. Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allaah swt akan mengampuni segala dosanya.

📝 *Hari 2 bulan Dzulhijah*
Adalah hari di mana Allaah swt mengabulkan doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari perut ikan. Barang siapa berpuasa pada hari itu seolah olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sekejap pun.

📝 *Hari 3 bulan Dzulhijah*
Adalah hari di mana Allah swt mengabulkan doa Nabi Zakaria. Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allaah swt akan mengabulkan segala do’anya.

📝 *Hari 4 bulan Dzulhijah*
Adalah hari di mana Nabi Isa AS dilahirkan. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

📝 *Hari 5 bulan Dzulhijah*
Adalah hari di mana Nabi Musa AS dilahirkan, barang siapa berpuasa pada hari itu akan bebas dari kemunafikan dan adzab kubur.

📝 *Hari 6 bulan Dzulhijah*
Adalah hari dimana Alloh swt membuka pintu kebajikan untuk Nabi-Nya, barang siapa berpuasa pada hari itu akan dipandang oleh Allaah swt dengan penuh Rahmat dan tidak akan diadzab.

📝 *Hari 7 bulan Dzulhijjah*
Adalah hari ditutupnya pintu jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat. Barang siapa berpuasa pada hari itu Allah swt akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

📝 *Hari 8 adalah hari Tarwiyah.*
Barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah swt.

📝 *Hari 9 adalah hari Arafah.*
Barang siapa berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

📝 *Hari 10 adalah hari Raya Iedul Qurban.* Barang siapa menyembelih Qurban, maka pada tetesan pertama darah Qurban diampunkan dosa dosanya dan dosa anak-anak dan istrinya.

_*Mohon maaf lahir batin…*_
_*Semoga bermanfaat selalu…*_

*امين… امين… امين…*
*يا رب العالمين…*

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pertanyaan saya: Apakah benar demikian?

Jawab: Apa yang disebarkan itu tidaklah benar, walaupun yang menyebarkan berdalil dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata demikian, dan dikhawatirkan pendalilan tersebut adalah penipuan dan kedustaan atas nama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam padahal beliau telah berkata:

من كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار

“Barangsiapa berdusta atas namaku dalam keadaan dia bersengaja maka hendaknya dia mempersiapkan tempat duduknya di dalam neraka.” Diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim di dalam “Muqaddimah Shahih”nya dari hadits Anas bin Malik, Abu Hurairah dan Al-Mughirah. Dalam lafazh lain dari hadits Ali bin Abi Thalib bahwasanya beliau mendengar Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

لا تكذبوا علي فإنه من يكذب علي يلج النار

“Janganlah kalian berdusta atas namaku karena sesungguhnya barangsiapa berdusta atas namaku maka dia akan masuk neraka.”

Adapun pendalilan orang yang menyebarkan itu bahwasanya dia adalah hadits dari Ibnu Abbas maka sungguh lafazhnya tidak demikian, namun lafazhnya adalah:

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر

“Tidak ada dari hari-hari yang amalan shalih (sesuai dengan syari’at) lebih dicintai oleh Allah yakni hari-hari pada sepuluh (awal di bulan Dzulhijjah).” Diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dan Ashhabussunan kecuali An-Nasai’y.

Adapun perincian puasa pada setiap harinya yang dimulai dari tanggal 1 sampai sepuluh hari maka tidak ada dalil yang shahih yang menetapkan hal itu, yang ada adalah pendapat dari sebagian ulama yang menganjurkan puasa padanya, dengan alasan karena puasa termasuk dari amalan shalih, dan permasalahan ini pernah kami jelaskan pada salah satu jawaban kami yang berkaitan dengan puasa 10 hari di awal-awal Dzulhijjah.
Dan di sana ada dalil khusus yang menyebutkan tentang keutamaan berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, Al-Imam Muslim meriwayatkan di dalam “Shahih”nya dari hadits Abi Qatadah Al-Anshariy ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ditanya tentang puasa ‘Arafah (9 Dzulhijjah) maka beliau menjawab:

يكفر السنة الماضية والباقية

“Dia menghapus (dosa-dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.”

Semoga Allah Ta’ala memberikan taufiq kepada kita untuk beramal sesuai dengan syari’at-Nya.

photo_2016-09-06_23-16-17

Dijawab oleh : (Abu Ahmad Muhammad Al-Khidhir bin Salim Al-Limboriy di Limboro pada 4 Dzulhijjah 1437)

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: