“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Bersumpah dengan selain Allah

بسم اللَّه الرحمن الرحيم

المقدمة : الحمد لله القائل: ﴿وَالضُّحَى * وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى﴾[الضحى: 1، 2]. والقائل: ﴿وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا * وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا * وَالنَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا * وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا * وَالسَّمَاءِ وَمَا بَنَاهَا * وَالْأَرْضِ وَمَا طَحَاهَا * وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا * فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا * قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا﴾ [الشمس: 1-9].

Muqaddimah Segala puji bagi Allah yang mengatakan :”Demi waktu Dhuha.” “Dan demi malam apabila telah sunyi.” QS : Ad-Duha 1-2

Dan berfirman : “Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya, dan siang apabila menampakkannya, dan malam apabila menutupinya, dan langit serta pembinaannya, dan bumi serta penghamparannya, dan jiwa serta penyempurnaannya, maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu”. QS: Asy-Syams 1-9

Dan shalawat serta salam atas Rasul dan Nabinya yang terpilih. Yang Allah azzawajalla berfirman kepadanya :

الذي قال اللَّه عزوجل له: ﴿وَيَسْتَنْبِئُونَكَ أَحَقٌّ هُوَ قُلْ إِي وَرَبِّي إِنَّهُ لَحَقٌّ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ﴾  [يونس: 53]

Dan mereka menanyakan kepadamu: “Benarkah itu, Katakanlah: “Ya, demi Rabbku, sesungguhnya azab itu benar dan kalian tidak bisa luput dari-Nya.”QS: Yunus 53

وقال تعالى آمرًا له بالرد على من كذب بقيام الساعة:

﴿وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَأْتِينَا السَّاعَةُ قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَالِمِ الْغَيْبِ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَلَا أَصْغَرُ مِنْ ذَلِكَ وَلَا أَكْبَرُ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ﴾[سبأ:٣].

Dan AllahTa’ala berfirman memerintahkan Rasul untuk membantah atas orang-orang yang mendustakan hari kiamat :

Dan orang-orang kafir berkata: “Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami. Katakanlah: tentu (akan datang), dan demi Rabb-ku Yang Mengetahui yang ghaib, pasti akan mendatangi kalian, Tidak ada tersembunyi darinya sebiji dzarrah, baik yang di langit dan tidak pula yang di bumi, dan tidak yang lebih kecil dari itu dan tidak pula yang lebih besar, melainkan ada dalam Kitab yang nyata.” QS: Saba 3

وأشهد أن لا إله إلا اللَّه وحده لا شريك له, وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله ص تسليمًا كثيرًا أما بعد: فلما كان شأن الحلف عظيم لتأكيد الأمر الذي يخبر به أو نفي ما استهم المرء به إلى غير ذلك, جعل اللَّه عزوجل له أحكامًا مهمات وضوابط شرعيات,

Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang benar selain Allah, satu-satunya, tiada sekutu baginya.  Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya, senantiasa shalawat dan salam yang melimpah tercurahkan kepada-Nya. Amma ba’du :

Dan tatkala sumpah merupakan perkara yang agung, sebagai penguat dalam suatu perkara yang di beritakan, atau menafikan sesuatu yang di inginkan oleh seseorang, dan yang lainnya, maka Allah membuat beberapa hukum yang penting dan ketentuan syar’i untuk sumpah ini.

Sumpah adalah salah satu dari ibadah yang mulia, dan memalingkannya kepada selain Allah azzawajalla merupakan salah satu dari dosa dosa besar, dan pelakunya diancam dengan tempat yang paling bawah (di neraka). Jika seseorang bersumpah dengan selain Allah azzawajalla dengan mengagungkannya dan menganggapnya sama, dan dia mati tanpa bertaubat dari dosa yang besar ini, maka dia layak mendapatkan neraka yang panas.

Dan jika dia bersumpah tanpa mengagungkannya, maka seorang musyrik sungguh terancam dengan neraka jahannam. Allah azzawajalla berfirman :

قال اللَّه عزوجل: ﴿إِنَّ اللَّه لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ﴾ [النساء: ٤٨].

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain itu, bagi siapa yang dia kehendaki. “ QS: Annisa 48

Dan termasuk dalam ayat ini syirik dengan dua macamnya, kecil dan besar, sebagaimana yang benar dari pendapat Ahlil Ilmi.

قال ابن عثيمين   :: والحلف بغير اللَّه شرك أكبر؛ إن اعتقد أن المحلوف به مساوٍ لله تعالى في التعظيم والعظمة، وإلا فهو شرك أصغر؟

Berkata Ibnu Utsaimin : “.. dan sumpah dengan selain Allah adalah syirik besar, dan jika ia meyakini bahwa yang di jadikan sebagai sumpah adalah sama dengan Allah ta’ala, dalam Pengagungan dan Keagungan-Nya”.

Dan jika tidak (meyakini seperti itu) maka termasuk syirik kecil.

ثم قال: مسألة: هل يغفر اللَّه الشرك الأصغر؟

الجواب: قال بعض العلماء: إن قوله تعالى: ﴿إِنَّ اللَّه لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ﴾ [النّساء من الآية: 48]; أي: الشرك الأكبر، ﴿وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ﴾ [النساء من الآية: 48] يعني: الشرك الأصغر والكبائر. اﻫ

Kemudian beliau mengatakan :

Masalah : Apakah Allah mengampuni syirik kecil?  

Berkata sebagian ulama : Sesungguhnya Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni  orang yang menyekutukanNya”QS: An-Nisa’ 48. Maksudnya adalah syirik besar. Dan Dia mengampuni selain itu kepada siapa yang Dia kehendaki”.  QS: An-Nisa 48 . Maksudnya syirik kecil dan syirik besar.

وقال شيخ الإسلام ابن تيمية    :: إن الشرك لا يغفره اللَّه, ولو كان أصغر, لأن قوله تعالى: ﴿ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ﴾ مصدر مؤول, فهو نكرة في سياق النفي, فيعم الأصغر والأكبر, والتقدير: لا يغفر شركًا به ولا إشراكًا به. اﻫ

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah : “Sesungguhnya syirik tidak akan di ampuni Allah, walaupun yang kecil, karena dalam firman Allah Ta’ala : (disekutukan dengan-Nya) adalah mashdar muawwal, yang dimana ini adalah nakirah fi siyaq nafi/keumuman dalam konteks peniadaan, maka mencakup kecil dan besar. Dan taqdir/maksudnya adalah : tidak akan mengampuni syirik itu (sendiri) dan tidak pula perbuatan menyekutukan dengannya.

والشرك باللَّه عزوجل أعظم الذنوب, وأشد الآثام.

“Dan syirik kepada Allah azzawajalla adalah dosa yang paling besar dan yang paling dahsyat.”

Allah azzawajalla berfirman :

قال اللَّه عزوجل: ﴿إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ﴾[لقمان: ١٣].

Sesungguhnya syirik adalah kezhaliman yang besar.” QS: Lukman 13

وقال تعالى: ﴿إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّه فَقَدْ حَرَّمَ اللَّه عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ﴾[المائدة: ٧٢].

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah, maka pasti Allah haramkan baginya surga, dan tempatnya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.” QS: Al-Maidah 72

وفي حديث ابن مسعود في”الصحيحين“ قال: سئل رسول اللَّه ص أي الذنب أعظم؟ قال: «أن تجعل لله ندًا وهو خلقك».

Dan dalam hadits Ibnu Mas’ud riwayat Shahihain, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ditanya : “Dosa apakah yang paling besar?

Beliau menjawab : “Engkau menjadikan bagi Allah sekutu, padahal dia yang  telah menciptakanmu.”

والند هو المساوي والمماثل, سواء كانت هذه المساواة في التعظيم أو صرف العبادات, إلى غير ذلك, على ما هو مبين في موطنه.

Dan _niddan_ adalah : yang setara dan sepadan, baik dari sisi pengagungan atau memalingkan ibadah dan yang lainnya, yang di jelaskan pada tempatnya.

Dan masalah lainnya, bahwa siapa yang bersumpah dengan Allah azza wajalla akan terkait dengan hukum hukum, yang banyak orang yang tidak mengetahuinya, yang saya inginkan untuk memberikan pendekatan kepada mereka, untuk turut andil dalam menjaga agama dan mendekatkannya kepada umat, untuk menyebarkan ilmu. Aku memohon kepada Allah azza wajalla untuk ke ikhlasan dan selalu menerima.

Dan sumpah itu, diantaranya ada yang mengharuskan kaffarah (tebusan), dan ada yang selain dari itu. Dan terkadang dengan sumpah bisa mewujudkan hak hak dalam dakwaan.  Dan masalah ini termasuk perkara yang penting.

Dan kemudian terjadi pada sebagian keadaan, yang bukan tempatnya, InsyaAllah akan datang nanti penjelasannya.

Dan segala puji bagi Allah Rabb Alam semesta, yang awal, yang akhir, yang zhahir dan yang bathin. Dan semoga shalawat serta salam yang melimpah tercurah kan kepada Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Faedah ditulis dan dikirimn oleh  :  As-Syaikh Abu  Muhammad Abdul hamid bin Yahya Az-Za’kariy Al-Hajuriy,  8 Syawal 1437

Alih bahasa dan editor : Team Ashhabulhadits

buku png

NASKAH ASLI :

بسم اللَّه الرحمن الرحيم

المقدمة

الحمد لله القائل: ﴿وَالضُّحَى * وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى﴾ [الضحى: 1، 2].

والقائل: ﴿وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا * وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا * وَالنَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا * وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا * وَالسَّمَاءِ وَمَا بَنَاهَا * وَالْأَرْضِ وَمَا طَحَاهَا * وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا * فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا * قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا﴾ [الشمس: 1-9].

والصلاة والسلام على رسوله المجتبى, ونبيه المصطفى, الذي قال اللَّه عزوجل له: ﴿وَيَسْتَنْبِئُونَكَ أَحَقٌّ هُوَ قُلْ إِي وَرَبِّي إِنَّهُ لَحَقٌّ وَمَا أَنْتُمْ بِمُعْجِزِينَ﴾ [يونس: 53].

وقال تعالى آمرًا له بالرد على من كذب بقيام الساعة: ﴿وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَأْتِينَا السَّاعَةُ قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَالِمِ الْغَيْبِ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَلَا أَصْغَرُ مِنْ ذَلِكَ وَلَا أَكْبَرُ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ﴾ [سبأ: 3].

وأشهد أن لا إله إلا اللَّه وحده لا شريك له, وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله ص تسليمًا كثيرًا.

أما بعد:

فلما كان شأن الحلف عظيم لتأكيد الأمر الذي يخبر به أو نفي ما استهم المرء به إلى غير ذلك, جعل اللَّه عزوجل له أحكامًا مهمات وضوابط شرعيات, فالحلف عبادة من العبادات الجليلات, وصرفها إلى غير اللَّه عزوجل كبيرة من الكبيرات, توقع صاحبها في أسفل الدركات, إن حلف بغير اللَّه عزوجل معظمًا مساويًا, ومات على غير توبة من هذا الذنب العظيم, وتوجب له النار الحاميات, إن حلف من غير تعظيم, فإن المشرك متوعد بنار جهنم, قال اللَّه عزوجل: ﴿إِنَّ اللَّه لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ﴾ [النساء: 48].

ويدخل في ذلك الشرك بقسميه الأصغر و الأكبر على الصحيح من أقوال أهل العلم.

قال ابن عثيمين   :: والحلف بغير اللَّه شرك أكبر؛ إن اعتقد أن المحلوف به مساوٍ لله تعالى في التعظيم والعظمة، وإلا فهو شرك أصغر؟

ثم قال: مسألة: هل يغفر اللَّه الشرك الأصغر؟

الجواب: قال بعض العلماء: إن قوله تعالى: ﴿إِنَّ اللَّه لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ﴾ [النّساء من الآية: 48]; أي: الشرك الأكبر، ﴿وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ﴾ [النساء من الآية: 48] يعني: الشرك الأصغر والكبائر. اﻫ

وقال شيخ الإسلام ابن تيمية    :: إن الشرك لا يغفره اللَّه, ولو كان أصغر, لأن قوله تعالى: ﴿ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ﴾ مصدر مؤول, فهو نكرة في سياق النفي, فيعم الأصغر والأكبر, والتقدير: لا يغفر شركًا به ولا إشراكًا به. اﻫ

والشرك باللَّه عزوجل أعظم الذنوب, وأشد الآثام.

قال اللَّه عزوجل: ﴿إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ﴾ [لقمان: 13].

وقال تعالى: ﴿إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّه فَقَدْ حَرَّمَ اللَّه عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ﴾ [المائدة: 72].

وفي حديث ابن مسعود في”الصحيحين“ قال: سئل رسول اللَّه ص أي الذنب أعظم؟ قال: «أن تجعل لله ندًا وهو خلقك».

والند هو المساوي والمماثل, سواء كانت هذه المساواة في التعظيم أو صرف العبادات, إلى غير ذلك, على ما هو مبين في موطنه.

والمسألة الأخرى: أن من حلف باللَّه عزوجل يلحقه أحكام يجهلها كثيرٌ من الأنام, أحب تقريبها لهم مشاركة في حفظ الدين وتقريبه, ونشر العلم, أسأل اللَّه عزوجل القبول والإخلاص, والأيمان منها ما يوجب الكفارة, ومنها غير ذلك, وربما أثبتت به الحقوق في الدعوات, فالمسألة من المهمات, ثم تطرقت لبعض ما هو من هذا الباب, على ما يأتي بيانه, والحمد لله رب العالمين أولاً وآخرًا وظاهرًا وباطنًا, وصلى اللَّه على محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليمًا كثيرًا.

كتبه:

أبو محمد عبدالحميد بن يحيى بن زيد الحجوري الزعكري

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: