“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya jawab 10 syaikh muhammad bin hizam.

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

TANYA : Penanya berkata : Seseorang bernadzar untuk menyembelih seekor kambing, kemudian ia ingin menggantinya dengan pakaian pakaian yang ia akan bagikan kepada yang berhak, apakah boleh?

JAWAB : Dia telah bernadzar untuk menyembelih seekor kambing, maka dia tunaikan nadzarnya. Dari Aisyah radhiyallahu anha, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang bernadzar menaati Allah, maka lakukanlah ketaatan tersebut, dan siapa saja yang bernadzar untuk mendurhakai-nya maka jangan lah ia lakukan”. Riwayat Bukhari.
Adapun jika di ganti dengan perkara lain, maka jangan. 
Dan bernadzar untuk menyembelih telah mengumpulkan dua ibadah : ibadah penyembelihan, yang merupakan diantara ibadah yang paling utama kepada Allah azza wajalla, dan kedua adalah ibadah pembagian daging, yang ini merupakan kebaikan, dan perkara tadi juga ada kebaikannya, tapi ia sudah bernadzar menyembelih, maka hendaknya di tunaikan nadzarnya.

الســـــــــؤال :- يقول السائل: رجل نذر أن يذبح شاةً، ثم أراد أن يبدل تلك الشاة إلى ملابس ويوزعها إلى المستحقين، فهل يجوز ذلك ؟

الإجــــــــــــــــابة :- قد نذر بذبح شاة فيوفي بنذره، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيعَ اللَّهَ فَلْيُطِعْهُ، وَمَنْ نَذَرَ أَنْ يَعْصِيَهُ فَلاَ يَعْصِهِ» أخرجه البخاري،  وأما استبداله بأمر آخر فلا، فالنذر بالذبح اجتمعت فيه عبادتان عبادة الذبح وهي من أفضل القربات إلى الله عز وجل وعبادة توزيع اللحم وهذا فيه خير، وذلك فيه خير ولكن قد نذر أن يذبح فيوفي بنذره .

TANYA : Penanya berkata : Apakah diharuskan berbuat adil kepada anak-anak, walaupun yang lain dari sepersusuan?

JAWAB :Kewajiban berbuat adil diantara anak-anak apabila dari segi nasab, adapun anak dari susuan, maka sepatutnya kita berbuat baik padanya, walaupun tidak harus sama seperti anak-anak dari nasab, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi :

“Bertakwa lah kalian kepada Allah dan berbuat adillah diantara anak anak kalian”
Dan hukum asal dari mujmal tadi adalah anak anak dari keturunan. 

الســـــــــؤال :- يقول السائل: هل يجب العدل بين الأولاد، حتى لو كان الآخر من الرضاعة ؟

الإجــــــــــــــــابة :- يجب العدل بين الأولاد من النسب، والولد من الرضاعة ينبغي أن يحسن إليه ولكن لا يجب أن يعطى كما يعطى أولئك، لقوله صلى الله عليه وسلم: اتقوا الله واعدلوا بين أولادكم. والأصل في إطلاق ذلك أن المراد الأولاد من الصلب 

TANYA :Penanya berkata : Jika seseorang melaknat selainnya dalam keadaan dia telah berwudhu, apakah laknat tersebut bisa membatalkan wudhu ?

JAWAB : Laknat tidaklah termasuk pembatal wudhu.  Celaan, laknat dan cercaan tidak termasuk pembatal wudhu, akan tetapi dia berdosa atas hal tersebut. 

الســـــــــؤال :- يقول السائل: إذا لعن الرجل آخر وقد توضأ، فهل اللعن ينقض الوضوء ؟
الإجــــــــــــــــابة :- اللعن ليس من نواقض الوضوء، السباب واللعان والشتام ليست من نواقض الوضوء، ولكن يأثم على ذلك .

TANYA : Penanya berkata : Apakah dibolehkan memberikan wewangian pada mushaf, lalu dikatakan bahwa itu termasuk syi’ar-syi’ar Allah?

JAWAB : Tidak mengapa hal tersebut, yang bisa menghilangkan sebagian aroma yang tidak sedap, jika itu muncul dikarenakan terkena air, sehingga menimbulkan bau yang tidak enak, jika mushaf tersebut ada aroma yang tidak enak, maka di beri wewangian. Dan nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pernah memberi wewangian di tembok masjid ketika melihat ada ludah dan beliau kerik, lalu beliau meminta minyak wangi dan di berikan di tembok tersebut. Riwayat Muslim dari Jabir radhiyallahu anhu. 

Adapun jika tanpa adanya sebab, maka ditinggalkan saja, karena tidak ada landasan nya.

الســـــــــؤال :- يقول السائل: هل يجوز تعطير المصحف ويقال إنه من شعائر الله ؟

الإجــــــــــــــــابة :- لا بأس بذلك بما يزيل بعض الروائح الكريهة إذا حصلت بسبب دخول الماء الى المصاحف فيصاب بريح كريه، فإذا أصيبت المصاحف ببعض الروائح الكريهة فلا بأس بأن تعطر، 
 وقد عطر النبي صلى الله عليه وسلم جدار المسجد لما رأى فيه نخامة فحكها، ثم دعا بخلوق فطيبه، أخرجه مسلم عن جابر رضي الله عنه. وأما بدون سبب فيترك، لأن هذا العمل ليس عليه دليل .

TANYA : Penanya berkata : Hadits Sa’d bin Abu Waqqhâs radhiyallahu anhu berkata, saya mendengar rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Siapa saja yang memakan tujuh kurma AJWAH dipagi hari, tidak akan ada racun atau sihir membahayakannya pada hari itu. Dalam riwayat Muslim, apa yang maksud oleh hadits tersebut?

JAWAB : Maksudnya adalah : “Barang siapa yang sarapan tujuh buah kurma ajwah setiap hari, niscaya akan melindungi dia dari racun dan sihir pada hari hari yang iya sarapan kurma ajwah padanya. Dan maksudnya bukanlah yang telah terkena sihir, tapi melindungi dari sihir. Adapun jika terkena sihir, bisa jadi kurma itu meringankannya. Dan hanya kepada Allahlah memohon pertolongan. 

الســـــــــؤال :– يقول السائل حديث  سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رضي الله عنه َقال: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ، وَلَا سِحْرٌ» في مسلم، ما المقصود بالحديث ؟

الإجــــــــــــــــابة :- المقصود أنه من تصبح بسبع تمرات كل يوم تكون له وقاية من السم والسحر في أيامه التي أكل فيها التمر، وليس المقصود من قد صار مسحورًا، إنما المقصود أنه يقيه من السحر، فإذا وقع في السحر قد يفيده التمر في التخفيف عنه والله المستعان .

TANYA : Penanya berkata : Setelah saya menunaikan hajat, dan sayapun berwudhu, tiba tiba saya merasakan keluarnya air, dan saya mengiranya kencing, dan bisa saja bukan, maka bagaimana hukumnya?

JAWAB : Jika itu semacam anyan (atau apalah itu) yang terjadi berulang kali, maka kewajibanmu untuk memercikkan air pada daerah yang terkena tetesan air kencing, dan insyaAllah bisa menghilangkan najis, dan engkau berwudhu untuk setiap shalat, walaupun berulang ulang, dan kesulitan itu mendatangkan kemudahan (qaidah ushul fiqh) dan tidak ada keharusan untuk mengulangi wudhu, namun kalau jarang-jarang, maka saran kami, agar engkau memperbarui wudhu. Adapun jika bukan penyakit, seperti madzi, wadhi , maka hukumnya adalah hukum kencing. Adapun mani  maka jelas bagi orang-orang, yang keluarnya dengan menyembur dan disertai syahwat , ini bisa dibedakan. Wallahul Musta’aan.

الســـــــــؤال :– يقول السائل: بعد أن أقضي حاجتي أتوضأ للصلاة فأشعر بخروج بماءٍ وأظن أنه بول، وقد يكون غير ذلك فما الحكم ؟

الإجــــــــــــــــابة :- إن كان سلسل بول يحصل لك بتكرر، فعليك أن تنضح بشيء من ماء على المكان الذي تخرج إليه القطرات من البول، وذلك إن شاء الله يقوم بإزالة النجاسة، وتتوضأ لكل صلاة، وإن تكرر عليك، فالمشقة تجلب التيسير، وليس عليك إعادة الوضوء، وإن كان يحصل نادرًا فننصحك بإعادة الوضوء، وأما إذا كان غير ذلك كأن يكون مذيًا، أو وديًا، فحكمه حكم البول، وأما المني فهو معروف عند الناس، يكون خروجه بتدفق وشهوة، فهو مميز، والله المستعان .
وأما إذا كان غير ذلك كأن يكون مذيًا، أو وديًا، فحكمه حكم البول، وأما المني فهو معروف عند الناس، يكون خروجه بتدفق وشهوة، فهو مميز، والله المستعان .

TANYA : Penanya berkata : Bagaimana mandinya seorang muslim yang sesuai syar’i dari mulai sampai selesai?

JAWAB : Mandi yang Syar’i dan yang sesuai tuntunan sunnah yaitu dia memulai sebagai mana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam :

🔹Membasuh dua telapak tangannya 3x.

🔹Membasuh bagian yang terkena kotoran (atau semacamnya) pada kemaluan nya atau kedua pahanya dan yang semisalnya.

🔹Berwudhu seperti ketika akan shalat.

🔹Memasukkan jari jemarinya di pangkal rambut, sampai basah kulitnya.

🔹 Jika telah selesai dan meratakan kulitnya.

🔹 Dan menuangkan air ke atas kepalanya 3x.

🔹Kemudian mengusap seluruh badannya.

🔹Memulai dari kanan kemudian yang kiri.

*Inilah cara mandi yang paling utama.*

Dan wajib dalam mandi untuk meratakan badannya dengan air ketika dia dalam keadaan Junub. Dan tidak perlu wudhu jika dia mandi untuk menyegarkan badan atau membersihkan. Untuk jum’at, maka wajib atasnya berwudhu, dan juga meniatkan wudhu nya, dan ini harus, tidak bisa menggantikan wudhu, kecuali ia (ketika mandi) meniatkan wudhu dan membasuh anggota wudhu secara berurutan.

الســـــــــؤال :– يقول السائل: كيف يغتسل المسلم غسلًا شرعيًا من أوله إلى آخره ؟

 الإجــــــــــــــــابة :- الغسل الشرعي المستحب، هو أن يبدأ كما فعل عليه الصلاة والسلام، يبدأ فيغسل كفيه ثلاثًا، ثم يغسل ما أصابه من أذى في فرجه وفخذيه وما أشبه ذلك، ثم يتوضأ وضوئه للصلاة، ثم يغسل شعره ويدخل أصابعه في أصول شعره حتى يبلل بشرته، فإذا استكمل وأروى بشرته يفيض الماء على رأسه ثلاثًا، ثم يغسل سائر جسده يبدأ بالجهة اليمنى ثم بالجهة اليسرى، هذا هو الغسل الأفضل.
والواجب في الغسل تعميم الجسد بالماء، وإذا كان غسل جنابة، أجزأه عن الوضوء، وإذا كان غسلًا للتبرد أو للنظافة، أو للجمعة فيجب عليه أن يتوضأ، وينوي الوضوء فلا بد من ذلك، ولا يجزئه ذلك عن الوضوء، إلا إذا نواه وغسل أعضاء الوضوء كاملة مرتبة.

📜✒️ Soal jawab bersama Syaikh Muhammad bin Ali bin Hizam Al-Ba’daniy Al-Yamaniy Hafidzahullah

📩 Faedah kiriman Al akh Mahir Al Fadhli Al-Yamaniy hafidzahullah disaluran telegram ibnhezam@

📌Alih bahasa dan editor : team Ashhabulhadits

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: