“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya jawab sembilan Syaikh Muh.bin Hizam

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

Penanya berkata : Sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam : “Engkau dan hartamu milik bapakmu, apakah jika seorang anak ingin menjaga dirinya dengan menikah, dan bapaknya meminta sebagian apa yang ia kumpulkan untuk pernikahan tersebut, apakah dia dibolehkan untuk menolak permintaan bapaknya atau bagaimana?

JAWAB  : Jika bapaknya sangat membutuhkan, maka wajib atasnya untuk memberi bapaknya dan Alloh akan memberikan solusi dan jalan keluar, dan jangan sampai ia meninggalkan bapaknya dalam bahaya, seperti : sakit, kelaparan, telanjang, maka tidak boleh meninggalkan bapak dalam keadaan seperti itu.

Dan jika tidak dalam keadaan yang membahayakan dan sekedar ingin menambah, maka ia dibolehkan untuk menolak demi menjaga dirinya, akan tetapi hendaknya dengan cara yang baik dalam meminta udzur dari orang tuanya.

Dan maksud hadits : “Engkau dan harta mu milik bapakmu, apabila orang tua butuh dari harta anaknya dan anak tidak butuh dengan harta tersebut, maka wajib baginya untuk memberi bapak nya dari harta itu dalam keadaan tersebut.

 الســـــــــؤال :– يقول السائل، قول النبي صلى الله عليه وسلم: «أَنْتَ وَمَالُكَ لِأَبِيكَ»، فهل إذا احتاج الولد إلى أن يعف نفسه بزواج، وطلب منه أبوه بعض ما جمع من المال لذلك الغرض، هل له أن يأبى طلب أبيه أم ماذا ؟

الإجــــــــــــــــابة :-إن كان أبوه متضررًا فواجب عليه أن يعطي أباه ويجعل الله له فرجًا ومخرجًا، ولا يترك أباه على الضرر، كالمرض والجوع والعري، فلا يجوز له أن  يترك أباه على تلك الحالة، وأما إن لم يكن عليه ضرر وأراد التوسع والزيادة، فيجوز له أن يمتنع ليعف نفسه، ولكن ليحسن الكلام والاعتذار من والده، والمقصود من الحديث: (أنت ومالك لأبيك)، إذا احتاج الوالد من مال ولده والولد في غنية عن ذلك المال، فيجب عليه أن يعطي أباه من ذلك المال على ذلك الحال .

PrL-SnshnGrdn_divider

Penanya berkata : Bagaimana hukumnya nasyid nasyid Islami dan rekaman suara, yang dimana orang yang melantunkannya mengulang ulang nama nama Alloh dengan suara yang bagus disertai irama?  

JAWAB  :  Mengiringi nasyid nasyid dengan alat musik adalah haram, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : ” Benar-benar akan ada dari ummatku kaum kaum, mereka menghalalkan zina dan sutra, khamar dan alat musik.”Riwayat Bukhari.

Maka seluruh alat musik yang diiringi dengan nasyid, maka haram. Dan jika tidak terdapat alat musik padanya maka termasuk syair. Dan syair ada juga yang membela kebenaran. Apabila dilakukan tanpa mendayu dayu dan tanpa menggunakan suara suara yang menggoda, karena itu merupakan hal yang membangkitkan syahwat, dan termasuk yang diharamkan. Dan jika kosong dari hal-hal tersebut dan merupakan syair murni dari perkara-perkara yang diharamkan maka dibolehkan. Dan ada juga syair yang menyokong kebatilan, dan di gunakan untuk menyindir dan menggambarkan para wanita, maka ini adalah haram dan masuk dalam kategori ucapan dusta dan keji.

 الســـــــــؤال :-يقول السائل: ما حكم الأناشيد الإسلامية، والمسجلات الصوتية، التي يردد المنشد فيها أسماء الله بصوت جميل مع  نغمة ؟

 الإجــــــــــــــــابة :- استصحاب الأناشيد لما فيه معازف محرم، النَّبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ، يَسْتَحِلُّونَ الحِرَ وَالحَرِيرَ، وَالخَمْرَ وَالمَعَازِفَ. أخرجه البخار فجميع المعازف المصحوبة للأناشيد محرمة، وإذا خلت من المعازف تكون شعرًا،  والشعر منه ما يكون دفاعًا عن الحق فإذا حصل بدون تمطيط وبدون استخدام الأصوات الفاتنة، فذلك مما يثير الشهوات ويكون من المحرمات، فأما إن خلا عن ذلك وكان شعرًا خاليًا من الأمور المحرمة فهو جائز. ومن الشعر ما ينصر به الباطل ويستخدم في الهجاء ووصف النساء فهذا محرم من قول الزور والرفث .

PrL-SnshnGrdn_divider

Penanya berkata : Telah aku sampaikan kepada orang tua lebih dari sekali bahwa aku ingin melakukan rihlah untuk menuntut ilmu, tapi setiap kali aku berbicara, mereka selalu mengatakan bahwa keduanya sudah mendidikku dengan sebaik baiknya, dan mereka belum melihat buah hasilnya, dan sekarang aku akan meninggalkan mereka, setelah jerih payah mereka selama ini.  Maka bagaimana aku menjawab mereka, yang mereka memang membutuhkanku, dan aku sangat ingin rihlah untuk belajar?

JAWAB :  Jika Keduanya membutuhkanmu untuk menafkahi keduanya dalam keadaan mereka tidak mampu, atau mereka mempunyai sakit dan butuh pelayanan, maka wajib bagimu untuk tetap bersama mereka, kecuali engkau mampu membawa mereka bersamamu, itulah yang kami nasehatkan. Dan jika kamu tidak mampu maka kami nasehatkan engkau untuk melayani mereka selama kau bisa melaksanakan agamamu, dan jika engkau tidak mampu untuk menegakkan agamamu maka kau bisa pergi dan semoga Alloh memberikanmu solusi dan jalan keluar. Dan adapun jika engkau mampu untuk melaksanakan agamamu di tempat tersebut, maka wajib bagimu untuk sabar terhadap orang tuamu, dan mengkonsumsi kaset kaset dan kitab kitab, dan kami mohon kepada Allah azza wajalla agar memberikanmu jalan keluar.

الســـــــــؤال :- يقول السائل: قد أخبرت والدي أكثر من مرة أني أريد الرحلة إلى طلب العلم، وفي كل مرة أخبرهم بذلك يدور بيننا حوار ويقولان بأنهما ربياني وأحسنا ثم لم يريا ثمار تربيتهما، والآن أريد أن أتركهما بعد أن قد بذلا جهدهما، فكيف أجيبهما علمًا بأنهما يحتاجان إلي، ولكني مشتاق إلى السفر لطلب العلم ؟

الإجــــــــــــــــابة :-  إن كان الوالدان محتاجين إليك للقيام عليهما بالنفقة وهما لا يستطيعان بذلك، أو كان عندهما أمراض ويحتاجان من يخدمهما، فالواجب عليك البقاء على والديك، إلا إذا استطعت أن تأخذهما معك، فنوصيك بذلك، وإذا كنت لا تستطيع فنوصيك بالقيام عليهم ما دمت تستطيع أن تقيم دينك، وإذا كنت لا تستطيع أن تقيم دينك فتسافر ويجعل الله لك فرجًا ومخرجًا، ولست آثمًا على ذلك،  وأما إذا كنت تستطيع أن تقيم دينك في ذلك المكان فيجب الصبر على والديك واقتناء الأشرطة والكتب ونسأل الله عز وجل أن يفرج عنا وعنك .

PrL-SnshnGrdn_divider

Si Penanya berkata : Bagaimana hukumnya menjual kitab kitab yang terdapat gambar gambar bernyawa padanya, tentunya telah di hilangkan darinya kriteria dari gambar tersebut, seperti : engkau hanya melihat wajah saja, tanpa hidung, tanpa kedua mata, dan yang lainnya?

JAWAB  :  Selama gambar itu masih berbentuk, terlihat kepalanya, maka termasuk yang bernyawa dan tidak dibolehkan untuk menyimpannya, dan yang wajib adalah menghapus gambar tersebut, dengan menghilangkan kepalanya. Sebagai mana hadits Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, beliau berkata :

الصُّورَةُ الرَّأْسُ فَإِذَا قُطِعَ الرَّأْسُ فَلَيْسَ بِصُورَةٍ
 “Gambar itu adalah kepala, dan apabila kepala telah dipotong maka tidaklah disebut gambar.” Riwayat At Tirmidzi.

Adapun jika di bentuk wajah tanpa dua mata, dan sebatas wajah, maka gambarnya masih ada, sebagaimana kalau seseorang di gambar dari belakang, hanya kepalanya yang terlihat, tanpa ada dua mata dan hidungnya, walaupun begitu masih termasuk gambar yang haram.

 الســـــــــؤال :-  يقول السائل: ما حكم بيع الكتب التي فيها تصوير ذوات الأرواح، علمًا أن صفات تلك الصور قد طمست، يعني أنك ترى الوجه دون الأنف والعينين وغير ذلك ؟

 الإجــــــــــــــــابة :–  ما دامت مشخصة ويرى فيها الرأس فهي من ذوات الأرواح ولا يجوز اقتناؤها، والواجب طمس تلك الصور بإزالة الرأس، كما جاء في حديث ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ:  الصُّورَةُ الرَّأْسُ فَإِذَا قُطِعَ الرَّأْسُ فَلَيْسَ بِصُورَةٍ  “أخرجه الترمذي.   وأما أن يجعله على شكل رأس بدون عينين ووجه فما زالت الصورة موجودة، كما لو صور الإنسان من خلفه، لو صور الإنسان من خلفه يرى رأسه دون عينيه وأنفه ومع ذلك فهي صورة محرمة .

PrL-SnshnGrdn_divider

Penanya berkata : Seseorang bernadzar untuk menyembelih seekor kambing, Kemudian ia ingin menggantinya dengan pakaian pakaian yang ia akan bagikan kepada yang berhak, apakah boleh?

JAWAB : Dia telah bernadzar untuk menyembelih seekor kambing, maka dia tunaikan nadzarnya.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang bernadzar menaati Allah, maka lakukanlah ketaatan tersebut, dan siapa saja yang bernadzar untuk mendurhakai-Nya maka janganlah ia lakukan”.  Riwayat Bukhari.

Adapun jika di ganti dengan perkara lain, maka jangan. Dan bernadzar untuk menyembelih telah mengumpulkan dua ibadah : ibadah penyembelihan, yang merupakan diantara ibadah yang paling utama kepada Allah azzawajalla, dan kedua adalah ibadah pembagian daging, yang ini merupakan kebaikan, dan perkara tadi juga ada kebaikannya, namun ia sudah bernadzar menyembelih, maka hendaknyaa dia tunaikan.

 الســـــــــؤال :– يقول السائل: رجل نذر أن يذبح شاةً، ثم أراد أن يبدل تلك الشاة إلى ملابس ويوزعها إلى المستحقين، فهل يجوز ذلك ؟

 الإجــــــــــــــــابة :- قد نذر بذبح شاة فيوفي بنذره، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيعَ اللَّهَ فَلْيُطِعْهُ، وَمَنْ نَذَرَ أَنْ يَعْصِيَهُ فَلاَ يَعْصِهِ» أخرجه البخاري، وأما استبداله بأمر آخر فلا، فالنذر بالذبح اجتمعت فيه عبادتان عبادة الذبح وهي من أفضل القربات إلى الله عز وجل وعبادة توزيع اللحم وهذا فيه خير، وذلك فيه خير ولكن قد نذر أن يذبح فيوفي بنذره .

Soal jawab bersama Syaikh Muhammad bin Hizam Al-Ba’daniy Hafidzahullah

Faedah kiriman Al akh Mahir Al Fadhli Al-Yamaniy hafidzahullah disaluran telegram ibnhezam@

📌 Alih bahasa dan editor : Ashhabulhadits

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: