“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Hati-hati, dari keputus asa an akan rahmat Allah azza wa jalla atas hamba-Nya

الحذر من اليأس من رحمة الله عز وجل بعباده

Hati-hati, dari keputusasaan akan rahmat Allah azza wa jalla atas hamba-Nya

Allah  berfirman :

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْئَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْئَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

“Wahai anakku, pergilah kalian,  carilah berita  tentang Yusuf  dan saudaranya, dan janganlah kalian  berputus  asa  dari rahmat Allah. Tidaklah berputus asa  dari rahmat  Allah, kecuali kaum yang kafir .” QS: Yusuf:  87

Allah berfirman :

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” QS: Asy-Syura :28

Ibnu Katsir mengatakan : Yaitu putusasanya manusia akan  turunnya hujan, dan menurunkan kepada mereka tatkala mereka butuh, sebagaimana firman Allah :

وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلِ أَنْ يُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمُبْلِسِينَ

“Dan walaupun sebelum turunnya hujan kepada mereka, mereka benar-benar putus asa.”  QS: Ar-Rum: 49

Berkata imam Al Bazzar  (3168) : Haddatsana Salamah, dia berkata : Bercerita kepada kami Al Muqri’, ia berkata : Bercerita kepada kami Haywah, ia berkata :  Akhbaraniy Abu Hani’, bahwa Amr bin Malik, cerita kepadanya,  dari Fadhalah bin Ubaid radhiyallahuanhu, dari Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam :

Tiga yang mereka tidak akan di tanya : Orang yang membelot dari jama’ah dan menentang pemimpinnya, budak yang lari dari tuannya dan mati, perempuan yang suaminya pergi, dan dicukupi dunianya, lalu dia bersolek setelahnya. Dan tiga yang tidak di pertanyakan : orang yang menentang Allah, selendangnya, karena sesungguhnya selendangnya adalah kesombongannya, dan sarungnya adalah kemuliaannya, dan orang yang ragu akan syari’at Allah, (atau perintah-Nya) dan putus asa dari rahmat Allah. Ini adalah hadits shahih, dan terdapat dalam Ash Shahihul Musnad karya guru kami Al Wadi’iy.

Berkata Imam Abdur Razzaq (10/459) : Bercerita kepada kami Ma’mar dari Abu Ishaq,  dari Wabrah, dari Amir bin Ath Thufail, dari Ibnu Mas’ud, berkata : “Dosa besar  yang paling parah adalah mensekutukan  Allah, merasa aman dari ancaman Allah, putus asa dari rahmat Allah dan pesimis akan pertolongannya.” Ini adalah mauquf yang shahih.

Dan berkata Al Bazzar rahimahullah sebagaimana dalam Al Kasyfu  (1/71) :

Haddatsana Abdullah bin Ishaq Al Ath Thaar,  tsanaa Adh Dhahhak bin Makhlad, Tsanaa Syabiib bin Bisyr, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa seseorang bertanya : “Wahai Rasulullah apa itu dosa dosa besar?
Beliau jawab : “Syirik kepada Allah, putus asa dari rahmat Allah dan pesimis dengan pertolongannya.”

Berkata Al Haitsamiy dalam Al Majma’ (1/104)  mengatakan : diriwayatkan Al Bazzaar dan Ath Thabraani dan rawi nya di terima riwayatnya. Selesai.
Saya katakan: seperti itulah yang beliau katakan, tapi dalam sanadnya Syabib bin Bisyr, Bukhari mengatakan : haditsnya munkar.

Berdasarkan ini maka sepatutnya seorang muslim dalam keadaannya bersama Allah antara takut dan mengharap, tidak putus asa dari rahmat Allah, karena firman-Nya :

أنا عند ظن عبدي بي فليظن بي ما شاء

“Sungguh Aku sebagaimana perasangka hamba-Ku, maka silahkan dia berprasangka semaunya. “

Dan alangkah bagusnya perkataan Ibnul Qayyim dalam Az Zaad  (237-3/235) :

فَلْيَعْتَنِ اللّبِيبُ النّاصِحُ لِنَفْسِهِ بِهَذَا الْمَوْضِعِ وَلْيَتُبْ إلَى اللّهِ تَعَالَى وَلِيَسْتَغْفِرْهُ كُلّ وَقْتٍ مِنْ ظَنّهِ بِرَبّهِ ظَنّ السّوْءِ

“Dan hendaknya seorang yang berakal yang ingin kebaikan untuk dirinya dengan perkara ini, dan bertaubat kepada Allah Ta’ala dan mohon ampun kepadanya setiap saat dari prasangka buruk dia dengan Rabb nya.”

وَلْيَظُنّ السّوءَ بِنَفْسِهِ الّتِي هِيَ مَأْوَى كُلّ سُوءٍ وَمَنْبَعُ كُلّ شَرّ الْمُرَكّبَةُ عَلَى الْجَهْلِ وَالظّلْمِ

“Dan hendaknya ia berpasangka buruk dengan dirinya yang merupakan tempat semua keburukan dan sumber segala kejelekan, ditambah dengan kebodohan dan kelaliman.”

فَهِيَ أَوْلَى بِظَنّ السّوءِ مِنْ أَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ وَأَعْدَلِ الْعَادِلِينَ وَأَرْحَمِ الرّاحِمِينَ الْغَنِيّ الْحَمِيدِ الّذِي لَهُ الْغِنَى التّامّ وَالْحَمْدُ التّامّ وَالْحِكْمَةُ التّامّةُ الْمُنَزّهُ عَنْ كُلّ سُوءٍ فِي ذَاتِهِ وَصِفَاتِهِ وَأَفْعَالِهِ وَأَسْمَائِهِ

“Dan jiwa itu lebih utama dengan prasangka buruk, dari pada Dzat yang paling bijaksana, yang paling adil, yang paling kasih sayang, yang paling kaya lagi terpuji, yang hanya milik-Nya kekayaan yang sempurna, dan pujian yang sempurna , dan kebijakan yang lengkap, yang bersih dari segala kejelekan, pada dzat, sifat, dan perbuatan dan nama nama-Nya.”

فَذَاتُهُ لَهَا الْكَمَالُ الْمُطْلَقُ مِنْ كُلّ وَجْهٍ وَصِفَاتُهُ كَذَلِكَ وَأَفْعَالُهُ كَذَلِكَ كُلّهَا حِكْمَةٌ وَمَصْلَحَةٌ وَرَحْمَةٌ وَعَدْلٌ وَأَسْمَاؤُهُ كُلّهَا حُسْنَى

“Dan dzat-Nya, mempunyai kesempurnaan yang mutlak, dari segala sisi, begitu juga sifat-Nya, perbuatan-Nya, demikian itu  semuanya  adalah hikmah, dan merupakan kebaikan dan sebagai rahmat dan keadilan, dan semua nama-nama-Nya adalah indah.”

فَلَا تَظُنّنّ بِرَبّك ظَنّ سَوْءٍ              فَإِنّ اللّهَ أَوْلَى بِالْجَمِيلِ

وَلَا تَظُنّنّ بِنَفْسِكَ قَطّ خَيْرًا         وَكَيْفَ بِظَالِمٍ جَانٍ جَهُولِ

وَقُلْ يَا نَفْسُ مَأْوَى كُلّ سُوءٍ       أَيُرْجَى الْخَيْرُ مِنْ مَيْتٍ بَخِيلِ

وَظُنّ بِنَفْسِكَ السّوآى تَجِدْهَا      كَذَاكَ وَخَيْرُهَا كَالْمُسْتَحِيلِ

وَمَا بِكَ مِنْ تُقًى فِيهَا وَخَيْرٍ        فَتِلْكَ مَوَاهِبُ الرّبّ الْجَلِيلِ

وَلَيْسَ بِهَا وَلَا مِنْهَا وَلَكِنْ             مِنْ الرّحْمَنِ فَاشْكُرْ لِلدّلِيلِ

Janganlah sekali kali kau berpasangka buruk dengan Rabb-Mu… Karena Allah lebih utama dengan kebaikan.

Dan jangan pernah kau sedikit pun berprasangka baik dengan dirimu… Dan bagaimana dengan si lalim, yang melakukan kejahatan lagi bodoh.

Katakanlah wahai jiwa tempat segala keburukan… Apakah ada harapan kebaikan dari mayat yang bakhil.

Dan berpasangka buruklah dengan dirimu, niscaya kamu dapati… Begitulah, dan jiwa yang baik, seperti tidak mungkin

Dan apa yang ada padamu dari ketakwaan dalamnya dan kebaikan… Maka itu adalah anugerah dari Rabb yang Mulia

Dan tidaklah ada padanya atau darinya, tapi… Dari sang Pengasih, maka bersyukurlah sebagai bukti.

المصدر إتحاف النبلاء بأحكام الإستسقاء
ص16/17
للشيخ الفاضل عبد الحميد الحجوري حفظه الله

Ditulis oleh : Syaikh Abu  Muhammad  Abdul-Hamid bin  Yahya Al-Hajuriy(Hafidzahullah)

Alih Bahasa : Abu  Adam Abdan Shakur Al-Baliy (Hafidzahullah)

*******

Hati-hati, dari keputus asa an akan rahmat Allah azza wa jalla atas hamba-Nya

الحذر من اليأس من رحمة الله عز وجل بعباده

قال تعالى  ﴿ يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْئَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْئَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ (87) ﴾ يوسف .

قال الله تعالى: ﴿وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ﴾ [الشورى:28].

قال ابن كثير: أي بعد إياس الناس من نزول المطر، ينزله عليهم في وقت حاجتهم، وفقرهم إليه، كقوله تعالى: ﴿وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلِ أَنْ يُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ مِنْ قَبْلِهِ لَمُبْلِسِينَ﴾ [الروم:49].

وقال الإمام البزار (3168 )

 حدثنا سلمة ، قال : نا المقرئ ، قال : نا حيوة ، قال أخبرني أبو هانئ ، أن عمرو بن مالك ، أخبره ، عن فضالة بن عبيد ، رضي الله عنه ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال : « ثلاثة لا تسأل عنهم : رجل فارق الجماعة وعصى إمامه ومات عاصيا ، وأمة أو عبد أبق من سيده فمات ، وامرأة غاب عنها زوجها وقد كفاها أمر الدنيا فتبرجت بعده ، وثلاثة لا تسأل عنهم : رجل نازع الله رداءه ، فإن رداءه الكبر ، وإزاره العزة ، ورجل كان في شك من أمر الله ، والقنوط من رحمة الله »

هذا حديث صحيح ،وهو في الصحيح المسند لشيخنا الوادعي رحمه الله .
قال الإمام عبد الرزاق (10/459)

أخبرنا معمر عن أبي إسحاق عن وبرة عن عامر بن الطفيل عن ابن مسعود قال : أكبر الكبائر الإشراك بالله ، والأمن من مكر الله ، والقنوط من رحمة الله ، واليأس من روح الله.

هذا موقوف صحيح .

وقال البزار رحمه الله تعالى كما في الكشف (1/71)

حدثنا عبد الله بن إسحاق العطار ، ثنا الضحاك بن مخلد ثنا شبيب بن بشر عن عكرمة عن  ابن عباس _ أن رجلا قال يا رسول مالكبائر ؟ قال : الشرك بالله ، والإياس من روح الله ، والقنوط من رحمة الله )

قال الهيثمي في المجمع (1/104) رواه البزار والطبراني ورجاله موثوقون .أهـ

قلت  : كذا قال : لكن في سنده شبيب بن بشر قال البخاري فيه منكر الحديث .

فعلى هذا ينبغي للمؤمن أن يكون حاله مع الله عز وجل بين الخوف والرجاء ولا  يقنط من رحمة الله ، فإنه يقول 😦 أنا عند ظن عبدي بي فليظن بي ما شاء ) وما أحسن ما قاله ابن القيم في الزاد (3/235-237)

 فَلْيَعْتَنِ اللّبِيبُ النّاصِحُ لِنَفْسِهِ بِهَذَا الْمَوْضِعِ وَلْيَتُبْ إلَى اللّهِ تَعَالَى وَلِيَسْتَغْفِرْهُ كُلّ وَقْتٍ مِنْ ظَنّهِ بِرَبّهِ ظَنّ السّوْءِ وَلْيَظُنّ السّوءَ بِنَفْسِهِ الّتِي هِيَ مَأْوَى كُلّ سُوءٍ وَمَنْبَعُ كُلّ شَرّ الْمُرَكّبَةُ عَلَى الْجَهْلِ وَالظّلْمِ فَهِيَ أَوْلَى بِظَنّ السّوءِ مِنْ أَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ وَأَعْدَلِ الْعَادِلِينَ وَأَرْحَمِ الرّاحِمِينَ الْغَنِيّ الْحَمِيدِ الّذِي لَهُ الْغِنَى التّامّ وَالْحَمْدُ التّامّ وَالْحِكْمَةُ التّامّةُ الْمُنَزّهُ عَنْ كُلّ سُوءٍ فِي ذَاتِهِ وَصِفَاتِهِ وَأَفْعَالِهِ وَأَسْمَائِهِ فَذَاتُهُ لَهَا الْكَمَالُ الْمُطْلَقُ مِنْ كُلّ وَجْهٍ وَصِفَاتُهُ كَذَلِكَ وَأَفْعَالُهُ كَذَلِكَ كُلّهَا حِكْمَةٌ وَمَصْلَحَةٌ وَرَحْمَةٌ وَعَدْلٌ وَأَسْمَاؤُهُ كُلّهَا حُسْنَى

فَلَا تَظُنّنّ بِرَبّك ظَنّ سَوْءٍ              فَإِنّ اللّهَ أَوْلَى بِالْجَمِيلِ

وَلَا تَظُنّنّ بِنَفْسِكَ قَطّ خَيْرًا         وَكَيْفَ بِظَالِمٍ جَانٍ جَهُولِ

وَقُلْ يَا نَفْسُ مَأْوَى كُلّ سُوءٍ       أَيُرْجَى الْخَيْرُ مِنْ مَيْتٍ بَخِيلِ

وَظُنّ بِنَفْسِكَ السّوآى تَجِدْهَا      كَذَاكَ وَخَيْرُهَا كَالْمُسْتَحِيلِ

وَمَا بِكَ مِنْ تُقًى فِيهَا وَخَيْرٍ        فَتِلْكَ مَوَاهِبُ الرّبّ الْجَلِيلِ

وَلَيْسَ بِهَا وَلَا مِنْهَا وَلَكِنْ             مِنْ الرّحْمَنِ فَاشْكُرْ لِلدّلِيلِ
المصدر
إتحاف النبلاء بأحكام الإستسقاء
ص16/17
للشيخ الفاضل عبد الحميد الحجوري حفظه الله

Iklan

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: