“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya jawab  3

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

Jawaban dari Soal-soal yang di tujukan kepada Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Hizam Al-Fadhliy Al-Ba’daniy, (Semoga Allah melindungi dan menjaganyadan memberikan manfaat islam dan muslimin dengannya.) Tanya jawab malam Sabtu 22 Rabiul Awwal 1437 H

*******

Pertanyaan  : Ada sebuah sistem kerja sama, yang disebut dengan bagi hasil, yang mana modalnya ditanggung seseorang dan yang satunya lagi sebagai pelaksana, laba di bagi sesuai kesepakatan, dan jika ada kerugian maka yang menanggung adalah pihak pelaksana, dan pemilik modal tidak tanggung jawab sedikitpun, dan ini sesuai kerelaan pelaksana, nah apakah sistem ini benar, dan jika tidak benar, bagaimana solusi bagi mereka yang sudah ikut dalam sistem ini?  

Jawaban : Tidak boleh transaksi seperti ini, kerugian ditanggung pihak pelaksana saja. Dan bagi hasil yang syar’i adalah seorang memberikan modal yang dijalankan oleh seseorang dengan bagi hasil, dan juga disebut Al Qaraadh.
Bagi hasil yang syar’i adalah : ada yang memberi modal dan ada yg menjalankan. Jika ada kerugian yang disebabkan kelalaian si pelaksana, maka dia yang tanggung kerugiannya. Dan jika kerugiannya tanpa ada kelalaian, tetapi semata mata kehendak Allah azza wa jalla, karena peraturan pasar, perbedaan harga dan nilai jual, orang-orang kurang butuh dengan barang tersebut , atau ada kehilangan, kebakaran, tenggelam dan yang lain, maka si pelaksana tidak menanggung sedikit pun dari itu. Kerugian dia adalah waktunya. Dan bagi si pemilik modal adalah modalnya. Ini kerja sama yang benar.
Adapun yang  disebutkan oleh akh dalam pertanyaan, tentang pemilik modal memberikan syarat  bahwa kerugian ditanggung pelaksana, dan di terima, ini tidak boleh, karena walaupun sekarang dia terima, tetapi ketika ada kerugian, pasti ada perselisihan. Maka ini tidak boleh, walaupun pelaksana rela. Syarat ini menyelisihi syari’at .

 “syarat Apa saja yang tidak ada dalam kitabullah, maka batil, walaupun seratus syarat”.

Lalu bagaimana solusinya bagi mereka yang sudah terlanjur ikut? 

Dia nukilkan fatwa ulama dalam masalah ini, dan dijelaskan bahwa  transaksi seperti ini tidak benar, dan hendaknya mereka membuang syarat tadi dan memakai cara yang syar’i. Dan jika pemilik modal tidak terima kecuali dengan syarat tadi, maka dia resine dari sistem tadi, dan menghentikan sistem tadi dengan wajib.

الســــــؤال الأول:– هناك شراكة بين الناس يقولون إنها شركة مضاربة يكون رأس المال من أحدهم والآخر يكون عاملاً له والربح يُقسم فيما بينهم على حسب الاتفاق وإذا حصلت الخسارة فصاحب المال لايتحمل منها شيئا وهذا الشرط رضي به العامل فهل هذه الشركة صحيحة وإذا لم تصح ماهو الحل لمن قد وقع في هذه الشراكة ؟

الإجــــــــــــابة:–  لايجوز في هذه المعاملة أن تُجعل الخسارة على العامل فحسب والمضاربة الشرعية وتُسمى المقارضة وتُسمى القراض ، المضاربة الشرعية يكون المال من أحد الطرفين والطرف الآخر عليه العمل كاملاً ، وإذا حصلت خسارة فإن كان العامل حصل منه التفريط فيتحمل الخسارة وإن كانت  خسائر بدون تفريط إنما من تقدير الله عزوجل بسبب أوضاع الأسواق أو بسبب اختلاف الأسعار والأثمان أو بزهد الناس عن تلك البضاعة أو كذلك بسبب تلفٍ بالأموال أو حريق أو غرق أو غير ذلك فلا يتحمل العامل من ذلك شيئا وخسارته ذهاب وقته وخسارة رأس المال على صاحب المال هذه هي الشراكة الصحيحة. وأما ما ذكر الأخ في هذا السؤال أن صاحب المال اشترط أن الخسارة على العامل ورضي العامل بذلك فهذا لايجوز حتى وإن رضي العامل فلا يجوز المعاملة بها فإنه يرضى الآن وعند أن تحصل الخسارة يحصل بعد ذلك الاختلاف فهذا لا يجوز وإن رضي العامل لايجوز هذا الشرط ـ مخالفٌ للشرع (أيما شرطٍ ليس في كتاب الله فهو باطل وإن كان مائة  شرط) .  ماهو الحل لمن قدوقع في هذه الشراكة ؟
ينقل له فتوى أهل العلم في هذه المسألة ويبين له أن هذه المعاملة غير صحيحة ويلغون الشرط المذكور فتبقى المعاملة شرعية بدون هذا الشرط وإن رفض صاحب المال إلا بهذا الشرط فيخرج من هذه الشراكة يخرج منها ويفض الشراكة المذكورة وجوباً .

******

Pertanyaan : Apakah boleh membeli barang-barang gadaian yang dijual bank, karena pemiliknya tidak  mampu membayar hutang kepada Bank?

Jawaban : Jika hutangnya riba, maka jangan  engkau ta’awun (tolong menolong) sedikitpun dengan mereka.Dan tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan taqwa dan janganlah tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. Dan mereka akan menjual barang-barang  ini dan mengambil bunganya, maka tidak boleh ta’awun bersama mereka.Dan kalau sekedar hutang, selain riba, maka boleh engkau beli barang yang di gadaikan, baik dari pihak bank atau siapa saja yang menerima gadaian.Penggadaian, adalah ungkapan dari pembayaran hutang dengan barang tadi atau yang digadaikan.Jika berhutang dengan  hutang-hutang  yang berbunga , maka jangan ta’awun sama sekali. Nabi shallallahu alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, yang memberi makan riba, sekertarisnya, dua saksinya.  Beliau berkata : “mereka sama”. Riwayat Muslim dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhu.

Janganlah engkau ta’awun dengan  mereka sedikit pun. Jika sekedar saksi saja berdosa, maka jangan ta’awun bersama mereka. Adapun jika bukan hutang yang tidak ada keraguan padanya, maka tidak mengapa kau membelinya.

الســــــؤال الثانــــــي:- هل يجوز شراء البضائع المرهونة  التي تبيعها البنوك من صاحبها العاجز عن تسديد ديونه عند البنوك؟

الإجــــــــــــابة:– إن كان الدين ربوي حصل فيه الربا فلا تتعاون معهم بشيء “وتعاونوا على البر والتقوى ولا تعاونوا على الإثم والعدوان” وهم سيبيعون هذه البضائع ويأخذون الربا فلايجوز أن تتعاون معهم، وإن كان الدين مجرد دين بدون ربا فلك أن تشتري البضاعة المرهونة سواء من قبل البنك أو من أي مرتهن كل من ارتهن شيئاً فالرهن عبارة عن استيفاء الدين من  تلك السلعة أو من تلك العين التي رُهنت فإن كان استدان مقابل ديون ربوية فلاتتعاون معهم بشيء (لعن النبي صلى الله عليه وسلم آكل الربا ومؤكله وكاتبه وشاهديه وقال هم سواء) رواه مسلم عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه  ـ فلاتتعاون معهم بشيء فإذا كان مجرد الشاهد يأثم فلا تتعاون أنت معهم أيضاً بشيء وأما إن كان في غير دين لاريبة فيه فلابأس أن تشتري ذلك والله المستعان .

******

Pertanyaan  : Seorang kerja di bank, dan sekarang sudah taubat dan keluar, dan dia punya beberapa harta dari riba, apakah dia boleh memakai nya untuk membangun rumah dan melunasi hutang dan yang lainnya?

Jawaban :

 “يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وذروا مابقي من الربا إن كنتم مؤمنين فإن لم تفعلوا فأذنوا بحرب من الله ورسوله وإن تبتم فلكم رءوس أموالكم لا تظلمون ولا تُظلمون “

Allah subhanahu wataala berfirman : “Hai orang-orang yang  beriman,  bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkanlah riba (yang belum  dipungut), jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan  sisa  riba),  maka  ketahuilah Allah dan  rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika  kamu  bertaubat (dari penabilan riba), maka  bagimu pokok  hartamu.  Kamu tidak menganiaya  dan tidak  (pula)  dianiaya”. Al-Baqoroh :  278-279

Ketika taubat engkau tidak boleh mengambil kecuali modal hartamu, dan tambahannya tidak  boleh engkau ambil, dan yang kau ambil dari keuntungan riba, maka wajib kau kembalikan.

Jika hubungannya dengan sebuah negara atau seseorang yang engkau tidak bisa mengembalikan nya.Dan jika kau mengembalikannya, justru  nantinya akan diambil oleh pekerja yang lain, dan tidak disimpan dikas negara, maka bolehlah engkau gunakan untuk kemaslahatan muslimin, kepada fakir miskin dan orang-orang yang berhak, yang itu halal bagi mereka, karena kamu meniatkan berlepas diri dari harta tersebut, dan niat bahwa mereka layak dapat harta dari Baitul Mal, dan ini termasuk juga, jadi tidak mengapa  bagi mereka, bisa mereka menggunakannya dan tidak ada  masalah.
Dan jika engkau fakir dan mempunyai beberapa anak yang fakir, dan engkau gunakan untuk bangun rumah bagi mereka, maka tidak apa-apa , dengan  niat sebagaimana tadi, dan disertai kebutuhan yang amat mendesak dan keluargamu lebih utama yang kau berikan infaq pada mereka.
Dan jika engkau mampu, tidak  butuh darinya, maka kau gunakan untuk kemaslahatan muslimin dan fakir miskin dan yang lainnya, dengan  niat berlepas diri dari nya, bukan shodaqoh. Wallahul Musta’an.

الســــــــؤال الرابع :– ماحال الزيادة في الحديث(لاصلاة بعد العصر إلا أن تكون مرتفعة؟

الإجــــــــــــابة:– مر علينا بحث هذه الزيادة وجمعنا طرقها فظهر أنها زيادة شاذة تفرد بها بعض الرواة ولم يذكرها أكثرهم  والحديث جاء عن علي بن أبي طالب عند بعض أصحاب السنن أو في بعض المسانيد وهي زيادة ضعيفة، والحديث المحفوظ في الصحيحين وغيرهما عن جمع من الصحابة بدون زيادة( إلا والشمس مرتفعة ولاصلاة بعد العصر حتى تغرب الشمس) زيادة (إلا والشمس مرتفعة) شاذة شذ بها بعض الرواة فهذا هو الصحيح في هذا الحديث وقد ذهب الإمـــــام الألبــاني رحمه الله إلى تحسينه والذي يظهر هو ضعفها والله أعلم

******

Pertanyaan : Bagaimana keadaan tambahan hadits : “Tidak ada shalat setelah ashar, kecuali jika meninggi.

Jawaban : Telah kami lewati pembahasan tambahan ini, dan setelah kami kumpulkan jalur-jalurnya ternyata tampak bagi kami bahwa  ini adalah tambahan yang syaadz (tidak semestinya) yang sebagian perawi bersendiri dalam periwayatannya, dan mayoritas yang lain tidak menyebutkannya.

Hadits dari Ali bin Abi Thalib dalam sebagian Ashabus-sunan atau sebagian musnad, yang merupakan tambahan dha’if. Dan hadits yang benar adalah dalam Shahihain dan yang lainnya dari sekelompok shahabat, tanpa tambahan (kecuali matahari meninggi) “Tidak ada shalat setelah ashar sampai matahari tenggelam”. Dan tambahan (kecuali matahari meninggi) adalah nyeleneh, yang dibawa oleh sebagian perawi, inilah yang benar tentang hadits ini, walaupun Al-Albani rahimahullah menghasankannya . Dan yang nampak adalah kelemahannya.  Wallahu a’lam.

الســــــــؤال الرابع :- ماحال الزيادة في الحديث(لاصلاة بعد العصر إلا أن تكون مرتفعة؟

الإجــــــــــــابة:– مر علينا بحث هذه الزيادة وجمعنا طرقها فظهر أنها زيادة شاذة تفرد بها بعض الرواة ولم يذكرها أكثرهم  والحديث جاء عن علي بن أبي طالب عند بعض أصحاب السنن أو في بعض المسانيد وهي زيادة ضعيفة، والحديث المحفوظ في الصحيحين وغيرهما عن جمع من الصحابة بدون زيادة( إلا والشمس مرتفعة ولاصلاة بعد العصر حتى تغرب الشمس) زيادة (إلا والشمس مرتفعة) شاذة شذ بها بعض الرواة فهذا هو الصحيح في هذا الحديث وقد ذهب الإمـــــام الألبــاني رحمه الله إلى تحسينه والذي يظهر هو ضعفها والله أعلم

******

Pertanyaan : Seorang bertanya : Ayahnya ingin dia mengajar di sekolah campur baur, dan jika dia tidak menuruti, bapaknya akan sangat marah, dan bapaknya terkena penyakit diabetes, dan sebelumnya terkena stroke, apakah dia menurut  dalam hal ini dalam keadaan dia mengasihinya?

Jawaban : Taatilah dia semampumu, sampai engkau tidak  menyebabkan kematiannya, atau kecelakaan atau kesengsaraan, jadi turuti semampumu, mulailah awal-awal ngajar di sekolah yang tidak ada campur baurnya.

Kedua :Kedua : bisa saja kau hadir dan pakai sarung, jika mereka memarahimu, maka tidak apa-apa kau lepas di kelas, jika kau keluar pakai sarungmu, saya maksudkan pakai sirwal dan dilapisi sarung, juga pakai sirwal yang tebal, jika diharuskan melepas sarung, nanti  tidak ada sisi tasyabbuh dengan musuh-musuh islam.

Dan engkau menjauhi dari tempat-tempat yang haram, adanya  musik di pagi hari, dan bisa juga kau tidak hadir dalam banyak waktumu, dengan  menghadiri kelompok-kelompok  ilmu, dan begitulah sampai akhir tahun. Dan dalam jangka ini kau rayu bapakmu, minta dan mohon lagi, agar tidak ngajar disekolah-sekolah  ini, dan kau minta agar di izinkan ngajar di masjid, dan meninggalkan sekolah-sekolah , dan kabari dia bahwa rezeki tidak terbatas pada kerjaan, rezeki itu Allah yang memudahkan dari jalan mana saja.
Dan banyak orang-orang yang sangat lalai, hatinya terpaut dengan  sekolah-sekolah , bukan karena ilmu atau menghilangkan kebodohan, tapi  demi pekerjaan, dia mengira uang itu tidak akan datang kecuali  dari pintu ini.
Dan jika dia meninggalkan anaknya, mengatakan, “engkau telah menyia-nyiakan masa depanmu, engkau sia-sia kan umurmu “. Dan dia lontarkan semua kata-kata  yang keras, yang biasanya di berikan kepada  orang pasar dan orang fasiq dan tukang maksiat. Dalam keadaan ini engkau menurut  bersama bapakmu, dan engkau harus berdoa, dan semoga Allah menghilangkan darimu rasa sedih ini.

الســــــؤال الخامس:– سائل يقول: أبوه يريد أن يدرس في بعض مدارس الاختلاط وإذاعصى أباه قد يغضب غضباً شديداً وهو مصاب بمرض السكر وقد أُصيب بالجلطة من قبل فهل يطيعه في هذا الأمر وهو يشفق عليه ؟

الإجــــــــــــابة:– طاوعه بقدر ما تستطيع حتى لا تتسبب عليه بالموت أو بالهلاك أو بالشدة فطاوعة بقدر ما تستطيع من هذه الأمور فابدأ أولاً لا تدرس فيما فيه اختلاط ادرس في مدرسة لا اختلاط فيها
ثانياً تستطيع أن تحضر بإزارك فإذا أرغموك فلابأس أن تخلعه في الصف حتى إذا خرجت لبست إزارك أعني وهو يلبس السراويل تحت الإزار تتخذ سراويل أيضاً فضفاضة إذا ألزمت بخلع الإزار لايكون فيها تشبه بأعداء الإســلام، وأيضاً تبتعد عن الأماكن المحرمة تبتعد عن حضور الموسيقا في الصباح ثم أيضاً ممكن أن تتخلف في كثير من أوقاتك بحضور حلقات العلم وهكذا تُواتيهم حتى ينتهي العام وطوال هذه الفترة تراضي أباك وتطلب منه المرة بعد المرة بترك الدراسة في هذه المدارس وتطلب منه أن يأذن لك بالدراسة في المساجد وترك المدارس وأخبره أن الرزق ليس محصوراً على الوظائف الرزق يسهله الله من أي طريق فكثيرٌ من الناس في غفلة عظيمة قلبه معلق بالمدارس لامن أجل العلم وإزالة الجهل ولكن من أجل الوظيفة يظن أنه ما سيأتيه المال إلا من هذا الباب وإذا ترك ولده يقول: ضيعت مستقبلك وضيعت عمرك ويرميه بالكلمات الشديدة التي ما تطلق إلا على أهل الأسواق أو إلا على أهل الفسوق والعصيان في هذه المدة تتطاوع مع أبيك وعليك بالدعاء وسيزيل الله عزوجل  عنك هذه الغمة 

******

Pertanyaan : Seorang yang berkeluarga bersama saudaranya yang berkeluarga juga tinggal seatap, dan jika salah satu keluar, tinggalah satunya dirumah, apakah ini khalwat yang dilarang, dan apakah ini termasuk keadaan darurat, ketika saudaranya tidak ada dirumah?

Jawaban : Pertama tama: kita menasehatkan masing-masing punya rumah, jika ada kemampuan, dan jika tidak ada kemampuan, maka harus bisa menghindari ikhtilath, para perempuan harus menjauh dari lelaki ketika mereka dirumah, menghindar sehingga tidak terlihat dan juga tidak ada campur baur.
Adapun pertanyaannya : jika salah satu keluar, tinggallah satunya dirumah, apakah ini khalwat? Jika ada perempuan kedua maka bukan khalwat, tapi si laki-laki menghindar ke kamar sendiri. Dan dia berusaha untuk tidak melihatnya. Dengan adanya istrinya, tidak termasuk khalwat. Dan yang dianjurkan adalah menjauh dari hal tersebut, dan mandiri dengan masing-masing  rumahnya.Tapi jika istrinya tidak ada, maka ini khalwat yang haram. Nabi shallallaahu alaihi wa sallam bersabda : janganlah seseorang berkhalwat dengan seorang wanita, melainkan syaitan ketiganya. Riwayat Ahmad dari Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. Dan sanad nya Hasan.

الســـــــؤال السادس :- رجل متزوج وأخوه أيضاً متزوج ويسكنان في بيت واحد وإذا خرج أحدهما وبقي الآخر في البيت فهل هذا يدخل في الخلوة المحرمة وهل يدخل في الضرورة في حال عدم وجود أخيه في  البيت ؟

الإجــــــــــــابة:– أولاً ننصحهم أن ينفرد كلٌ منهم في بيت إن تيسر ذلك وإذا لم يتيسر فليلتزموا بعدم الاختلاط فالنساء يبتعدن في وقت وجود الرجل تتنحى عنه ولا يحصل النظر ولا الاختلاط . قول الأخ إذا خرج أحدهما وبقي الآخر هل يدخل في الخلوة؟إن كانت امرأة الثانــــــي موجودة فليسوا في  خلوة ولكن يتنحى في غرفة منفصلة ويحرص على عدم النظر إليها ، مع وجود امرأته لايعتبر خلوة والذي يُنصح به هو البعد عن ذلك والانفراد كل منهما في بيت ، وأما إذا كانت امرأته غير موجودة فهذا يعتبر خلوة محرمة قد قال النبي صلى الله عليه وسلم :(لايخلو رجل بامرأة إلا كان الشيطان ثالثهما) أخرجه أحمد عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه وإسناده حسن.

*****

والحمـــــد للّه رب الـعالـمين

Faedah  dikirim oleh Abu Usamah Zaid As-Srilangkiy (Hafidzahullah) di Majmu’ah Al-Atsarus-Salafiyyah

Alih Bahasa: Abu Adam Abdan Syakur Al-Baliy (Hafidzahullah)

Editor: ASHHABULHADITS

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: