“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya jawab bagian 4 - Syaikh Mohammed ibn Hizam.PNG

Jawaban dari Soal-soal yang ditujukan kepada Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Hizam Al-Fadhliy Al-Ba’daniy, (Semoga Allah melindungi dan menjaganya, dan memberikan manfaat islam dan muslimin dengannya.)

*******

Tanya: Apakah memakai imamah (sorban) itu Sunnah?

Jawab: Memakai imamah termasuk ajaran nabi shallallahu’ alaihi wasallam, dipakai nabi dan para shahabat ridhwanullah alaihim, walaupun arab juga lebih dulu memakainya.

Tetapi nabi alaihis shalaatu was sallaam juga pakai, yang mencontoh nabi maka dapat pahala dan yang meninggalkan apa yang diperbuat oleh nabi shallallahu’alaihi wasallam maka tidak sepantasnya dia begitu.

Allah Azza wa Jalla berfirman :

لقد كان لكم في رسول الله أسوةٌ حسنة

“Sungguh ada pada diri rasulullah itu tauladan yang baik bagi kalian.”

Maka tidak sepantasnya meninggalkan imamah, karena yang maklum sebelum islam dari arab, kemudian setelah islam kemudian ajaran nabi kita shallallahu’alaihi wasallam yaitu memakai imamah, maka jangan sekali-kali mengabaikannya. Dan penampilannya bagus juga, jika seseorang pakai imamah 

Dan kebiasaan kebanyakan orang yang terbuka kepalanya bukan perkara yang baik, tidak dosa, tetapi aib bagi mereka.

Dikatakan kepada mereka kenapa engkau tidak melakukan seperti nabimu? Nabi shallallahu alaihi wa sallam lebih berhak ditauladani, ikutilah contoh dari beliau

Banyak dari pemuda yang amat memperhatikan rambutnya, disisir, dipangkas dengan model yang menyeleweng yang serupa dengan musuh-musuh islam

Dan kita amat kasihan dengan apa yang terjadi pada pemuda-pemuda yang mempermainkan rambut mereka, serupa dengan musuh-musuh islam dan orang-orang kafir

Mereka terjatuh dalam qoza‘ yang telah dilarang nabi shallallahu’alaihi wasallam, pangkas sebagian dan yang lain dibiarkan

Subhanallah perkara-perkara diluar perkiraan untuk beberapa tahun lalu, dan sekarang terjadi apa yang tidak kita perkirakan terjadi.

Dan sungguh telah benar nabi shallallahu’ alaihi wasallam : 

لتتبعن سنن من كان قبلكم شبراً بشبر وذراعاً بذراع حتى لو دخلوا جحر ضبٍ لدخلتموه ،مع أنها هيئات مستنكرة

“Sungguh benar-benar kalian akan ikuti orang-orang yang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, Hasta demi Hasta, Sampai-sampai kalau mereka masuk lubang biawak pun kalian juga masuk.”

Padahal bentuknya sangat-sangat buruk, model yang jelek dan buruk untuk kepala, buruk untuk penampilan, begitu pun dia menganggap dirinya raja, dia anggap dirinya tidak ada yang melampauinya, hilang sudah kesadarannya. Dan seharusnya muslimin jangan meniru-niru musuh-musuh mereka

Hadits :

من تشبه بقومٍ فهو منهم

“Siapa yang meniru suatu kaum maka dia dari mereka”. Riwayat Abu Dawud dan Ahmad.

Yang meniru mereka dalam perkara kufur maka dia dikafirkan atau membersihkan sebagian kebiasaan mereka maka maksiat

Dan yang meniru mereka, mengutamakan petunjuk mereka daripada nabi kita alaihis shalaatu was salaamu.

Tidak sekedar amalan terus kafir, tidak sekedar memakai terus kafir, yang bikin dia kafir adalah pengagungan dia akan petunjuk mereka dan agama mereka, dan kecintaan dia untuk mereka . Ini yang menjadikan dia kafir dia kafir.

 الســــــــــؤال السابع : -هل لبس العمامة من السنة ؟

 الإجــــــــــــابة : – لبس العمامة من هدي النبي صلى الله عليه وسلم ، لبسها النبي صلى الله عليه وسلم ولبسها الصحابة رضوان الله عليهم وإن كان العرب يلبسونها من قبل ولكن أيضاً لبسها النبي عليه الصلاة والسلام، فمن اقتدى بالنبي عليه الصلاة والسلام يؤجر على ذلك ، ومن تركها ترك شيئاً مما يفعله النبي صلى الله عليه وسلم فلا ينبغي له ذلك، الله عزوجل يقول ” لقد كان لكم في رسول الله أسوةٌ حسنة ” فلاينبغي ترك العمامة فإن المعلوم عن العرب قبل الإســلام ثم بعد الإســلام ثم هدي نبينا عليه الصلاة والسلام هو لبس العمائم فلايتركها الإنسان، وأيضاً منظر جميل في الرجل أن يكون لابساً للعمامة ، وما اعتاده كثيرٌ من الناس من كشف الرؤوس فليس أمراً جيداً لايصل إلى حد الأثم ولكن في الحقيقة يُعاب عليهم . يقال لهم لماذا لم تفعل كما فعل نبيك ، النبي صلى الله عليه وسلم أحق ان تقتدي به وأن تفعل بفعله وأن تتأسى به ، كثير من الشباب يعتني بشعره ويمشط ويحلق الحلقة المخالفة التي فيها تشبه بأعداء الإســلام ونأسف مما يحصل من كثيرٍ من الشباب من اللعب في شعر رؤوسهم ، تشبهات بأعداء الإســلام وبالكافرين، مايقعون فيه من القزع وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن القزع يحلق مكاناً ويترك مكاناً ، سبحان الله أمور ماكانت بالحسبان قبل سنوات تراها اليوم قد وقعت ماكنا نظنها تقع وصدق النبي صلى الله عليه وسلم لتتبعن سنن من كان قبلكم شبراً بشبر وذراعاً بذراع حتى لو دخلوا جحر ضبٍ لدخلتموه ،مع أنها هيئات مستنكرة ـ هيئات مكروهه ومشوهه للرؤوس ومشوهه للصور ومع ذلك يرى نفسه ملكاً ، يرى نفسه ما أحد يصل إليه ـ طمست البصائروينبغي للناس أن لايتشبهوا بأعدائهم ، حديث من تشبه بقومٍ فهو منهم رواه أبو داود وأحمد ، من تشبه بهم بأمورٍ مكفرة فيكفر وقد يتشبه في بعض ما عندهم فتكون معصية ، ومن تشبه بهم مفضلا هديهم على هدي نبينا عليه الصلاة والسلام، سيحكم عليه بالكفر بسبب حبه للكافرين وليس بمجرد العمل نفسه ، ليس مجرد اللبس مكفرا ، المكفر تعظيمه لهديهم تعظيمه لدينهم محبته لهم هذا هو الذي كفره .

*******

Tanya: Apakah boleh beli emas baru dengan emas yang lama ?

Jawab: Barter emas dan emas tidak boleh, kecuali jika seukuran berat dan timbangannya, 5 gram dengan 5 gram sama, tidak pula memberikan pembeda harga. Jika mau menjual emasnya dia jual dan ambil uangnya dan beli emas yang dia mau.

 هو الذي خلق لكم مافي الارض جميعاً 

“Dialah yang menciptakan untuk kalian semua yang di bumi.”

الســــــــــــؤال الثامن : – هل يجوز شراء الذهب الجديد بالذهب القديم ؟

الإجــــــــــــابة : – المبادلة لاتجوز ذهب بذهب إلا إذا كانا متماثلين بالوزن وبالعيار ـ خمسة جرامات بخمسة جرامات متساوية ـ بدون أيضاً أن يعطيه فارق السعر ، فإذا احب أن يبيع ذهبه باعه وقبض المال ثم اشترى بماله أي ذهبٍ شاء 

*******

Tanya: Apakah boleh memakan daging Jerapah?

Jawab:  Jerapah bukan yang punya taring dan juga bukan buas, maka halal. Diharamkan semua yang ada taring dari buas dan dia bukan buah, Jerapah halal dimakan dan ini secara asal, asal semua yang Allah ciptakan adalah mubah, selama tidak ada dalil pengharaman.

الســــــــــؤال التاسع :- هل يجوز أكل لحم الزرافة ؟

الإجــــــــــــابة: – الزرافة ليست من ذوات الأنياب ولا من السباع فهي حلال، حرم كل ذي ناب من السباع وهي ليست من السباع ،  الزرافة حلال الأكل وهي على الأصل ـ الأصل فيما خلقه الله الإباحه مالم يأت دليل بالتحريم،” هو الذي خلق لكم مافي الارض جميعاً “

******

Tanya: Apakah boleh memakai pakaian merah?

Jawab: Pakaian merah tidak disukai untuk para lelaki, Sebagaimana ucapan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu sebagaimana dalam Sunan Abu Daud dan aslinya dalam riwayat Muslim

Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang pakaian merah dan dalam riwayat Muslim dengan lafadz pakaian yang dikuningkan

Dan juga datang dengan lafadz : Beliau melarang dari pelapis pelana yang terbuat dari sutra. Yaitu yang dimerahkan, dan sangat merah.  Dan yang dicampur dengan warna lain maka boleh.

Ada dari nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwa beliau memakai selendang merah

Berkata Ibnul Qayyim dan gurunya Ibnu Taimiyah : ini dibawa kepada yang dicampur warna lain, karena kain yaman seperti ini bentuknya, bukan merah murni.

Apakah sampai haram?. Kandungan hadits selendang, bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam memakai selendang merah walaupun sebagian ulama mengatakan campuran, tetapi bisa juga menurunkan kepada hukum makruh, dan mayoritas ulama menyatakan akan makruhnya.

الســــــــــؤال العاشر :– هل يجوز لبس الأحمر ؟

الإجــــــــــــابة:– لبس الأحمر مكروه للرجال ، الرجال يُكره لهم لبس الأحمر لقول علي بن أبي طالب رضي الله عنه كما في سنن أبي داود وأصله في مسلم ,نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن لبس الأحمر وفي مسلم بلفظ لبس المعصفر، و أيضاً جاء بلفظ نهى عن مياثر الأرجوان أي المحمرة وهو الشديد الحمرة ـ الأحمر الصرف ـ والذي هو مخلوط بألوان أخرى يجوز ،  قد جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه لبس حلة حمراءقال ابن القيم وشيخه شيخ الإســلام: محمول على أنها مخلوطة بألوان أخرى لأن برود اليمن كانت تأتي على ذلك الحال ـ ليست حمراء صرفة ـ وهل يصل إلى التحريم : معنى حديث الحلة أن النبي صلى الله عليه وسلم لبس حلة حمراء وإن كان محموله عند بعض أهل العلم على أنها مخلوطة لكن قد يصح أن يكون صارفاً إلى الكراهة وأكثر العلماء ينصون على الكراهة فقط

*******

Tanya: Apakah seorang bapak puasa dua bulan jika membunuh anaknya?

Jawab: Pembunuhan sengaja, maka taubat dan minta ampun, dan tidak sah kaffaarah dalamnya.

Dan jika tidak sengaja, maka ada tebusannya.

Dan tebusannya sebagai mana perintah Allah Azza wa Jalla, pembebasan seorang budak, jika tidak dapat maka puasa dua bulan terus menerus.

Dan ada perbedaan, jika tidak bisa puasa dua bulan apakah pindah memberikan makan atau tidak.

Karena Allah tidak menyebutkan memberikan makan dalam ayat pembunuhan.

Dan yang lebih dekat adalah pindah kepada memberikan makanan, enam puluh orang miskin, karena Allah Azza wa Jalla menjadikannya ganti dari puasa dua bulan berturut-turut dalam tebusan perkara lain Inilah pendapat mayoritas ulama.

Adapun yang berkaitan dengan penjara, ini bukan riqaab (leher), ini ungkapan dari pembebasan budak atau yang terkena musibah . Ar Raqabah adalah seorang hamba.

الســــــــــؤال الحادي عشر : -هل يصوم الأب شهرين إذا قتل ابنه ؟

الإجــــــــــــابة: – قتل العمد فيه التوبة والاستغفار ولا تصح الكفارة فيه ، وإن قتله خطأ فعليه الكفارة والكفارة كما أمر الله عزوجل عتق رقبة فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين واختلف العلماء إذا لم يستطع صيام الشهرين هل ينتقل إلى الإطعام أم لا ، لأن الله لم يذكر الإطعام في آية القتل ، والأقرب هو الانتقال إلى الإطعام ـ إطعام ستين مسكينا لأن الله عزوجل جعل ذلك عِدلاً لصيام الشهرين المتتابعين في كفارات أخرى ، فالأقرب أنه يلتحق وهو قول الجمهور . مايتعلق بالسجون هذه ماهي رقاب هذه عبارة عن فك لأسير أو لمبتلى ، الرقبة المقصود بها عبد من العبيد

******

Tanya: Kapan seorang menjadi budak secara syariat?

Jawab: Jika muslimin memerangi kuffar atau menyerang mereka, dan dapat rampasan dan menawan mereka, maka tawanan yang kafir baik laki-laki maupun wanita menjadi budak.

Jka muslimin memiliki mereka, jadilah budak, dan inilah maksud dari firman Allah subhanahu wataala :

إلا على أزواجهم أو ملكت أيمانهم

Kecuali dengan istri-istri mereka atau budaknya.

Jika allah mudahkan baginya budak perempuan yang halal bagiya seperti istrinya.

Dan budak-budak itu dijual belikan, bisa beli dari orang lain.

Akan tetapi hari-hari ini musuh islam telah menguasai muslimin, jadi hilang sudah perbudakan, bahkan merekalah yang memperbudak muslimin. Inna lillahi wa Inna ilaihi raaji’un.

 الســــــــــؤال الثاني عشر :– متى يصير الإنسان عبداً بطريقة شرعية ؟

الإجــــــــــــابة :– إذا غزا المسلمون الكفار أو جاهدوهم وغنموا منهم غنائم وأسروا منهم فالأُسارى الذين من الكافرين سواء من الرجال أو النساء يصيرون عبيدا ًوإماءً ، إذا ملكهم المسلمون صاروا من العبيد والإماء وهذا هو المراد بقول الله سبحانه وتعالى ” إلا على أزواجهم أو ملكت أيمانهم “أي إذا يسر الله له بأمة تصير حلالاً له كما تحل له زوجته،وهؤلاء العبيد والإماء يباعون ويشترون ، يمكن أن يشتري من غيره ، لكن في هذه الأيام تسلط أعداء الإســلام على المسلمين فذهب مايتعلق بالعبيد والإماء بل استعبدوا المسلمين، وإنا لله وإنا إليه راجعون

*******

والحمـــــد للّه رب الـعالـمين

Faedah dikirim oleh Abu Usamah Zaid As-Srilangkiy (Hafidzahullah) di Majmu’ah Al-Atsarus-Salafiyyah

Alih Bahasa: Abu Adam Abdan Syakur Al-Baliy (Hafidzahullah)

Editor: ASHHABULHADITS

 

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: