“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Sheikh Muhammad ibn Hizam - Q&A - Indonesian Version - Part 2

بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

Jawaban dari Soal-soal yang di tujukan kepada Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Hizam Al-Fadhliy Al-Ba’daniy, (Semoga Allah melindungi dan menjaganyadan memberikan manfaat islam dan muslimin dengannya.)

*******

Tanya: Kami berangkat haji lalu mobilnya kecelakaan dan tewas 6 orang, apa yang harus dilakukan terhadap supir?

Jawab: Supir jika dia yang bersalah dan menyebabkan tewasnya mereka, mungkin karena dia ngebut atau tidak hati-hati, maka dia yang menanggung tebusan dan diyat nya bagi keluarga mayat. Kecuali mereka memaafkan dan kafaroh nya setiap orang membebaskan 1 leher. Yaitu membebaskan budak laki laki atau wanita. Jika tidak mampu, dia puasa dua bulan berturut-turut, jika tidak mampu maka memberikan makan 60 orang miskin bagi setiap satu orang yang tewas. Jika tidak mampu, maka tunggu sampai mampu. Dan jika dia tidak bersalah, mungkin ada truk yang menabrak nya dan memang salah supir truk, maka supir truk yang menanggung. Tinggal jika ban nya pecah, kelihatannya yang salah sopir, mungkin tidak berhati-hati dijalan atau tidak memeriksa ban. Mesti ada penyebabnya, walaupun sedikit, dia yang menyupir dan membawa mereka kepada paku atau lubang, maka dia penyebabnya, walaupun cuma tipis, maka dia yang menanggung. Kalau ada sebab yang besar, misalnya ada truk yang menabrak nya, maka yang lebih besar itu yang menanggung.

 الســــــــــؤال الأول: ذهبنا مرة إلى الحج وحصل أن انقلبت السيارة ومات ستة أشخاص فماذا على السائق ؟

 الإجــــــــــــــــابة : السائق إذا حصل منه الخطأ وتسبب في موتهم كأن يكون مسرعاً جداً أو ما انتبه فيتحمل السائق الكفارة والدية لأهل الأموات لا أن يسمحوا والكفارة عليه على كل شخص عتق رقبة، وهو تحرير عبد أو أمة، فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين، فإن لم يستطع فيطعم عن كل شخصٍ ستين مسكينا فإن لم يستطع فتبقى في ذمته حتى يستطيع .والسائق إذا ماحصل منه أي خطأ كأن تكون شاحنة أخرى هي التي ضربته والخطأ من صاحب الشاحنة الأخرى فيتحمل صاحب الشاحنة الأخرى ، بقي إذا انفجر الإطار الظاهر أن السائق تسبب ربما ما انتبه في الطريق أو ما تفقد الإطار ،ما يخلوا من تسبب أقل شيء هو الذي ساق وأتى بهم إلى ذلك المسمار أو تلك الحفرة فله تسبب فلو وجد منه أدنى تسبب يتحمل ، .بقي لو كان هناك متسبب أعظم ، مثلاً صاحب شاحنة أخرى هو الذي صدمها فذاك المتسبب الأعظم هو الذي يتحمل

*******

Tanya: Bagaimana jiwa-jiwa itu menjadi budak sesuai syariat ?

Jawab: Apabila Kaum Muslimin berperang dengan kuffar, dan menang, maka harta orang kafir yang diambil itu ghanimah, dan yang ditahan dari laki-laki dan perempuan itu budak, jika itu pilihan sang pemimpin.

Bisa juga dia tukarkan dengan muslim yang ditahan musuh, bisa juga dia kasih mereka rizki, jika dia melihat ada maslahatnya.

Allah berfirman :

فإما منا بعد وإما فداء حتى تضع الحرب أوزارها

“Bisa rizki setelah nya atau tebusan, hingga selesai perang”.

Dan semua yang kita sebutkan tadi pernah dilakukan oleh Nabi Shallallahu’ Alaihi Wasallam, dan kebanyakan perbuatan beliau dijadikan budak, inilah cara yang syar’i dalam perbudakan.

Walaupun dia masuk islam setelah ditawan, tetapi masih budak, akan tetapi lebih baik dibebaskan, dan dia masuk islam sebagai penguat islam, maka seharusnya disegerakan membebaskan para budak tersebut.

Adapun pada hari ini, maka ghanimah (harta rampasan) yang paling besar adalah selamatnya kaum muslimin dari keburukan kuffar, Inna lillahi wa Inna Ilaihi Raaji’un.

Ghanimah yang besar adalah selamatnya muslimin dari keburukan kuffar diutamakan, dari memerangi mereka ke negeri mereka, dan mengambil harta mereka dan menawan laki-laki dan perempuannya.

 الســـــــؤال الثاني : كيف تصير الأنفس عبيداً بطريقة شرعية ؟

 الإجــــــــــــــــابة : إذا غزا المسلمون الكفار وانتصروا عليهم فما أخذوه من أموالهم يعتبر غنيمة ، وما أمسكوه من الرجال والنساء يكونون عبيداً وإماء، إذا اختار ذلك الإمام، وله أن يفدي بهم بعض المسلمين المأسورين وله أن يمن عليهم إذا رأى في ذلك مصلحة، قال تعالى (فإما منا بعد وإما فداء حتى تضع الحرب أوزارها) وقد فعل النبي صلى الله عليه وسلم جميع ما ذكرناه، وأكثر فعله صلى الله عليه وسلم هو الاسترقاق، هذه هي الطريقة الشرعية في الرِق. حتى وإن أسلم بعد أن أُسر يصير رقيقاً عند المسلمين، لكن عتقه أفضل، وقد أسلم تشجيعا على الإسلام، ينبغي أن يسارع في عتقهم، أما في هذه الأيام فأعظم غنيمة أن يسلم المسلمون من شر الكافرين، وإنا لله وإنا إليه راجعون، غنيمة عظيمة أن يسلم المسلمون من شرور الكافرين، فضلاً عن أن يغزوهم إلى بلدانهم ويغنموا أموالهم ويسبون رجالهم ونسائهم.

*******

Tanya: Jika seorang menceraikan istri ketika haidh atau nifas, apakah dianggap satu cerai??

Jawab:  Dari Ibnu Umar dalam Shahihain, bahwa beliau mentalak istrinya dalam keadaan haidh, dan dia mengatakan dalam sebuah riwayat Bukhari : Dan dihitung talaknya bagi saya, dihitung atasnya satu talak.

Dan dalam shahihain, dikatakan kepada beliau : Apakah dianggap dengan talak itu tadi ?

Dijawab : Dan kenapa tidak dihitung? Bagaimana jika tidak mampu atau merasa bodoh…

Yaitu jika melanjutkan talak dan tidak rujuk, bagaimana tidak diitung, dan sungguh dia sudah dicerai.

Maka mayoritas ulama, itu dihitung satu talak, dan telah salah barang siapa berkata dengan menyelisih itu.

 الســـــــؤال الثالث : إذا طلق الرجل زوجته في حال حيضها أو نفاسها هل تحتسب عليه طلقة ؟

 الإجــــــــــــــــابة : ثبت عن ابن عمر في الصحيحين أنه طلق امرأته في حال حيضها وأنه قال كما في رواية البخاري “فحسبت علي من طلاقها ” حسبت علي.ه طلقة، وفي الصحيحين قيل له اعتددت بتلك التطليقة, قال وماله لا يُعتد بها أرأيت إن عجز أو استحمق , ـ أي إذا استمر بطلاقه ولم يراجع، كيف ما تحسب عليه وقد طلق، فالذي عليه عامة أهل العلم أنها تحسب عليه تطليقة، وأخطأ من قال بخلاف ذلك

*******

Tanya: Jika para wanita berkumpul, apakah boleh mereka angkat suara dalam takbir, pada hari raya?

Jawab: Para wanita tidak boleh angkat suara ketika takbiran, kalau mau bertakbir bersama manusia dengan suara yang rendah sebagaimana kesepakatan ulama.

الســـــــــؤال الرابع : النساء إذا اجتمعن هل لهن أن يرفعن أصواتهن بالتكبير يعني في العيدين ؟

 .الإجــــــــــــــــابة : النساء لايرفعن أصواتهن بالتكبير يكبرن مع الناس مع خفض الصوت، بإجماع أهل العلم

*******

Tanya: Jika ada madzi keluar, dan kadang sebagian waktu tidak keluar kecuali tengah shalat, dan tertunda dan setelah shalat keluar ? .

Jawab: Jika dia merasa keluar, maka wudhu dan mengulang shalat, karena jarang, tidak seperti penyakit kencing. Jika kena anyan (penyakit) pada madzi maka beda lagi, akan tetapi jika kadang datang disebagian waktu maka hendaknha dia keluar dan berwudhu, dan sebaiknya berhati-hati, jika dia tidak sadar, karena keluarnya madzi cepat, tetapi dalam keadaan jalan atau mulai shalat, keluar darinya. Adapun jika seorang tadi terkena penyakit anyan madzi, maka sama hukumnya dengn anyan kencing, dia cukup perciki tempat yang kemungkinan besar tempat keluarnya, untuk mensucikan, dan dia cukup wudhu setiap shalat.  Dan hanya dengan Allah petunjuk.

 الســـــــــؤال الخامس : إذا حصل خروج المذي فربما بعض الأوقات ما يخرج منه إلا في أثناء الصلاة، يتأخر عليه وبعد أن يصلي يخرج منه ؟

 الإجــــــــــــــــابة : إذا شعر بخروجه يخرج ويتوضأ ويعيد الصلاة لأن هذا نادر ليس كسلس البول، وإذا أصيب بسلس في المذي يكون شيئا آخر، لكن إذا كان يتعرض له بعض الاوقات فيخرج ويتوضأ، وينبغي للإنسان أن يبتعد عن أهله قرب وقت الصلاة لأنه ربما سبب له شيئا من ذلك ،مايشعر بخروج المذي سريعاً، ولكن بعد أن يمشي أو يبدأ بالصلاة يخرج منه، وأما إن كان رجلا مبتلى بسلس المذي فحكمه حكم سلس البول .ينضح شيئا من الماء على المكان الذي يغلب على ظنه خروجه فيه لإزالة النجاسة، ويتوضأ لكل صلاة، وبالله التوفيق

*******

Tanya: Jika seorang tertimpa musibah dan dia sujud syukur untuk Allah, karena dia ridho dengan ketentuan Allah dan takdir-Nya, apakah benar perbuatan dia, dan apakah syukur termasuk tingkatan sabar?

Jawab: Tidak ada dari Nabi Alaihis Shalaatu Was Salaam sujud syukur dalam tempat ini, padahal beliau adalah orang yang paling sabar dan yang paling ridha dengan ketentuan dan takdir Allah dan beliau adalah orang yang paling bisa bersyukur kepada Allah, walau demikian beliau tidak pernah sujud syukur ketika musibah.

Maka sepatutnya hal itu ditinggalkan. Dan yang ada sujud adalah ketika tambahnya nikmat.

Dan tidak ragu lagi bahwa seorang jika mencapai tingkat syukur dan ridho, maka dia akan menganggap musibah sebagai nikmat baginya, karena dia lihat menghapus dosanya dan juga sebagai pelajaran atas nya agar dia tunduk, taat dan kembali kepada Allah.

Seorang yang bersyukur, seorang yang ridho, seorang yang sabar dia melihat musibah sebagai nikmat baginya , namun tidak ada dari Nabi kita alaihis shalaatu was salaam perbuatan ini ataupun para nabi atau pun orang shalih tentang perkara ini, maka tinggalkanlah.

 الســـــــــؤال السادس : إذا أصيب شخص بمصيبة فقام يسجد شكراً لله لأنه رضي بقضاء الله وقدره ، هل يصح هذا الفعل وهل الشكر من مراتب الصبر ؟

 الإجــــــــــــــــابة : ما ورد عن النبي عليه الصلاة والسلام سجود الشكر في هذا الموضع مع أنه أصبر الناس وأشدهم رضاً بقضاء الله وقدره وأشكرهم لله ، ومع ذلك ماسجد سجود الشكر عند المصيبة ، فينبغي تركه ـ  والذي ورد عند تجدد النعم، ولاشك أن الإنسان لو بلغ مرتبة الشكر والرضى فإنه يرى المصائب نعمة عليه لمايرى من تكفيرها للذنوب ويراها أيضاً تأديبا له خضوعاً ورجوعاً وتضرعاً إلى الله، فالشاكر الراضي الصابر يرى المصيبة نعمة عليه ، ولكن ما ورد عن نبينا عليه الصلاة والسلام هذا الفعل ولا ورد عن الأنبياء ولا عن الصالحين هذا الأمر ـ .فيجتنب

*******

Tanya: Apakah Al Khair termasuk nama Allah?

Jawab: Allah berfirman :

والله خيرٌ وأبقى

“Dan Allah lebih baik dan lebih kekal.”

Benar ia termasuk nama Allah yang baik, yang ditetapkan oleh Ibnu Taimiyah Rahimahullah.

الســـــــــؤال السابع : هل الخير من أسماء الله سبحانه وتعالى ؟

 الإجــــــــــــــــابة : قال الله تعالى (والله خيرٌ وأبقى) ـ نعم من الأسماء الحسنى وأثبته شيخ الإسلام رحمه الله 

******

Tanya: Apakah haram bersandar dengan tangan kiri, dan apakah ada dalilnya?

Jawab: Ada hadits tentang ini, bahwa seorang bersandar dengan tangan kiri ke belakang punggungnya, maka Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda kepadanya :

أتقعد قعدة المغضوب عليهم

“Apa kamu duduk seperti duduknya orang-orang yang dimurkai atas mereka”.

Jadi, bersandar dengan tangan kiri di belakang punggung ada larangannya, maka dihindarilah. Jika dia bersandar maka terkena larangan, apakah dia genggam atau dia lepas. Jika dia bersandar tangan kiri saja. Adapun jika dengan tangan kanan atau dua-duanya maka yang utama ditinggalkan, tapi yang datang larangan adalah dengan tangan kiri. 

Hadits nya bisa naik derajat Hasan dan semua jalan nya, datang dari Asy Syarid bin Suwaid dalam riwayat ahmad dan yg lain. Dan semisalnya dari Ibnu Umar, riwayat Ahmad dan Abu Daud.

الســـــــــؤال الثامن : هل يَحرُم الاتكاء على اليد اليسرى وهل ورد تحريم ذلك في دليل ؟

 الإجــــــــــــــــابة : جاء ذلك في حديث أن رجل كان متكئاً على يده اليسرى إلى خلف ظهره فقال له النبي عليه الصلاة والسلام أتقعد قعدة المغضوب عليهم  فالاتكاء على اليد اليسرى خلف الظهر ورد النهي عن ذلكـ ـ فيجتنب، إذا اتكأ يشمله النهي سواء بسطها أو قبضها ، إذا اتكأ على اليد اليسرى فقط. أما إذا اتكأ على اليمنى أو على اليدين فالأفضل الترك ولكن النهي جاء في الاتكاء على اليد اليسرى. الحديث يرتقي إلى الحسن بمجموع طرقه ، جاء عن الشريد بن سويد عند أحمد وغيره، وجاء بنحوه عن ابن عمر عند أحمد وأبي داود .

******

Tanya: Siapa yang membaca surat setelah Al-Fatihah ketika shalat jahriyyah, apakah dosa?

Jawab: Iya, kau diperintahkan diam setelah Fatihah, ketika shalat jahriyyah engkau disuruh diam karena bacaan imam.

فإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا

“Apabila dibacakan Al-Qur’an maka dengarkan dan diam lah.”

Bersabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam :

لاتفعلوا إلا بفاتحة الكتاب

“Janganlah kalian perbuat kecuali dengan Al-Fatihah”

Yaitu jangan kalian baca kecuali dengan al-fatihah, maka tidak boleh, jika engkau menyengaja engkau berdosa, dan jika lupa atau tidak sengaja, maka juga diulang.

 الســـــــــؤال التاسع : من قرأ سورة بعد سورة الفاتحة في الصلاة الجهرية فهل يأثم ؟ 

 الإجــــــــــــــــابة : نعم ـ أنت مأمور بالإنصات بعد قراءة الفاتحة،”فإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا” في الصلاة الجهرية مأمور أن تنصت لقراءة الإمام قال النبي عليه الصلاة والسلام “لاتفعلوا إلا بفاتحة الكتاب” أي لاتقرأوا إلا فاتحة الكتاب ، فلايجوز ـ فإن تعمدت ذلك أثمت وإن حصل خطأ أو نسيان فلا تعد .

******

Tanya: Bagaimana hukumnya hajar, dengan arti lain dua kabilah berseteru, dan di tengahi oleh hakim, dan ditentukan sebagai pelajaran untuk salah satu qabilah, seperti ketentuan dengan dua kerbau atau tebusan uang yang mencapai ratusan ribu?

Jawab: Adapun yang berkaitan dengan sembelihan, tidak oleh, Allah melaknat orang yang nyembelih untuk selain Allah” riwayat Muslim dari Ali Radhiyallahu anhu

فصل لربك وانحر

“Maka shalatlah untuk Rabb mu dan sembelihlah”

 قل إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لاشريك له 

“Katakan sungguh shalat ku dan sembelihan ku dan hidup dan mati ku untuk Allah Rabb semesta tidak ada sekutu bagi-Nya.”

Katakan sungguh shalat ku dan sembelihan ku dan hidup dan mati ku untuk Allah Rabb semesta tidak ada sekutu bagi-Nya.

Jadi tidak boleh membuat dia Ridha dengan sembelihan, dan juga dengan membawa kerbau untuk nya.

Membawa binatang ternak cuma untuk Baitul haram. (Membawa sembelihan)

Meminta keridhoan dengan harta atau meletakkan yang kita sebut dengan meletakkan imamah atau senjata atau semisalnya, maka yang demikian tidak mengapa.

Dan yang ada pada zaman nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mereka pergi kepada sesama muslim dan mohon maaf

Mereka sambung ke rumah mereka dan tempat tinggalnya, mengaku salah dan mohon maaf, Ini cukup agar sampai kepadamu, tanpa butuh seperti sangsi.

Walaupun tidak apa-apa, dengan sanksi jika ada yang luka diantara mereka.

Tapi awal kali adalah minta damai, baru kemudian di hukum dengan yang syari’

Kita ridho atas kalian dengan apa yang Allah tentukan.

Adapun sembelihan tidak boleh, dan jika mereka masih saja ngotot perang, walaupun sampai tumpah darah, mendingan daripada syirik kepada Allah.

*******

الســـــــــؤال العاشر : ماحكم الهجر، بمعنى آخر قبيلتان تخاصمتا فحكم بينهما حاكم بأدب على إحدى القبيلتين كأن يحكم بثورين أو غرامة مبالغ تصل إلى مئات الآلآف ؟

الإجــــــــــــــــابة : أما مايتعلق بالذبائح لايجوز ” لعن الله من ذبح لغيرالله ” أخرجه مسلم عن علي رضي الله عنه ، ” فصل لربك وانحر” ” قل إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لاشريك له ” فلايجوز أن يرضيه بالذباحة ولايجوز أن يرضيه أيضاً بِسَوقِ الثور إليه ، فسوق الأنعام إنما يكون للبيت الحرام ـ سوق الهدي ـ وإنما إذا أرضاه بتأديب بالمال فأمر طيب، إرضاء بالمال أو بوضع بما يُسمى عندنا بالجاه وضع العمائم أو وضع السلاح أو ما أشبه ذلك فلا بأس، والذي كان عليه في عهد النبي صلى الله عليه وسلم أن يذهبوا إليهم ويطلبوا العفو ، يصلون إليهم إلى بيوتهم وإلى ديارهم يعترفون بالخطأ ويطلبون العفو ـ هذا كافي أن يصل إليك بدون مايسمى بالتأديبات هذه ولكن أيضاً لابأس بالتأديب إذا كان قد جرح منهم فهذا لابأس به ، لكن أولاً طلب الصلح ثم بعد ذلك يحكمونهم بالحكم الشرعي ـ نرضيكم بما حكم الله عزوجل ، والذبح ما يجوز وإن أصروا عليه ولو استمر القتال ولو أدى إلى سفك الدماء أهون من الشرك بالله 

*******

Faedah dikirim oleh Abu Usamah Zaid As-Srilangkay (Hafidzahullah) di Majmu’ah Al-Atsarus-Salafiyyah

Alih Bahasa: Abu Adam Abdan Syakur Al-Baliy (Hafidzahullah)

Editor: ASHHABULHADITS

Iklan

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: