“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

SIRIH PINANG

Tanya: Di negeri ini sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat kalau mereka akan membuka lahan untuk perkampungan atau membuka lahan untuk perkebunan maka mereka harus melakukan SirihPinang yaitu permohonan izin kepada para makhluk ghaib dan arwah leluhur, mereka meyakini kalau tidak melakukan itu akan menimbulkan kemadharatan dan bahaya sebagaimana pernah seseorang melakukan penebangan pohon dengan tanpa adanya pelaksanaan sirihpinang maka langsung keluar dari pohon tersebut darah seperti darah manusia, dan yang menebang langsung meninggal dunia seketika itu. Apa pendapat ustadz tentang SirihPinang ini?. (Pertanyaan dari desa Osong-SBT).

Jawab: SirihPinang yang kami ketahui dari kebiasaan orang Buton adalah seorang wanita tua mengunyah isi dari buah pinang dan daun sirih, terkadang ditumbuk lalu dikunyah-kunyah dan setelah itu dipakai untuk isi kolungku yang diletakan di kamar pusaka, dan kami tidak mengira ternyata kebiasaan ini ada pula di Seram Bagian Timur ini.

Perkara tersebut adalah dibuat-buat oleh para dukun dan tukang sihir, mereka bekerja sama dengan para jin, para jin bertindak sebagai makhluk ghaib atau mengaku sebagai arwah leluhur dan mengaku sebagai nenek moyang, sementara para dukun dan tukang sihir menakut-nakutkan dengan bahaya bila sirihpinang ini tidak dilakukan, para jin pun mencoba mengganggu dengan membuat tipu daya. Barangsiapa melakukan sirihpinang ini maka sungguh dia telah melakukan persekongkolan dan kerjasama dengan para jin dan para dukun serta tukang sihir, maka tentu mereka semua tidak akan menang dengan melakukan sirihpinang ini, Allah Ta’ala berkata:

(وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُ حَيْثُ أَتَىٰ)

“Dan tidaklah menang tukang sihir, dari manapun dia datang”.

Mereka meyakini dengan keyakinan yang salah bahwa siapa yang tidak melakukan sirihpinang ini ketika akan membuka lahan maka dia akan mendapatkan kemadharatan dan petaka, ini adalah keyakinan yang salah, bahkan justru mereka yang melakukan sirihpinang ini mendapatkan petaka dan bahaya karena mereka telah melakukan penyelisihan terhadap perintah Allah Ta’ala, Allah Ta’ala berkata:

(فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ)

“Maka hendaklah takut orang-orang yang menyelisihi dari perintah-Nya akan ditimpakan kepada mereka petaka atau ditimpakan kepada mereka azab yang pedih”.

Allah Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah memerintahkan kita untuk menyerahkan semua perkara kepada Allah, jika kita memiliki tekad untuk melakukan sesuatu maka cukuplah bagi kita meminta pertolongan kepada Allah dan bertawakkal kepada-Nya, Allah Ta’ala berkata:

(فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ)

“Jika kamu telah bertekad maka bertawakkallah kepada Allah, sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakkal (kepada-Nya)”.

Orang yang melakukan sirihpinang maka dia telah melakukan kesyirikan dengan menjadikan selain Allah sebagai tandingan Allah dalam suatu perkara, orang yang melakukan sirihpinang ini benar-benar akan mendapatkan petaka dan bahaya, dia tidak akan menang dalam kehidupannya dan bahkan dia akan selalu menderita, Allah Ta’ala katakan:

(وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ سَحِيقٍ)

“Barangsiapa menyekutukan Allah maka seakan-akan dia jatuh dari langit lalu disambar oleh burung atau diterbangkan oleh angin ke tempat yang jauh”.

divider_green_leaves2

Ditulis oleh: Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Mulkiy Al-Limboriy (Hafidzhullah)

di Naslim-SBT, Indonesia/ 23 Rabiuts Tsaniy 1437 H

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: