“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya jawab bersama syaikh Muhammad bin Hizam  Rabiul awal 1437

بسم اللّــــه الرحمـــــــــن الرحيم

إجابةٌ لمجموعةٍ من الأسئلة  لشيخنا الفقيه أبي عبد الله محمد بن علي محمدحزام الفضلي البعداني حفظه اللّــــه ورعاه ونفع .

✏Jawaban dari Soal soal yang di tujukan kepada Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Hizam Al Fadhliy Al Ba’daniy semoga Allah melindungi dan menjaganya, dan memberikan manfaat islam dan muslimin dengannya.

والتي أجاب عنها حفظه الله في ليلة السبت غرة ربيع الأول لسنة ١٤٣٧هــــ.
Malam sabtu pertengahan rabiul awwal 1437 H
📩الســـــؤال الحادي و العشرون :

رجل توضأ لصلاة العصر وصلى العصر ثم بعد ذلك ذهب إلى دورات المياة فوجد قطرات من البول في سراويله فماذا عليه أن يفعل وهل صلاته صحيحة أم عليه الإعادة ؟

Seseorang wudhu untuk shalat ashar, dan kemudian shalat ashar, kemudian dia pergi ke kamar mandi, dan mendapati tetesan  kencing di sirwalnya, maka apa yang harus dia perbuat, apakah shalatnya sah, atau dia harus ulang ?

📝الإجــــــــــــابة:-

وأما إن كان الأمر مشكوكاً لاتدري متى خرجت القطرات قبل الصلاة أم بعد الصلاة  فالأصل هوصحة الصلاة ولايحكم عليها بالبطلان بمجرد الشك. إن تيقنت أن القطرات خرجت منك في وقت الصلاة أو قبل الصلاة فعليك الإعادة إلا أن تكون ممن ابتلي بسلس البول فلا إعادة عليك لأن هذا غاصبٌ فلاحرج عليك

Jika engkau yakin bahwa tetesan itu darimu, keluar ketika shalat, atau sebelumnya, maka wajib engkau mengulang, kecuali orang yang terkena penyakit anyan, maka tidak perlu, karena ini memaksanya.Adapun jika di ragukan, engkau tidak  tau kapan keluarnya, sebelum atau setelah shalat, maka secara asal adalah sah shalatnya  dan tidak batal dengan  sekedar ragu.

—————————————–
📩الســـــؤال الثاني و العشرون :-
ماحكم السكتة بعد الفاتحة ؟
Apa hukum diam sejenak setelah al-fatihah ?

📝الإجــــــــــــابة ؛-

الحديث الوارد فيها  اختلف فيه أهل العلم منهم من يحسنه ومنهم من يضعفه والأقرب هوضعف الحديث وعليه فالأقرب عدم السكوت فإن سكت الإمـــــام شيئا يفكر بماذا سيقرأ حتى يأخذ نفساً شيء يسير لايتعمد السكوت إلا أن يكون يفكر بشيء يقرؤه من القرآن يأخذ نفسا له ً فلابأس، فالحديث أصح مافيه التضعيف ومن عمل بالحديث بتحسين من حسنه من أهل العلم وسكت فلاينكر عليه لأن المسألة اجتهادية في تحسين الحديث وتضعيفه ولايمكن أن تحكم عليه أنه ابتدع بسكوته ذاك لأنه مبني على الاختلاف في الحديث، سكتة يسيرة يقولون حمله الشافعية على أنها لقراءة الفاتحه وبعض الحنابلة أيضاً والحديث نفسه قد اختلف في ذكر محل السكتة فبعضهم ذكر بعد قراءة الفاتحة وبعضهم ذكر بعد إتمام القراءة قبل الركوع .

Hadits yang ada,diperselisihkan para ulama, ada yang menghasankan , ada yang mendhaifkan, yang paling dekat yang mendhaifkan, jadi yang lebih dekat kebenaran adalah tidak usah diam.  Jika seorang imam diam memikirkan sesuatu, apa yang mau dibaca , mengambil nafas sedikit , tidak sengaja diam, kecuali dia memikirkan sesuatu yang dibaca dari quran dan ambil nafas , maka yang demikian tidak apa-apa. Maka haditsnya , yang paling benar hukumnya adalah dhaif , dan yang mengamalkan dengan peng hasan an sebagian ulama, dan dia diam , maka tidak perlu diingkari , karena ini perkara ijtihadiyah  dalam penghasanan dan pendhaifan hadits. Dan tidak mungkin diamnya di hukumi bid’ah, karena ini adalah masalah perselisihan dalam hadits,  diam sebentar,  para syafi’iyah mengatakan nya adalah untuk bacaan alfatihah, dan sebagian hanabilah juga , dan hadits ini sendiri ada perbedaan dalam penyebutan tempat diamnya, ada yang menyebutkan setelah bacaan al-fatihah dan ada yang mngatakan  setelah selesai membaca surat dan sebelum ruku.

——————————————–
📩الســؤال الثالث و العشرون :-

رجلٌ متزوج بامرأتين فرضعت بنت إحداهن من الأخرى فهل صار إخوان المرأة الثانية أخوال له؟
Seorang nikah dengan dua wanita, salah satu putri keduanya nyusu kepada yang lain, apakah saudara perempuan tadi jadi paman bagi anak tersebut ?

📝الإجــــــــــــابة:-
نعم إخوان لها من الرضاعة إخوة أمها من النسب إخوانها من النسب وإخوة أمها من الرضاعة إخوانها من الرضاعة وصاروا محارم لها

Benar, saudara baginya dari susuan , saudara ibunya dari nasab , saudaranya senasab, dan suadara ibunya dari susuan, dan saudara dia sesusuan , mereka mahram baginya.

📩الســــؤال الرابع و العشرون :-

هل يدخل في وجوب صلة الأرحام صلة الأرحام من الرضاع ؟
Apakah termasuk silaturrahim kepada  sepersusuan ?
📝الإجــــــــــــابة:-

الرضاع محرمية فقط ليس بينهم رحم فهي من باب المحرمية صارت محرماً له ولكن أدلة صلة الأرحام لايدخل فيها الرضاع لأن الرضاع ليس من الرحم ومع ذلك فالأفصل أن يوصلون لماصار بينهم من العلاقة التي شبهها النبي صلى الله عليه وسلم بالرحم ، (يحرم من الرضاع مايحرم من النسب) ،فإذا تيسرت الصلة فهو أمر طيب والله المستعان.

Penyusuan hanya  kemahraman saja, tidak ada ke rahiman antara mereka, jadi hanya mahram saja, namun dalil menyambung rahim adalah tidak masuk dalam susuan, karena susuan bukan rahim, bersamaan dengan itu yang lebih utama adalah menyambung karena ada hubungan yang di serupakan oleh nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan  rahim (di haramkan dari susuan apa yang haram dari nasab) jika mampu silaturrahim maka hal itu lebih baik dan kepada Allah-lah memohon pertolongan.

——————————————

📩الســــــؤال الخامس و العشرون :-

رجل قرأ الفاتحة في الصلاة بدون شعور ثم رجع وقرأها مرة أخرى هل صلاته صحيحة؟
Seorang baca Al-fatihah ketika shalat tanpa menyadarinya , kemudian baca lagi apakah sah shalat nya ?
📝الإجــــــــــــابة:-
إن حصل هذا وأعدت قراءتها نادراً فلابأس الإنسان يؤجر على صلاته بخشوعه فيها في تدبره للقرآن ولأن الفاتحة ثناء على الله ودعاء ويحتاج إلى حضور القلب بذلك وأما أن تكون دائماً وأنت على هذا الحال فتفتح على نفسك باب الوسواس فما تخلوا صلاة إلا وأنت تعيد قراءتها فهذا العمل محدث لايجوز أن تبقى على هذا الحال ،فإذا حصل نادراً وأعدت قراءتها فلابأس قال تعالى: ” أفلايتدبرون القرآن أم على قلوبٍ أقفالها ”  وقال تعالى:  ” أفلايتدبرون القرآن ولوكان من عند غير الله  لوجدوا فيه اختلافاً كثيرا “

Jika ini terjadi dan engkau mengulang bacaannya jarang-jarang maka tidak mengapa, seorang diberi pahala karena shalatnya, khusyu’ dalam shalat dan penghayatan dia kepada alqur’an , dan karena al fatihah adalah merupakan pujian untuk Allah, dan doa itu butuh akan hadirnya hati , adapun jika selalu seperti itu, maka kau buka pintu waswas pada hatimu , dan mesti engkau ketika shalat engkau ulang-ulang bacaan al-fatihah, ini adalah amalan yang baru , tidak  boleh engkau terus menerus seperti ini, jika kadang-kadang dan engkau kemudian  mengulang, maka tidak mengapa.
Allah berfirman : “Tidakkah mereka mentadaburi al-qur’an, ataukah hati-hati mereka itu ada tutupannya ?”
Dan Allah juga berfirman : tidakkah mereka mentadaburi al-qur’an, kalaulah dari selain Allah pastilah mereka akan dapati perselihan yang banyak.

——————————————

📩الســــــؤال السادس و العشرون :-
هل الجن من المسلمين يدخلون الجنة على صورة آدم عليه السلام ؟
Apakah jin muslim juga masuk surga sebagaimana bentuk Adam alaihissalam
📝الإجــــــــــــابة:-

لا ،الذي عندنا في الأدلة أن الخطاب للإنس،النبي صلى الله عليه وسلم قال:( أهل الجنة يدخلون على صورة أبيهم آدم) والجن ليس أباهم آدم ولكن نؤمن أن الجن المسلمين ينعمون في الجنة كما ينعم الإنس المسلمون وينعمون أيضاً بما ذكره الله سبحانه وتعالى من نساء الجنة ومن شراب وأكل أهل الجنة ويدل على ذلك سورة الرحمن بتمامها فالله عزوجل خاطب بها الجن والإنس قال تعالى: ” فبأي آلاء ربكما تكذبان ” وذكر الحور العين وقال”لم يطمثهن  إنس قبلهم ولا جان” .

Tidak, dalil yang ada pada kami hanya ditujukan pada manusia.Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda : penduduk surga masuk dengan bentuk bapak mereka Adam. Tapi kita beriman bahwa jin muslim dapat nikmat di surga sebgaiamana orang muslim juga, seperti yang Allah sebutkan dari perempuan surga dan minuman dan makanan penduduk surga. Dan dalilnya adalah surat ar Rahman semuanya. Allah mengajak bicara dengannya manusia dan jin.
Allah berfirman : “Maka kenikmatan Rabb yang mana yang kalian dustakan?” Dan menyebutkan bidadari bermata jelita  yang tidak pernah sebelumnya di sentuh manusia maupun jin. 

———————————————–

📩الســــؤال السابع و العشرون : –

إذا أتيت إلى مسجد يصلون العصر وقد صليت العصر وسبقوني بركعتين فهل أصلي معهم ركعتين أم أربع ؟
Jika saya datang ke masjid , dan mereka shalat ashar , dan saya sudah sholat ashar, dan mereka sudah melaksanakan dua raka’at, apakah saya shalat bersama mereka 2 rakaat 4 rakaat ?
📝الإجــــــــــــابة:-

يجوز لك الحالان

فلك أن تُصلي ركعتين بنية نافلة مطلقة تصليها معهم جماعة ، ولك أن تصلي أربعاً فإذا سلم الإمام قمت وأتممت الركعتين  فكلاهما جائز ، دليل الأول أن يصلي ركعتين أن اختلاف النيات جائز في الشرع فقد كان معاذ يصلي العشاء نافلة وقومه يصلون خلفه فريضة كمافي الصحيحين عن جابر فاختلاف النية لابأس بها بين الإمـــــام والمأموم فأنت تصلي ركعتين نافلة لله مطلقة والإمام يصلي العصر فلابأس باختلاف النية ،ولك أن تصلي نفس الصلاة لحديث يزيد بن الأسود أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى رجلين لم يصليا معه في صلاة الفجر قال :(ما منعكما ان تصليا معنا )قالا قد صلينا قال:( لاتفعلا إذا صليتما في رحالكما ثم أدركتما الإمـــــام ولم يصلِ فصليا معه فإنها لكما نافلة) أي تلك الصلاة   وجاء أيضاً عن رجل من الصحابة كما في مسند أحمد أنه مرعلى النبي صلى الله عليه وسلم بغنم فمربهم وهم يصلون الظهر فلما رجع قالوا له مامنعك أن تدخل تصلي معنا الظهر قال كنت قد صليتها قال النبي صلى الله عليه وسلم :(وإن) ، أي وإن قد صليتها فتصلي مع القوم .

Ada dua cara yang boleh bagimu. Bisa kamu shalat dua rakaat dengan niat nafilah muthlaq, kau shalat bersama mereka jama’ah. Dan bisa juga kau shalat 4 rakaat , jika imam salam , kau bangun dan meyempurnakan 2 rakaat , boleh dua-duanya. Dalil untuk yang pertama , shalat dua raka’at, yaitu perbedaan niat boleh secara syariat. Muadz shalat isya secara nafilah bersama kaumnya dan mereka shalat wajib di belakangnya. Sebagaimana dalam shahihain dari Jabir, jadi perbedaan niat tidak apa-apa  antar imam dan makmum , kamu shalat dua rakaat nafilah muthlaq, karena Allah dan imam shalat ashar maka tidak mengapa beda niat. Dan engkau boleh shalat itu sendiri, sebagaimana hadits Yazid bin Aswad bahwa nabi shallallahu alaihi wa sallam melihat dua orang tidak shalat fajar bersama beliau, beliau berkata :”apa yang menghalangi kalian shalat dengan kami ?”Mereka jawab : “Kami sudah shalat”.Beliau bersabda : ” Jangan begitu, jika kalian shalat di rumah, dan mendapati imam shalat, dan belum selesai maka shalat bersamanya,  itu nafilah bagi kalian. Maksudnya adalah shalat yang dilakukan tadi. Dan ada juga dari seorang sahabat , sebagaimana dalam musnad Ahmad, bahwa dia berpapasan dengan nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan kambing , dan mereka shalat zhuhur, tatkala dia pulang, mereka katakan dengan sahabat tadi: “Apa yang menahanmu untuk sholat bersama kami? Orang yang ditanya itu menjawab : ” Saya sudah shalat,” nabi shallallahu alaihi wa sallam pun bersabda : walaupun kalian sudah shalat , shalatlah bersama orang-orang.

والحمـــــد للّه رب الـعالـمين

Kumpulan fatwa Asy-Syaikh Muhammad ibn Ali ibn Hizam hafidzahullah

💫مجمــوعة:- فتاوى الشيخ محمد بن علي بن حزام حفظه اللّــــه

Faedah dikirim oleh Abu Usamah Zaid As-Srilangkay hafidzahullah dimajmu’ah Al-Atsarus-Salafiyyah

Alih bahasa: Abu Adam Abdusy-Syakur Singaraja Al-Baliy hafidzahullah

buku png

Naskah asli 

بسم اللّــــه الرحمـــــــــن الرحيم

      📝📝📝📝📝📝

إجابةٌ لمجموعةٍ من الأسئلة  لشيخنا الفقيه أبي عبد الله محمد بن علي محمدحزام الفضلي البعداني حفظه اللّــــه ورعاه ونفع .

⏬.. ⏬⏬⏬⏬⏬⏬
والتي أجاب عنها حفظه الله في ليلة السبت غرة ربيع الأول لسنة ١٤٣٧هــــ.

📩الســـــؤال الحادي و العشرون :

رجل توضأ لصلاة العصر وصلى العصر ثم بعد ذلك ذهب إلى دورات المياة فوجد قطرات من البول في سراويله فماذا عليه أن يفعل وهل صلاته صحيحة أم عليه الإعادة ؟

📝الإجــــــــــــابة:-

إن تيقنت أن القطرات خرجت منك في وقت الصلاة أو قبل الصلاة فعليك الإعادة إلا أن تكون ممن ابتلي بسلس البول فلا إعادة عليك لأن هذا غاصبٌ فلاحرج عليك
وأما إن كان الأمر مشكوكاً لاتدري متى خرجت القطرات قبل الصلاة أم بعد الصلاة  فالأصل هوصحة الصلاة ولايحكم عليها بالبطلان بمجرد الشك.

📩الســـــؤال الثاني و العشرون :-

ماحكم السكتة بعد الفاتحة ؟

📝الإجــــــــــــابة ؛-

الحديث الوارد فيها  اختلف فيه أهل العلم منهم من يحسنه ومنهم من يضعفه والأقرب هوضعف الحديث وعليه فالأقرب عدم السكوت فإن سكت الإمـــــام شيئا يفكر بماذا سيقرأ حتى يأخذ نفساً شيء يسير لايتعمد السكوت إلا أن يكون يفكر بشيء يقرؤه من القرآن يأخذ نفسا له ً فلابأس، فالحديث أصح مافيه التضعيف ومن عمل بالحديث بتحسين من حسنه من أهل العلم وسكت فلاينكر عليه لأن المسألة اجتهادية في تحسين الحديث وتضعيفه ولايمكن أن تحكم عليه أنه ابتدع بسكوته ذاك لأنه مبني على الاختلاف في الحديث، سكتة يسيرة يقولون حمله الشافعية على أنها لقراءة الفاتحه وبعض الحنابلة أيضاً والحديث نفسه قد اختلف في ذكر محل السكتة فبعضهم ذكر بعد قراءة الفاتحة وبعضهم ذكر بعد إتمام القراءة قبل الركوع .

📩الســؤال الثالث و العشرون :-

رجلٌ متزوج بامرأتين فرضعت بنت إحداهن من الأخرى فهل صار إخوان المرأة الثانية أخوال له؟

📝الإجــــــــــــابة:-

نعم إخوان لها من الرضاعة إخوة أمها من النسب إخوانها من النسب وإخوة أمها من الرضاعة إخوانها من الرضاعة وصاروا محارم لها .

📩الســــؤال الرابع و العشرون :-

هل يدخل في وجوب صلة الأرحام صلة الأرحام من الرضاع ؟

📝الإجــــــــــــابة:-

الرضاع محرمية فقط ليس بينهم رحم فهي من باب المحرمية صارت محرماً له ولكن أدلة صلة الأرحام لايدخل فيها الرضاع لأن الرضاع ليس من الرحم ومع ذلك فالأفصل أن يوصلون لماصار بينهم من العلاقة التي شبهها النبي صلى الله عليه وسلم بالرحم ، (يحرم من الرضاع مايحرم من النسب) ،فإذا تيسرت الصلة فهو أمر طيب والله المستعان.

📩الســــــؤال الخامس و العشرون :-

رجل قرأ الفاتحة في الصلاة بدون شعور ثم رجع وقرأها مرة أخرى هل صلاته صحيحة؟

📝الإجــــــــــــابة:-

إن حصل  هذا وأعدت قراءتها نادراً فلابأس الإنسان يؤجر على صلاته بخشوعه فيها في تدبره للقرآن ولأن الفاتحة ثناء على الله ودعاء ويحتاج إلى حضور القلب بذلك وأما أن تكون دائماً وأنت على هذا الحال فتفتح على نفسك باب الوسواس فما تخلوا صلاة إلا وأنت تعيد قراءتها فهذا العمل محدث لايجوز أن تبقى على هذا الحال ،فإذا حصل نادراً وأعدت قراءتها فلابأس قال تعالى: ” أفلايتدبرون القرآن أم على قلوبٍ أقفالها ”  وقال تعالى:  ” أفلايتدبرون القرآن ولوكان من عند غير الله  لوجدوا فيه اختلافاً كثيرا “

📩الســــــؤال السادس و العشرون :-
هل الجن من المسلمين يدخلون الجنة على صورة آدم عليه السلام ؟

📝الإجــــــــــــابة:-

لا ،الذي عندنا في الأدلة أن الخطاب للإنس،النبي صلى الله عليه وسلم قال:( أهل الجنة يدخلون على صورة أبيهم آدم) والجن ليس أباهم آدم ولكن نؤمن أن الجن المسلمين ينعمون في الجنة كما ينعم الإنس المسلمون وينعمون أيضاً بما ذكره الله سبحانه وتعالى من نساء الجنة ومن شراب وأكل أهل الجنة ويدل على ذلك سورة الرحمن بتمامها فالله عزوجل خاطب بها الجن والإنس قال تعالى: ” فبأي آلاء ربكما تكذبان ” وذكر الحور العين وقال”لم يطمثهن  إنس قبلهم ولا جان” .

📩الســــؤال السابع و العشرون : –

إذا أتيت إلى مسجد يصلون العصر وقد صليت العصر وسبقوني بركعتين فهل أصلي معهم ركعتين أم أربع ؟

📝الإجــــــــــــابة:-

يجوز لك الحالان

فلك أن تُصلي ركعتين بنية نافلة مطلقة تصليها معهم جماعة ، ولك أن تصلي أربعاً فإذا سلم الإمام قمت وأتممت الركعتين  فكلاهما جائز ، دليل الأول أن يصلي ركعتين أن اختلاف النيات جائز في الشرع فقد كان معاذ يصلي العشاء نافلة وقومه يصلون خلفه فريضة كمافي الصحيحين عن جابر فاختلاف النية لابأس بها بين الإمـــــام والمأموم فأنت تصلي ركعتين نافلة لله مطلقة والإمام يصلي العصر فلابأس باختلاف النية ،ولك أن تصلي نفس الصلاة لحديث يزيد بن الأسود أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى رجلين لم يصليا معه في صلاة الفجر قال :(ما منعكما ان تصليا معنا )قالا قد صلينا قال:( لاتفعلا إذا صليتما في رحالكما ثم أدركتما الإمـــــام ولم يصلِ فصليا معه فإنها لكما نافلة) أي تلك الصلاة   وجاء أيضاً عن رجل من الصحابة كما في مسند أحمد أنه مرعلى النبي صلى الله عليه وسلم بغنم فمربهم وهم يصلون الظهر فلما رجع قالوا له مامنعك أن تدخل تصلي معنا الظهر قال كنت قد صليتها قال النبي صلى الله عليه وسلم :(وإن) ، أي وإن قد صليتها فتصلي مع القوم .

          تابع لأسئلة البارحة
📓📓١٨📓📓

     والحمـــــد للّه رب الـعالـمين

💫مجمــوعة:-

فتاوى الشيخ محمد بن علي بن حزام حفظه اللّــــه.

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: