“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Q O Z A ‘

1452576488556

إجابةٌ لمجموعةٍ من الأسئلة لشيخنا الفقيه أبي عبد الله محمد بن علي بن حزام الفضلي البعداني حفظه اللّــــه ورعاه ونفع به الإســلام والمسلمين.

✏Jawaban dari Soal soal yang di tujukan kepada Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Hizam Al Fadhliy Al Ba’daniy semoga Allah melindungi dan menjaganya, dan memberikan manfaat islam dan muslimin dengan nya.
Beliau hafidzahullah menjawab pertanyaan pada malam selasa 11 Rabiul Awal 1437 H.

📩الســـــــــؤال الثاني عشر : –

هل تقصير الشعر من جوانب الرأس يدخل في القزع ؟

Apakah memendekkan rambut bagian samping kepala dalam kategori Qaza’?

📝الإجــــــــــــابة:-

إذا كان أمراً ظاهراً ظهر الفرق كل من رآه يراه واضحاً فيدخل في القزع 

Apabila jelas tampak sekali bagi yang melihatnya, maka masuk dalam Qaza’

والقزع كما في الصحيحين عن ابن عمر منهيٌ عنه قال نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن القزع

Dan Qaza’ sebagaimana dalam shahihain dari Ibnu Umar terlarang 
Beliau berkata : nabi Shallallahu’alaihi Wasallam melarang qaza’.

قال وهو أن يُحلق بعض رأس الصبي ويترك بعض

Beliau lanjutkan: dipangkasnya sebagian rambut seorang anak kecil dan tidak pada bagian yang lainnya.

وهذا محرم فيه تشبه بالكفار سواء حلق أطرافه وأبقى وسطه أو حلق وسطه وأبقى أطرافه .

Ini haram, ada sisi menyerupai orang kafir, baik di pangkas ujung dan di biarkan tengahnya atau potong tengah dan di biarkan pinggirnya.

التقصير الخفيف الذي ما يظهر فيه الفرق فهذا مانستطيع أن نجزم أنه من القزع ولكن يُخشى أن يكون من التشبه بأعداء الإســلام.

Pangkasan yang tipis yang tidak nampak bedanya, kita tidak bisa memastikan termasuk dari qaza’, tapi di khawatirkan ada sisi menyerupai musuh-musuh islam.

لكن الذي يُجزم بأنه قزع ماكان ظاهراً أنه قد أُخذ من هذالمكان وتُرك بعضه .

Tapi yang pasti qaza’ yang nampak pangkasan sebelah sini dan yang lain tidak dipangkas.

فالنهي للعموم وذاك إنما تفسير من الراوي أن يؤخذ بعضه ويترك بعضه

Jadi larangannya umum, dan tadi adalah Tafsiran rawi : diambil sebagian dan dibiarkan bagian yang lainnya.

  وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم احلقوه كله أو اتركوه كل

Dan nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : pangkaslah semua atau biarkan semua.

فهذا العمل محرم

Jadi perbuatan ini adalah haram.

وما أكثر مخالفات المسلمين والله المستعان ،

Dan banyak sekali penyelewengan kaum muslimin wallahul musta’an.

مع أنه منظر قبي

Padahal potongan seperti itu adalah pemandangan yang buruk.

لكن تمسخ الفطر تمسخ فطر بعض الناس لايعقل الأمور وأنفس كثير من الناس مجبولة على حب المخالفة ماكان منهيا ارتكبوه نسأل الله العافية ،.

Akan tetapi fitrah telah berubah, sebagian manusia berubah fitrahnya, tidak bisa memahami perkara-perkara, dan memang banyak manusia yang diciptakan dengan tabiat suka menentang. apa yang terlarang mereka langgar. Kita mohon kepada Allah keselamatan.

ومما يدل على أنه تشبه باعداء الإسلام أنهم يذكرون أسمائهم حلاقة فلان وحلاقة فلان ، 

Dan yang menunjukkan tasyabbuhnya dengan musuh-musuh islam karena menunjukkan nama-nama mereka, model potongan fulan dan model rambut fulan.

من تشبه بقومٍ فهو منهم
أخرجه أحمد وأبو داود وغيرهما من حديث ابن عمر رضي الله عنه ، 

Siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia bagian dari kaum.
Riwayat Ahmad dan Abu Daud dan yang lainnya dari hadits Umar radhiyallahu anhu.

وكما سمعتم مناظر قبيحة يجعل أحدهم شعره في الوسط كعرف الديك ، فالناس في جهل، الله يصلحهم  ،

Dan yang seperti kalian dengar, pemandangan yang buruk, salah seorang menjadikan rambutnya di tengah seperti jengger ayam.
Dan manusia dalam kebodohan semoga Allah memperbaiki mereka.

ولو فعل كما فعل صلى الله عليه وسلم كان يترك شعره كاملاً حتى يبلغ شحمة أذنيه وربما  ضرب كتفه وإذا حلقه حلقه كله كما في الحج والعمرة وإذا قصر قصره جميعه.

Dan jikalau dia melakukan sebagaimana shallallahu alaihi wa sallam meninggalkan semua rambutnya hingga sampai ujung telinganya atau sampai pundaknya, dan jika mau potong ya potong seperti ketika haji dan umrah, dan jika mau dipendekkan maka dipendekkan semuanya.

📋 Faedah dikirim oleh Al-Akh Abu Usamah Zaid As-Srilankaiy hafidzahullah di majmu’ah Al-Atsarus-Salafiyyah Yaman.

📝 Alih bahasa Abu Adam Abdusy-Syakur Al-Baliy hafidzahullah

📌editor ashhabulhadits

💢🔘💢🔘💢🔘💢🔘💢🔘💢

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: