“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

gif Aku tidak suka menimpakan  kejelekan  pada  manusa

( ولنا في رسول الله صلى الله عليه وسلم اسوة حسنة حيث يقول: وكرهت ان أثير علی الناس شرا)

Dan kami memiliki tauladan pada diri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, tatkala beliau bersabda : Dan aku tidak
suka menimpakan kejelekan pada manusia.

الحمد لله رب العالمين واللاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الی يوم الدين اما بعد

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, dan shalawat serta salam semoga tercurah kan kepada Nabi kita Muhammad dan keluarganya, shahabat dan yang mengikuti mereka dengan baik, sampai hari kiamat nanti.
Syaikhain Telah mengeluarkan riwayat dalam kitab keduanya dari Aisyah, dia berkata :

Seseorang dari Bani Zuraiq, yang bernama Labid bin Al-A’sham, menyihir Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga beliau merasa melakukan sesuatu yang tidak dilakukannya.

Sampai pada suatu hari atau pada suatu malam ketika beliau berada di sisiku, beliau terus berdoa dan berdoa kemudian beliau bersabda,”Wahai Aisyah, apakah kamu tahu bahwa Allah telah menjawab doaku yang aku tanyakan kepadanya?

Ada dua orang yang mendatangiku, satu diantaranya duduk di dekat kepalaku dan yang satunya lagi berada di dekat kakiku.

Lalu salah seorang yang didekat kepalaku kepada yang didekat kakiku, atau yang didekat kakiku berkata kepada yang di dekat kepalaku : Sakit apa orang ini?

Terkena sihir, sahut temannya.

Siapa yang telah menyihirnya? tanya temannya lagi.

Temannya menjawab, Labid bin al-A’sham.

Dia bilang : pakai apa?

Dia jawab: Dengan sisir dan rontokan rambut ketika disisir, dan mayang kurma jantan.

Lalu dimana semuanya ? tanya temannya.

Dia menjawab, Di sumur Dzi arwan.

Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendatangi sumur itu bersama beberapa orang sahabat beliau. Setelah kembali, beliau berkata:”Wahai Aisyah, seakan-akan airnya berwarna merah seperti perasan daun pacar, dan ujung dahan pohon kurma seakan-akan seperti kepala syaitan.”

Lalu Aisyah bertanya : Wahai Rasulullah, tidakkah engkau membakarnya?
Beliau menjawab : Allah telah menyembuhkanku, sehingga aku tidak ingin memberi pengaruh buruk kepada umat manusia. Kemudian Aisyah memerintahkan untuk menimbunnya, kemudian di pendam.

Dalam hadits ini, terdapat pengetahuan yang jelas, tentang Adanya sihir.
Dan bahwasanya Nabi shallallahu alaihi wa sallam di sihir dan Allah menjaganya dengan wahyu, dan cuma ada penyakit yang ada di badannya dan terkhayalkan pada beliau berbuat sesuatu, padahal tidak.
Dan juga ada faidah : Allah mengabulkan doa wali-walinya dan membebaskan kesulitan mereka dan memperhatikan mereka.
Dan juga faidah, yang ini merupakan inti yang mau dijelaskan : bahwasanya menimpakan keburukan tidaklah diperbolehkan, bahkan wajib dicegah dari mereka.
Untuk menjaga persaudaraan mereka,  mengkompakkan keutuhan mereka, dan mempersempit jalan masuk syaitan, menutup pintu-pintu fitnah.
Dan mentauladani Rasul kita yang mulia Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda.

Dan yang lainnya. Maka seorang salafi yang mengajak kepada perdamaian, hendaknya mendahulukan maslahat dakwah dari pada pribadinya. Dan tidaklah semua yang terlintas di pikirannya di sampaikan kepada manusia.
Karena inilah sebabnya bencana, terlebih banyak dan tersebar nya media sosial.
Sebelum kau tulis,  Apakah tulisan ini karena allah azza wajalla.
Apakah ini sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ?
Apakah bisa di kategorikan sebab-sebab tertolongnya sunnah ?

Apakah termasuk maslahat syariyyah untuk menyampaikannya  ?
Apakah memang bisa membantah kebatilan  ?
Bagaimana sikap ulama tentang penulisan dalam tema seperti ini  ?
Maka tidak semua yang di ketahui di sampaikan.
Maka bertakwalah kalian kepada Allah wahai penyeru sunnah dalam dakwah kalian.
Tinggal kan hal-hal yang membuat bahaya. Dan semangatlah dalam ilmu dan amal.

Ahlus sunnah adalah  saling menyempurnakan, tidak saling mencaci, Yang sedikit cukup bagi yang mau melakukannya.
Kalau saja saya mau membawa dalil-dalil seputar mencegah keburukan yang selain ini, pasti lah mencapai satu juz yang bagus, tapi ini adalah nasehat bagi yang mau menerimanya.
Dan hanya kepada Allah lah kita meminta pertolongan.

Abu Muhammad Al-Hajuriy ,  11  Rabiul  Awwal  1437 H

Alih bahasa : Abu Abdan Abdusy-Syakur  Singarja  Al-Baliy  hafidzahullah

buku png

(( ولنا في رسول الله صلى الله عليه وسلم اسوة حسنة حيث يقول: وكرهت ان أثير علی الناس شرا))

🔵⏪  الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الی يوم الدين اما بعد فقد اخرج الشيخان في صحيحهما عن عائشة قالت سحر رسول الله صلى الله عليه وسلم يهودي من يهود بني زريق يقال له لبيد بن الأعصم- قالت- حتى كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخيل إليه أنه يفعل الشيء وما يفعله حتى إذا كان ذات يوم أو ذات ليلة دعا رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم دعا ثم دعا ثم قال: ((يا عائشة أشعرت أن الله أفتاني فيما استفتيته فيه جاءني رجلان فقعد أحدهما عند رأسي والآخر عند رجلي. فقال الذي عند رأسي للذي عند رجلي أو الذي عند رجلي للذي عند رأسي ما وجع الرجل قال مطبوب. قال من طبه قال لبيد بن الأعصم. قال في أي شيء قال في مشط ومشاطة. قال وجب طلعة ذكر. قال فأين هو قال في بئر ذي أروان)).
قالت فأتاها رسول الله صلى الله عليه وسلم في أناس من أصحابه ثم قال: ((يا عائشة والله لكأن ماءها نقاعة الحناء ولكأن نخلها رءوس الشياطين)). قالت فقلت يا رسول الله أفلا أحرقته قال: ((لا أما أنا فقد عافاني الله وكرهت أن أثير على الناس شرا فأمرت بها فدفنت)).

وفي هذا الحديث من الفقه علی ما هو ظاهر في اثبات حقيقة السحر وان النبي صلى الله عليه وسلم سحر وحفظه الله في ما كان من امر الوحي وانما تعلق المرض ببدنه وما كان يخيل إليه من انه ياتي الشيء, ولا يأتيه.
وفيه استجابة الله دعاء أوليائه وتفريج كربهم وعنايته بهم.
🔴 وفيه وهو الشاهد لما اريد بيانه ان إثارة الشر علی الناس لا يجوز بل الواجب كفه عنهم
حفاظا علی اخوتهم.
وجمعا لكلمتهم.
وتضيقا لمداخل الشيطان.
وسدا لاسباب الفتن.
وتاسيا برسولنا الكريم محمد صلى الله عليه وسلم.
الی غير ذلك فالسلفي داعية اصلاح ينبغي ان يقدم مصلحة الدعوة علی مصلحته.
🚫 وليس كل ما يدور في ذهنه يسطره للناس اذ هذا سبب البلاء لاسيما مع توفر وتكاثر, وسائل التواصل.
فقبل ان تكتب:
هل هذه الكتابة لله عزوجل.
هل هي, موافقة لهدي رسول الله صلى الله عليه وسلم.
هل هي من أسباب نصرة السنة.
هل المصلحة الشرعية في قولها.
هل هي مما يرد الله بها الباطل.
ما موقف العلماء من الكتابة في هذا الموضوع.
⏪ فليس كل ما يعلم يقال فاتقوا الله يادعاة السنة, في, دعوتكم واتركوا ما يضرها, واقبلوا علی العلم والعمل واهل السنة يكمل بعضهم بعضا لا يطعن بعضهم بعضا.
والقليل لمن عمل به يكفي ولو اردت ان اسوق غير هذا من الادلة في كف الشر عن الناس لبلغ جزاء طيبا لكن هذه نصيحة, لمن قبلها والله المستعان.

أبو محمد الحجوري 11 ربيع أول 1437

 

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: