“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Malu - Rasa Malu

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurah kan kepada Nabi kita Muhammad dan keluarga dan shahabat nya, dan yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat nanti.

فعن المقداد بن الأسود: أن علي بن أبي طالب أمره أن يسأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الرجل إذا دنا من أهله فخرج منه المذي ماذا عليه؟ قال علي: فإن عندي ابنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وأنا أستحيي أن أسأله قال المقداد: فسألت رسول الله عن ذلك فقال: ” إذا وجد أحدكم ذلك فلينضح فرجه، وليتوضأ وضوءه للصلاة

.أخرجه أحمد بن محمد بن حنبل رحمه الله تعالى في مسنده (23831) وأصله في الصحيح عن علی رضي الله عنه

Dari Miqdad bin Al Aswad : Bahwa Ali bin Abi Thalib, menyuruhnya untuk bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, tentang seseorang yang mendekati istrinya, kemudian keluar madzi, apa yang harus dilakukan?

Ali berkata : karena adanya putri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, maka saya sungkan bertanya kepada beliau.

Berkata Miqdad : Saya pun bertanya kepada Rasulullah tentang hal itu.

Beliau bersabda : “Apabila salah seorang dari kalian mendapati hal tersebut, maka dia percikkan kemaluannya dengan air, dan wudhu seperti wudhu shalat.”

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, semoga allah merahmati nya dalam “Musnad”  nya no 23831, dan asal nya terdapat dalam Ash-Shahih, dari Ali Semoga allah meridhainya.

Dalam hadits ini ada beberapa faidah :

  • Semangat para orang-orang terdahulu atas ilmu, (semoga allah meridhai mereka).
  • dan juga, semangat mereka dalam bersuci.
  • dan di antaranya menggantikan dalam fatwa dan pertanyaan:
  • Bolehnya menggunakan kata kiasan untuk perkara-perkara yang tabu.
  • Keluar dari kemaluan laki-laki yang bukan kencing adalah mani, dan wajib mandi, dan tidak najis.
  • Adapun madzi dan wadi adalah najis..
  • Berbuat baik kepada kerabat istri atau suami.
  • Tidak menyebutkan perkara yang tabu, di hadapan bapak istri kita atau saudara dan yang semisal mereka.
  • Menyamarkan pertanyaan, terkhusus yang muncul darinya kerisihan.
  • Menggunakan kata kiasan, dan semua amal itu sesuai niat nya.
  • Penerapan hukum-hukum syar’i atas beberapa sebab dan hukum, dan wajib bagi kita tuk patuh.
  • Dan juga, bahwasanya sifat malu itu tidaklah menghalangi tuk berilmu, dan apa-apa yang terhalangi darinya maka merupakan kelemahan, dan Ummu Sulaim pernah berkata: Wahai Rasulullah sesungguhnya Allah tidak malu akan kebenaran dan di antara faidahnya, bahwa keluarnya madzi harus wudhu, sebagaimana pendapat yang benar.
  • Dan faidah-faidah yang lain nya.

والحمد لله رب العالمين

Ditulis oleh: As-Syaikh Abu Muhammad Abdul Hamid ibn Yahya Al-Hajuriy (Hafidzahullah)

-Makkah Al-Mukarramah, 17 Shafar 1437 H-

Alih Bahasa: Abu Adam Abdan Shakur As-Singarajay Al-Bali (Hafidzahullah)

DividerLge

NASKAH ASLI

(( حياء وحرص علی العلم ))

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الی يوم الدين اما بعد

فعن المقداد بن الأسود: أن علي بن أبي طالب أمره أن يسأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الرجل إذا دنا من أهله فخرج منه المذي ماذا عليه؟ قال علي: فإن عندي ابنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وأنا أستحيي أن أسأله قال المقداد: فسألت رسول الله عن ذلك فقال: ” إذا وجد أحدكم ذلك فلينضح فرجه، وليتوضأ وضوءه للصلاة “

أخرجه أحمد بن محمد بن حنبل رحمه الله تعالى في مسنده (23831) وأصله في الصحيح عن علی رضي الله عنه.

وفي هذا الحديث من الفوائد حرص السلف رضوان الله عليهم علی العلم.
ومنها حرصهم علی الطهارة.
ومنها الانابة في الفتوی والسؤال.
ومنها استخدام المعاريض عما يستقبح ذكره.
ومنها ان الخارج من فرج الرجل غير البول المني, وفيه الغسل وليس بنجس والمذي والودي وهما نجسان.
ومنها حسن العشرة مع الاصهار.
ومنها عدم ذكر ما يتحرج منه عند ابي الزوجه او اخوها ومن في بابهم.
ومنها الابهام في السؤال خصوصا فيما يقع منه الحرج.
ومنها العمل بالكناية وانما الاعمال بالنية.
ومنها ترتب الاحكام الشرعية علی أسباب وحكم وعلينا الانقياد.
ومنها ان الحياء المشروع لا يمنع من العلم وما منع منه فهو خور وقد قالت ام سليم يارسول الله ان الله لا يستحي من الحق.
ومنها ان خروج المذي منه الوضوء علی الصحيح
الی غير ذلك من الفوائد.

والحمد لله رب العالمين أبو محمد الحجوري مكة المكرمة حرسها الله 17 صفر 1437

DividerLge

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: