“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

mana yang lebih baik gif

Berkata Syaikh Ibnu Utsaimin semoga Allah merahmati nya sebagai mana dalam “Al Qaulul Mufiid” hal 148 :

Permasalahan:  Mana yang lebih baik bagi seorang manusia, jika dia dipaksa untuk kufur, dia bersabar atau dia dibunuh.

Atau dia menyesuaikan  dzahir atau dia mentakwil (membuat pengertian lain) dalam hal ini ada beberapa rincian :

Pertama : Hatinya mencocoki ucapannya (hatinya menyetujui ucapannya), Ini tidak boleh karena ia adalah kemurtadan.

Kedua: antara zhahir dan bathin tidak sama, tapi dia ingin lepas dari paksaan, maka ini boleh.

Ketiga : dia tidak mau mencocoki   zhahir maupun bathin, dan dia dibunuh, Ini juga boleh. 

Ini adalah bagian dari sabar.

Tetapi mana yang lebih baik, sabar walaupun terbunuh?  Ataukah  dia mencocoki luarnya saja?

Pada permasalahan tersebut  ada  rincian  :

Jika menuruti paksaan tidak ada efek samping, berupa bahaya dalam agamanya secara umum. Maka yang lebih utama dia menurut secara zhahir,  sedang bathinnya tidak.

Terlebih lagi jika adanya dia merupakan maslahah untuk manusia.

Seperti : orang punya harta, dia mengeluarkan dalam perkara yang bermanfaat…

Atau ilmu yang bermanfaat, dan semisal itu. Hingga tidak ada padanya maslahah.

Tapi dengan hidupnya dia, mempunyai peran yang besar bagi islam. Dan inilah kebaikan

Dan sungguh ada keringanan baginya untuk mengucapkan perkataan kufur takkala dia dipaksa, maka yang utama dia mentakwil (memalingkan) dan memcocoki dzohirnya dan tidak pada batinnya.

Adapun jika dia menuruti paksaan tersebut, dan tidak ada kesabaran baginya, dan berbahaya bagi Islam, maka bagi dia untuk bersabar.

Dan terkadang dia wajib untuk sabar. Karena itu termasuk perkara sabar atas perang di jalan Allah. Bukan termasuk perkara menjaga diri.

Oleh karenanya, tatkala para sahabat mengeluh kepada nabi Shallallahu’alaihi wasallam apa yang mereka dapati dari penindasan Musyrikin…

Beliaupun menceritakan kisah orang yang sebelum kita.

Bahwa ada seseorang yang di sisir antara daging dan kulit nya dengan sisir dari besi dan dia bersabar…

Seolah olah beliau mengatakan kepada mereka :

Sabar lah kalian atas gangguan itu.

Walaupun ada dari shahabat semoga Allah meridhai mereka, yang menuruti musyrikin, tapi sangatlah  sedikit.

Pastilah akan terjadi kerusakan yang besar atas islam.

Dan Imam Ahmad rahimahullah dalam kisah yang masyhur, kalau dia menuruti mereka secara zhahir, pastilah akan terjadi kerusakan yang besar bagi islam.

Faedah dari Syaikh Abu Muhammad Abdul Hamid bin Yahya Al-Hajuriy Az-Za’kariy hafidzahullah.

Makkah, Rabu, 13 Safar 1437 H

Alih bahasa : Abu Adam Abdusy-Syakur Singaraja Al-Baliy hafidzahullah

buku png

قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله تعالى في القول المفيد (148):

مسألة: هل الأولى للإنسان إذا أكره على الكفر أن يصبر ولو قتل، أو يوافق ظاهرا ويتأول؟

هذه المسألة فيها تفصيل:

أولا: أن يوافق ظاهرا وباطنا، وهذا لا يجوز لأنه ردة.

ثانيا: أن يوافق ظاهرا لا باطنا، ولكن يقصد التخلص من الإكراه، فهذا جائز.

ثالثا: أن لا يوافق لا ظاهرا ولا باطنا ويقتل، وهذا جائز، وهو من الصبر لكن أيهما أولى أن يصبر ولو قتل، أو أن يوافق ظاهرا؟ فيه تفصيل: إذا كان موافقة الإكراه لا يترتب عليه ضرر في الدين للعامة، فإن الأولى أن يوافق ظاهرا لا باطنا، لا سيما إذا كان بقاؤه فيه مصلحة للناس، مثل: صاحب المال الباذل فيما ينفع أو العلم النافع وما أشبه ذلك، حتى وإن لم يكن فيه مصلحة، ففي بقائه على الإسلام زيادة عمل، وهو خير، وهو قد رخص له أن يكفر ظاهرا عند الإكراه، فالأولى أن يتأول، ويوافق ظاهرا لا باطنا.

أما إذا كان في موافقته وعدم صبره ضرر على الإسلام، فإنه يصبر، وقد يجب الصبر، لأنه من باب الصبر على الجهاد في سبيل الله، وليس من باب إبقاء النفس، ولهذا لما شكى الصحابة للنبي صلى الله عليه وسلم ما يجدونه من مضايقة المشركين، قص عليهم قصة الرجل فيمن كان قبلنا بأن الإنسان كان يمشط ما بين لحمه وجلده بأمشاط الحديد١ ويصبر، فكأنه يقول لهم: اصبروا على الأذى.

ولو حصل من الصحابة رضي الله عنهم في ذلك الوقت موافقة للمشركين وهم قلة، لحصل بذلك ضرر عظيم على الإسلام. والإمام أحمد رحمه الله في المحنة المشهورة لو وافقهم ظاهرا، لحصل في ذلك مضرة على الإسلام. انتهی

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: