“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tawhid

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kan kepada nabi kita Muhammad dan juga untuk keluarga dan sahabatnya dan yang ikut mereka dengan baik hingga akhir nanti, adapun setelah nya :

Tersebutlah Ali Al Jafriy, seorang musyrik yang telah menyebarkan sebuah gambar untuk “Kitab Tauhid” yang merupakan hak Allah atas para hamba” Milik penulis nya Imam Muhammad bin Abdul Wahhab.

Dan dia menulisnya : Lihat lah aqidah nya si pemberontak yang telah di akui di pendidikan-pendidikan mereka, di ketahui kepada siapa nisbat mereka“.

Dia menginginkan dari ini, cap untuk para penyeru Tauhid bahwa mereka adalah pemberontak, Padahal pemberontak-pemberontak itu menurut pandangan para penyeru Tauhid yang lurus dan Sunnah yang murni, adalah para pemberontak yang merupakan anjing-anjing neraka.

Dan bantahan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah banyak sekali atas mereka, dalam bentuk fatwa dan yang lainnya.

Dan sebagaimana yang di katakan : Dia melemparku dengan penyakitnya dan menghilang.

Dan Khawarij itu adalah Ahli Bid’ah, seperti keadaan sufiyyah, walaupun ada beda dalam banyak ucapan.

Hanya saja yang mengaitkan mereka adalah memerangi Sunnah dan menyelisihinya.

Dan yang telah merusak kandang nya para Shufi, Rafidhah, dan Bathiniyyah adalah dakwah tauhid dengan 3 macam nya, terlebih dalam masalah ke-Tuhanan.

Ketahuilah mereka yang membuat tandingan, menyelisihi Aqidah Salaf dan Ahli Hadits dalam hal ini, dan mereka justru mencocoki Abu Jahl dan yang lain, dari orang-orang syirik dan yang membangkang.

Mereka meyakini dalam definisi untuk tauhid atau kalimat ikhlas adalah tidak ada pencipta dan pemberi rezeki kecuali Allah.

Dan justru mereka tinggalkan perkara yang paling penting yaitu
Tidak ada Sesembahan yang benar kecuali Allah satu-satunya tidak ada sekutu bagi-Nya, dan yang selain Allah jika diibadahi maka bathil.

Berkata As Sa’dii semoga Allah merahmati nya dalam “Al Qaulus Sadiid” :

Ketahuilah bahwa tauhid mutlak itu adalah : Ilmu dan mengakui akan Esa nya Rabb dalam sifat-sifat yang mulia, dan mengakui wahdaniyah Allah dalam sifat-sifat keagungan dan kemuliaan dan juga meng-Esa-kan Allah dalam beribadah semata mata kepada-Nya.

Dan ada tiga macam :

Pertama: Tauhid tentang nama dan sifat-sifat Allah:

Yaitu keyakinan akan dengan sifat  sendirinya Ar Rabb Jalla Jalaaluh dengan kemuliaan yang mutlak dalam segala perkara dengan sifat yang Agung dan kemuliaan dan keindahan yang tidak tertandingi oleh siapapun dari segala segi dengan menetapkan apa yang Allah tetapkan untuk dirinya atau yang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam tetapkan dari semua nama dan sifat-sifat, arti dan hukum-hukumnya yang ada pada Al-Qur’an dan Hadits, dalam bentuk yang layak dengan keagungan Allah dan kemuliaan-Nya, tanpa adanya peniadaan untuk makna sesuatu darinya, tidak juga pengkosongan arti, atau penyelewengan sifat, maupun penyerupaan dengan makhluk-Nya.

Dan juga meniadakan apa yang Allah dan Rasul-Nya Shallallahu Alaihi Wa Sallam tiadakan pada diri-Nya dari perkara yang kurang dan yang tercela, dan juga dari seluruh hal yang meniadakan kesempurnaan-Nya.

Kedua : Tauhid Rububiyyah; dengan meyakini bahwa Allah adalah Rabb yang Esa dalam penciptaan, rezeki dan pengaturan.

Yang mengatur seluruh ciptaan dengan nikmat dan juga mendidik hamba-hambanya yang istimewa yaitu para nabi dan pengikutnya dengan aqidah yang benar, ilmu yang bermanfaat dan amalan yang Shalih, inilah Tarbiyah yang berguna untuk hati dan ruh-ruh yang membuahkan kebahagiaan di dua kehidupan.

Ketiga : Tauhid Ilaahiyyah, dan juga di sebut (Tauhid Ibadah) ; yaitu ilmu dan mengakui bahwa Allah mempunyai ke Tuhanan dan persembahan, atas hamba-hambanya semua.

Dan juga meng esakan Allah semata dalam ibadah semuanya dan juga memurnikan agama hanya untuk Allah semata, dan yang akhir ini mengharuskan dua yang pertama tadi dan sekaligus mencakupnya.

Karena Al Uluuhiyyah adalah sifat yang mengandung sifat kesempurnaan dan juga seluruh sifat Rububiyah dan keagungan.

Dan yang di Tuhan kan itulah yang di ibadahi, dikarenakan ada padanya sifat-sifat kebesaran dan kemuliaan.

Dan juga dikarenakan apa yang Allah anugerahkan berupa keutamaan dan yang terbaik kepada makhluk-Nya

Maka engkau mentauhidkan Allah Ta’ala dengan sifat-sifat kesempurnaan dan mengesakan nya dalam Rububiyah yang menuntut bahwa tidak ada yang berhak diibadahi seorang pun selain-Nya.

Dan tujuan dari dakwah para Rasul dari awal sampai akhir adalah : Dakwah kepada Tauhid ini.

Dan penulis menyebutkan dalam bab ini isyarat kepada ayat-ayat dan hadits di awal kitab tauhid- tentang dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah menciptakan makhluk dengan tujuan ibadah dan ikhlas untuk-Nya.

Dan bahwasanya itu lah haknya Allah yang wajib dan di bebankan kepada mereka.

Maka seluruh kitab-kitab langit dan juga para Rasul menyeru kepada tauhid ini, dan melarang lawan nya yaitu syirik dan membuat tandingan, terkhusus Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Dan ini lah Qur’an yang mulia, yang Allah perintahkan dan dia wajib kan dan benar-benar di rekomendasi kan sekaligus di jelaskan dengan sejelas-jelasnnya.

Dan Allah memberitakan bahwa tidak ada keselamatan, maupun keberhasilan dan kebahagiaan kecuali dengan tauhid ini

Dan seluruh dalil-dalil logika, ataupun ilmiyyah, kauniyyah maupun yang ada pada diri-diri kita, adalah dalil dan petunjuk akan perkara Tauhid ini dan kewajiban nya.

Dan tauhid adalah hak Allah yang wajib atas para hamba, yang merupakan perkara agama yang paling penting dan sebagai pokok landasan dan inti dari semua amalan.

☆★☆★☆★☆

Dan tidak ada yang terhasilkan dari orang yang mewujudkan perkara yang Agung ini melainkan kebaikan untuk umat, dan hanya saja keburukan itu muncul dari kalangan Ahli Bid’ah, dan orang yang suka berkelompok-kelompok dan berbuat syirik.

Dan hendaknya Ali Al-Jafriy tahu diri dan meninjau kembali agamanya, karena dia dalam Aqidah orang musyrik.

Dan hendaknya dia dengan kakinya yang pincang dan tangan pendeknya yang buntung, tidak perlu macam-macam terhadap kitab-kitab para imam Ahlu Sunnah Wal Jama’ah yang bagai kan bintang di langit, yang dengannya orang yang ber jalan dalam kegelapan mendapatkan cahaya dan tertunjuki dengan orang yang berbuat kejahatan.

Dan segala puji bagi Allah Rabb semesta alam.

*******

Ditulis oleh: 

Syaikh Abu Muhammad Abdul-Hamid ibn Yahya Al-Hajuriy (Hafidzahullah)

Makkah, 4 Shafar 1437 H

Alih Bahasa:

Abu Adam Abdusy-Syakur As-Singarajay Al-Bali Al-Indunisiy

(Hafidzahullah)

NASKAH ASLI

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان الی يوم الدين اما بعد
فقد نشر المشرك الجفري، صورة لـكتاب التوحيد.. الذي هو حق الله على العبيد لمؤلفه الإمام محمد بن عبد الوهاب، وكتب عليها: “انظر إلى عقيدة داعش المقررة في مدارسهم تعرف إلى من ينتمون”. انتهی
ويريد بهذا وصم دعاة التوحيد أنهم دواعش مع ان دواعش في نظر دعاة التوحيد الخالص والسنة الصافية خوارج كلاب النار, وردود اهل السنة والجماعة عليهم كثيرة سواء في الفتوی او, غيرها ولكن كما قيل رمتني بدائها وانسلت والخوارج هم مبتدعة كحال الصوفية سواء وان اختلفوا في كثير من الاقوال الا ان الرابط بينهم حرب السنة والمخالفة لها والذي قض مضاجع الصوفية والرافضة والباطنية هو الدعوة الی التوحيد بانواعه الثلاثة لاسيما باب الألوهية اذا هوءلاء المنددون يخالفون معتقد السلف والاصحاب في هذا الباب ويوافقون أبا جهل وغيره من أهل الشرك والعناد فيزعمون في تعريفهم للتوحيد او لكلمة الإخلاص انه لا خالق ولا رازق الا الله ويتركون بابها الاعظم وهو انه لا معبود بحق إلا الله وحده لا شريك له وغير الله ان عبد فبباطل.
قال السعدي رحمه الله في القول السديد:
اعلم أن التوحيد المطلق: العلم والاعتراف بتفرد الرب بصفات الكمال، والإقرار بتوحده بصفات العظمة والجلال، وإفراده وحده بالعبادة.
وهو ثلاثة أقسام: أحدها: توحيد الأسماء والصفات: وهو اعتقاد انفراد الرب- جل جلاله- بالكمال المطلق من جميع الوجوه بنعوت العظمة، والجلال والجمال التي لا يشاركه فيها مشارك بوجه من الوجوه، وذلك بإثبات ما أثبته الله لنفسه، أو أثبته له رسوله صلى الله عليه وسلم من جميع الأسماء والصفات ومعانيها وأحكامها الواردة في الكتاب والسنة على الوجه اللائق بعظمته وجلاله من غير نفي لشيء منها ولا تعطيل ولا تحريف ولا تمثيل، ونفي ما نفاه عن نفسه أو نفاه عنه رسوله صلى الله عليه وسلم من النقائص والعيوب، وعن كل ما ينافي كماله.
الثاني: توحيد الربوبية: بأن يعتقد أن الله هو الرب المتفرد بالخلق والرزق والتدبير الذي ربى جميع الخلق بالنعم وربيى خواص خلقه- وهم الأنبياء وأتباعهم- بالعقائد الصحيحة، والأخلاق الجميلة، والعلوم النافعة، والأعمال الصالحة، وهذه هي التربية النافعة للقلوب والأرواح المثمرة لسعادة الدارين.
الثالث: توحيد الإلهية ويقال له توحيد العبادة: وهو العلم والاعتراف بأن الله ذو الألوهية والعبودية على خلقه أجمعين، وإفراده وحده بالعبادة كلها وإخلاص الدين لله وحده، وهذا الأخير يستلزم القسمين الأولين ويتضمنهما، لأن الألوهية التي هي صفة تعم أوصاف الكمال وجميع أوصاف الربوبية والعظمة، فإنه المألوه المعبود لما له من أوصاف العظمة والجلال، ولما أسداه إلى خلقه من الفواضل والأفضال، فتوحده تعالى بصفات الكمال وتفرده بالربوبية يلزم منه أن لا يستحق العبادة أحد سواه.
* ومقصود دعوة الرسل من أولهم إلى آخرهم: الدعوة إلى هذا التوحيد.
فذكر المصنف في هذه الترجمة – يشير الی الآيات والأحاديث المذكورة في اول كتاب التوحيد- من النصوص ما يدل على أن الله خلق الخلق لعبادته والإخلاص له، وأن ذلك حقه الواجب المفروض عليهم.
فجميع الكتب السماوية وجميع الرسل دعوا إلى هذا التوحيد، ونهوا عن ضده من الشرك والتنديد، وخصوصا محمد صلى الله عليه وسلم.
وهذا القرآن الكريم، فإنه أمر به وفرضه وقرره أعظم تقرير، وبئنه أعظم بيان، وأخبر أنه لا نجاة ولا فلاح ولا سعادة إلا بهذا التوحيد، وأن جميع الأدلة العقلية والنقلية والأفقية والنفسية أدلة وبراهين على هذا الأمر بهذا التوحيد ووجوبه.
فالتوحيد هو حق الله الواجب على العبيد، وهو أعظم أوامر الدين وأصل الأصول كلها، وأساس الأعمال. انتهی

فلا يخرج ممن حقق هذا الباب العظيم للأمة الا الخير وإنما جاء الشر من قبل اهل البدع والتحزبات والشركيات فليعرف علي الجفري قدر نفسه وليراجع دينه إذ هو علی عقيدة المشركين ولا يتناول برجله العرجاء ويده القصيرة الجذماء كتب وأئمة أهل السنة والجماعة التي نجوم السماء يستنير بها السالك في الظلماء ويهتدي بها الحائر والحمد لله رب العالمين.

أبو محمد الحجوري مكة المكرمة
4 صفر 1437

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: