“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya Jawab 11 Muharram

Tanya: Apakah boleh seorang wanita menghambat masa haidh (menstruasi)nya dikarenakan dia sedang berhaji. Jazakallahu Khair

Jawab:  Tidak boleh, karena ketika Nabi kita Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam mendapati istrinya sedang menangis karena tidak bisa mendapatkan keutamaan sebagaimana para jama’ah haji melakukan haji dengan sempurna disebabkan karena ia haid maka Nabi kita Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam tidak menyarankan untuk mencari penghambat haidnya dan atau beliau tidak berdoa kepada Alloh untuk menunda haid istri beliau, namun beliau hanya mengatakan:

(هذا شيء كتبه الله على بنات آدم)

“Ini adalah sesuatu yang telah Alloh tetapkan atas putri-putri Adam”.

Dan beliau berkata kepada istrinya:

(افعلي ما يفعل الحاج)

“Kerjakanlah apa yang dilakukan oleh orang yang haji”.

Diperkecualikan bagi yang haid untuk tidak melakukan thowaf di Ka’bah, Asy-Syaikhon meriwayatkan dari hadits Abdillah bin Abbas Rodhiyallohu ‘Anhuma, beliau berkata: Bahwasanya Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

أمر الناس أن يكون آخر عهدهم بالبيت، إلا أنه خفف عن الحائض

“Diperintahkan orang-orang yang haji supaya keberadaan akhir pelaksanaan haji mereka adalah thowaf di Ka’bah, melainkan bahwasanya diringankan bagi yang haidh”.

*******

Tanya: Apa boleh menggugurkan kandungan sebelum janin ditiupkan ruhnya?, karena ada sebagian pendapat dari imam fiqih menyatakan boleh sebelum janin berusia 120 hari. (Pertanyaan dari Muna Sulteng)

Jawab: Tidak boleh, karena janin sudah merupakan anak, menggugurkannya berarti telah melakukan pembunuhan dan ini adalah dosa besar, Alloh Ta’ala berkata:

(وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا)

“Dan janganlah kalian membunuh anak-anak kalian karena takut miskin, Kami-lah yang memberikan rezqi kepada mereka dan kepada kalian, sesungguhnya membunuh mereka adalah kesalahan (dosa) yang besar”.

Dan yang membolehkan melakukan pengguguran tersebut tidaklah memiliki hujjah bahkan mereka telah salah. Dan yang benar dalam masalah ini adalah tidak boleh menggugurkan janin, sama saja janinnya belum ditiupkan roh atau janinnya sudah ditiupkan.

*******

Tanya: Bagaimana hukumnya sholat di masjid yang sebagian dananya didapat dari uang haram (salah satu donaturnya bandar togel)?.

Jawab: Sholatnya tetap sah, selama keberadaan masjidnya bukan dibangun di atas kuburan dan bukan pula menjadikan kuburan sebagai masjid maka sholatnya sah, apalagi disebutkan di sini tidak murni dananya dari yang harom namun ada juga dari yang halal maka tentu tidak ada keraguan tentang sahnya sholat di dalamnya.

Yang dilarang untuk sholat adalah di masjid yang dibangun di atas kuburan atau menjadikan kuburan sebagai masjid, dan termasuk padanya adalah masjid dhiror, Alloh Ta’ala berkata:

(وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِمَنْ حَارَبَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ مِنْ قَبْلُ)

“Dan orang-orang yang menjadikan masjid yang menimbulkan kemadhorotan, kekufuran dan perpecahan di antara kaum muslimin dan menunggu kedatangan orang-orang yang memusuhi Alloh dan Rosul-Nya sejak dahulu”, -sampai pada perkataan-Nya:

(لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا)

“Janganlah kalian sholat padanya selama-lamanya”.

*******

Tanya: Kakek ana punya istri lebih dari satu, apakah bibi ana yang dari beda nenek tersebut semuanya mahram ana?.

Jawab:  Iya, semuanya adalah mahrom, mereka masuk pada penamaan sebagai para bibi yang disebutkan di dalam surat An-Nisa’:

(حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ)

“Diharomkan bagi kalian ibu-ibu kalian, putri-putri kalian, saudari-saudari kalian dan paman-paman kalian serta bibi-bibi kalian”.

******

Dijawab oleh: 

Abu Ahmad Muhammad Al-Khidir ibn Salim Al-Limboriy (hafidzahullah)

Limboro, Seram Barat, Maluku, Indonesia

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: