“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Aduh…serem ust,..

Percakapan sms-an antara ana (Abu Iyyad Said) dengan kenalan orang awwam,  dia orangnya asal Jakarta, Dan ana kenal dia ketika di hotel Hudaidah di yaman, dia kuliah di ta’idz dekat kota Ibb, dan kami sama-sama pulang ke Indonesia.  Beberapa bulan kemudian dia sms-an dengan ana tanya-tanya kabar.Percakapnnya sms ini terjadi 2 hari yang lalu.

Penanya: Kirimin foto antum dong ust, buat kenang-kenangan.

Ana jawab :
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من حديث أبو عبد الله بن عباس :
من صور صورة عذب وكلف ان ينفخ فيها وليس بنافخ. ( رواه البخاري ).

Bersabda : Rosulullah ﷺ dalam hadist ‘Abdullah bin ‘abbas : “Barangsiapa yang menggambar suatu gambar atau memotret maka akan di adzab pada hari kiamat, di sebabkan baginya untuk meniupkan ruh, dan sementara dia bukan termasuk orang yang mampu utuk meniupkan ruh.” HR : BUKHORI.

Penanya: Aduh…serem ust,

Ana jawab :
Berkata Abdullah ibnu abbas jika kalian ingin menggambar maka gambarlah pepohonan atau yang linnya yang tidak  bernyawa. HR : BUKHORI.

Seseorang mengikuti sunnah nabi hendaklah berhati-hati dalam menggampangkan perbuatan maksiat. Jangan tergiur dalam segala kenikmatan yang menyebankan akan datng kemurkaan Allah ta’ala. Sangat sedikit orang yang kurang paham dengan hadis masalah gambar makhluk bernyawa.

Penanya: Ust pohon bukan nya ada nyawa nya.. Ko boleh di gambar

Ana jawab :
Dia tidak memiliki nyawa, yang memiliki nyawa hanyalah manusia, jin dan binatang.

Penanya:
Kalo hukum orang yang di foto gimana?

Ana jawab :
Sama hukumnya.Kalau dia ridho, Kalau tidak ridho atau tanpa sepengetahuannya maka dosanya akan di tanggung oleh orang yang memfoto

Penanya:
Kalo hukum video gimana ?

Ana jawab :
Semuanya sama. Sebagaimana ulama ahli salaf menghukumi seperti itu. Orang-orang yahudi mereka melarang anak-anak mereka untuk nonton TV karena mereka tau bahwa TV adalah perusak akhlak dan moral sementara yang pencetusnya adalah mereka sendiri dan yang memainkan filmnya adalah orang-orang nasrani.
Semuanya itu adalah ingin merusak agama islam menjadikan agar islam berpaling dalam mengingat Allah.

Allah berfirman :
Tidakah orang-orang yahudi dan nasrani akan senang sama kalian hingga kalian mengikuti agama mereka.

Berkata Imam As-syafi’i
Yang di katakan ilmu adalah berfirman Allah dan bersabda Rosulullah ﷺ, adapun selain dari pada itu adalah termasuk bisikan-bisikan syaithon.

Penanya :
Ia bener ust.. Tapi gimana lagi di Indonesia sudah jadi adatan  Untuk mencegah nya susah banget.

Ana jawab :
Berkata ahli muhadits bisa adat di ambil dan di ikuti selama tidak bertentangan dengan hukum-hukun Allah, kalau bertentangan maka wajib untuk di tinggalkan adat tersebut.
Allah berfirman dalam surat Yusuf: “Sesungguhnya jiwa itu sangat senang dan condong mengikuti hal-hal yang jelek. Banyak-banyak berdoa kepada Allah semoga Allah memudahkanmu untuk menjauhi hal-hal tersebut dan jangan putus asa sesungguhnya Allah maha menerima taubat dan Maha mengabulkan doa-doa hambanya.”

Penanya: Aamiin… Ya rabb

Ana jawab :
Sesungguhnya kenikmatan akhirat tidaklah diraih dengan bersenang-senang di dunia tapi harus bersusah payah dulu dalam berda’wah mengajari manusia yang belum paham dan pasti semuanya ada ujian-ujiannya sebagaimana para nabi dan rosul juga dari kalangan ahli kitab dan orang-orang sholeh mereka semuanya tidak pernah pantang mundur dalam berda’wah walupun mereka dihina dan di caci bahkan ada yang di bunuh seperti nabi Sholeh alaihissalam di bunuh oleh kaumnya sendiri begitu juga ahli kitab di bunuh oleh raja dengan di gergaji kepalanya hingga terbelah menjadi dua bagian namun akan tetapi tidak menjadikan mereka kufur atau berpaling dari agamanya allah ta’ala.

Faedah dari Abu Iyyad Said bin Muhammad Al-Limboriy hafidzahullah.

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: