“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Doa Dan Bacaan Ketika Sujud

TANYA: Saya mau tanya dalil untuk macam-macam doa/bacaan saat sujud, bacaan apa saja yang di contohkan nabi Shollallohu ‘Alayhi wa Sallam, dan apakah bacaan sujud itu ada perbedaan untuk sholat wajib dan sholat sunnah?. Syukron sebelumnya. Jazaakumullooh khoyron.

JAWAB: Doa ketika sujud bermacam-macam, diantara doa yang dibaca oleh Rosululloh ‘Alaihishsholatu Wassalam ketika sujud adalah:

«سبحان ربي الأعلى، سبحان ربي الأعلى، سبحان ربي الأعلى »

“Maha Suci Robbku Yang Paling Tertinggi, Maha Suci Robbku Yang Paling Tertinggi, Maha Suci Robbku Yang Paling Tertinggi”. . Lafazh ini sebagaimana datang di dalam “Shohih Muslim” dari hadits Hudzaifah Rodhiyallohu ‘Anhu.

Membaca dzikir tersebut tidak khusus sholat wajib bahkan sholat sunnah sekalipun dibaca. Dan dzikir tersebut disunnahkan dibaca lebih dari sekali, ketika seseorang ingin memperpanjang sujud maka dia boleh mengulang-ulang dzikir tersebut, atau dia berdoa sesuai dengan yang dia kehendaki ketika dia sedang sujud, ini berdasarkan perkataan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam

«وأما السجود فاجتهدوا فيه في الدعاء»

“Dan adapun ketika sujud maka bersungguh-sungguhlah padanya berdoa”.
Ini sebagai dalil tentang tidak adanya pengkhususan pada sholat wajib maupun sholat sunnah, bahkan ini bersifat umum untuk wajib dan yang sunnah.
Dan diantara doa sujud juga yang biasa dibaca oleh Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam adalah:

«اللهم إني أعوذ برضاك من سخطك، وبمعافاتك من عقوبتك، وبك منك لا أحصي ثناءً عليك، أنت كما أثنيت على نفسك»

Ya Alloh sesungguhnya aku berlindung dengan keridhoan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan penjagaan-Mu dari siksa-Mu, dan dengan-Mu dari-Mu yang aku tidak bisa menghingga pujian kepada-Mu. Engkau sebagaimana engkau telah memuji atas diri-Mu

Dan berkaitan dengan doa-doa ketika sujud bisa dilihat di kitab-kitab doa seperti di “Hishnul Muslim” aatau di dalam kitabj kitab hadits di “Shohihul Bukhoriy” dan yang lainnya terkhusus di dalam “Kitabush Sholah”.

Dijawab Oleh : Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al Limboriy

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: