“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Hukum Memakai CincinTANYA: Apa hukumnya memakai cincin bagi laki-laki?.

JAWAB: Boleh, karena tidak ada dalil yang menyebutkan tentang terlarangnya.
Dan kita kembalikan kepada hukum asal segala sesuatu yaitu boleh kecuali ada dalil yang menunjukan ketidak bolehannya, seperti pria yang memakai cincin emas maka ini tidak boleh, karena Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan tentang emas:

«هذا حلال لأناث أمتي حرام على ذكورهم».

“Ini adalah halal untuk wanita umatku harom untuk para pria mereka”

Dan diantara dalil yang menunjukan bolehnya memakai cincin adalah perkataan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam kepada seorang pria yang ingin menikah untuk mencari mahar:

«التمس ولو خاتمًا من حديد»

“Carilah kamu (mahar) walaupun cincin dari besi”

Kalaulah bagi laki-laki dilarang dari mengenakan cincin maka tentu Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam tidak akan memerintahkannnya mencari cincin. Wallohu A’lam.

TANYA: Ada yang bilang katanya tasyabbuh dengan perempuan, bagaiman itu?.

JAWAB: Kita katakan kepadanya kalau memakai cincin emas bagi laki-laki memang betul tasyabbuh kepada wanita karena itu kekhususan bagi wanita dan diharomkan bagi pria bercincin emas, mungkin antum telah mendengarkan penjelasan singkat kami tentang tasyabbuh, karena tidak semua yang tasyabbuh (keserupaan ) itu terlarang, yang terlarang kalau ada dalil yang menjelaskannya tentang haromnya. Kalau mau katakan tasyabbuh, wanita juga memakai penutup kepala, apakah kemudian lelaki yang memakai penutup kepala terkhusus imamah yang dikenakan seperti orang-orang Saudi dikatakan tidak boleh karena tasyabbuh dengan jilbab wanita?, bukankah ini tasyabbuh?. Jadi kita menetapkan ini tasyabbuh kalau ada dalilnya menyebutkan hal tersebut sebagaimana kami telah jelaskan pada suara kami ketika di Jazan Saudi Arabia. Wallohu A’lam.

TANYA: Tapi bagaimana menjawab orang yang mengatakan bahwasanya itu tasyabbuh dengan nisa’.

JAWAB: Katakan bahwa itu tidak tasyabbuh dengan wanita, karena Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam pernah memakainya, Anas bin Maalik Rodhiallohu ‘anhu berkata:

لما أراد النبي صلى الله عليه وسلم أن يكتب إلى الروم قيل له إنهم لن يقرءوا كتابك إذا لم يكن مختوما فاتخذ خاتما من فضة ونقشه محمد رسول الله

“Tatkala Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam hendak menulis surat kepada Romawi, maka dikatakan kepada beliau : “Sesungguhnya mereka (kaum Romawi) tidak akan membaca tulisanmu jika tidak distempel”.

Maka beliaupun menggunakan cincin dari perak yang terpahat “Muhammad Rosulullah”.

Dijawab oleh:

Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy (8/7/1436)

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: