“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

HUKUM MUSIK

HUKUM MUSIK

TANYA: Assalamualaikum ustadz, saya mau bertanya. Dijelaskan bahwa mendengarkan musik itu hukumnya haram, dan teman ana bertanya kepada ana apakah ada dalil yang shohih yang menjelaskan bahwa musik itu memang benar haram? Ana butuh bantuan ustadz untuk ana menjelaskan kepada teman ana ustadz. Jazakallahu khoiron khatsiron untuk jawabannya ustadz. Wassalam (Pertanyaan dari Bondowoso).

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Telah ada dalil shohih yang menjelaskan tentang haromnya musik, diantaranya dalil dari Al-Qur’an, Alloh Ta’ala berkata:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

“Dan diantara manusia ada yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Alloh dengan tanpa ilmu dan mereka menjadikannya sebagai olok-olokan, bagi mereka itu adalah azab yang pedih”. 

Shohabat yang mulia Abdulloh bin Mas’ud Rodhiyallohu ‘Anhu menyebutkan ma’na “Lahwal Hadits” adalah musik. Juga Mujahid Rohimahulloh yang termasuk dari salah seorang Ahli Tafsir mentafsirkan sama dengan yang ditafsirkan oleh Abdulloh bin Mas’ud Rodhiyallohu ‘Anhu.

Asy-Syaikh Al-Allamah Yahya Al-Hajuriy Hafizhohulloh berdalil dengan ayat tersebut tentang haromnya musik, beliau mengatakan:

الغناء محرم للرجال وللنساء

“Musik adalah harom bagi para pria dan para wanita”.

Dan dalil dari As-Sunnah adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy secara mu’allaq (tanpa sanad) dan Abu Dawud meriwayatkan secara muttashil (bersambung sanadnya) bahwasanya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

«سيكون أناس يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف»

“Akan ada manusia yang mereka menghalalkan zina, kain sutera (bagi para lelaki) dan khomer serta alat-alat musik”.

Demikianlah diantara dalil tentang haromnya musik dan alat-alatnya.

Dijawab oleh:
Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy ‘Afahulloh di Limboro-Seram Barat (25/6/1436).

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: