“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

adam

TANYA: Assalammualaikum.. Ana nak Tanya Ustas… ada Orang MengataKan, Oarang wahhabi megaku bahawa adam Itu bukan seorang nabi, apakah benar tolong penjalasan?.

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apa yang Al-Akh Hafizhohulloh tanyakan maka kita tidak mengingkari kalau mungkin ada yang beranggapan demikian, pernah kami mendengarkan ada seorang ustadz yang mengaku salafiy di Indonesia yang berpendapat dengan pendapat demikian, dia mengatakan bahwa tidak ada dalil menyebutkan Adam ‘Alaihishsholatu Wassalam sebagai nabi, yang ada hanya penyebutan bahwa Adam adalah Abul Basyar. 

Dengan pendapatnya tersebut, orang-orang pun menyebutnya sebagai “Wahhabiy”.

Perlu diketahui bahwa pendapat orang tersebut tidaklah benar, bahkan dia menyelisihi dalil, Alloh Ta’ala berkata:

(إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ)

“Sesungguhnya Alloh telah memilih Adam, Nuh dan keluarga Ibrohim dan keluarga Imron atas seluruh alam (jin dan manusia)”.

Walaupun ayat ini zhohirnya tidak disebutkan “nabi” namun pensejajaran dalam penyebutan itu sudah menunjukan tentang kenabian beliau, juga pada kisah Isro’ dan Mi’roj-nya Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam disebutkan pula para Nabi yang berada di setiap langit, diantara para Nabi yang disebutkan adalah bapak kita Adam ‘Alaihishsholatu Wassalam, dan pada kisah tersebut yang disebutkan nama-namanya hanyalah para Nabi bukan selain mereka.

Adapun kalau ada yang menyebutkan bahwa Adam ‘Alaihishsholatu Wassalam bukan nabi maka sungguh orang tersebut telah menyelisihi dalil dan menyelisihi pula apa yang dinyatakan oleh salafunash sholih (pendahulu kita yang sholih).

Al-Imam Al-Bukhoriy di dalam “Shohih”nya pada kitab “Ahadits Al-Anbiya'” beliau telah menyebutkan dan menggolongkan bapak kita Adam ‘Alaihishsholatu Wassalam termasuk dari para nabi.

Semoga Alloh memberikan hidayah kepada kami dan kepada penanya Akhuna Bilal Al-Kambojiy serta saudara-saudari kita kaum muslimin.

Dijawab oleh:
Abu Ahmad Muhammad Al-Limboriy Hafizhohulloh (6/6/1436).

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: