“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

(( التوجيه النبيل لإخواني السلفين بشأن كتاب الشيخ ربيع الذي بنيّ على التهويل)) 

PENGARAHAN YANG BERKESAN
UNTUK SAUDARA-SAUDARIKU SALAFIYYIN TERHADAP KITAB ASY-SYAIKH ROBI’ YANG DIA BANGUN DI ATAS KENGERIAN

Asy-Syaikh Abu Muhammad Abdul Hamid bin Yahya bin Zaid Al-Hajury Az-Za’kariy hafidzahullah

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله أما بعد


“Segala puji bagi Alloh, sholawat dan salam untuk Rosululloh, kemudian dari pada itu:

فما زال العلماء يتم بعضهم قصور بعض إما بما يسمو منه تتمة أو استدراك أو زيادة أو ما يطلقونه من الأسماء

Maka para ulama senantiasa memenuhi sebagian mereka terhadap kekurangan sebagian yang lain, adakalanya dengan apa yang mereka namai padanya sebagai penyempurna atau penyusul atau penambah atau apa-apa yang mereka memutlakannya dari nama-nama”.

ويرد بعضهم على خطأ بعض بردود علمية -لا سيما في مسائل الاجتهاد فيها وارد- من غير تشنيع ولا تحامل وهم على هذا من زمن الصحابة رضوان الله عليهم والى يومنا هذا

“Dan sebagian mereka membantah atas kesalahan sebagian yang lain dengan bantahan yang ilmiyyah -lebih-lebih pada masalah-masalah ijtihad yang padanya telah ada (asalnya dari salaf-pen)- dengan tanpa pandangan buruk dan tanpa mendiskriminasikan, dan mereka di atas keadaan seperti ini dari zaman shohabat semoga keridhoan Alloh untuk mereka sampai hari kita ini”.

لكن المسلك الذي اتخذه الشيخ ربيع هداه الله في الفترة المتأخرة مسلك خطير وغير علمي واضرب عليه مثلاً ما وجدت من ‏مقدمة كتابه

“Akan tetapi jalan yang dijadikannya oleh Asy-Syaikh Robi’ semoga Alloh memberikan hidayah kepadanya pada masa-masa belakangan ini adalah jalan yang mengerikan dan tanpa ilmiyyah, dan aku buatkan kepadamu suatu contoh terhadap apa yang aku dapatkan di pendahuluan kitabnya:

(الإصابة في تصحيح ماضعفه وإبراز ما جهله الحجوري من مفاريد الصحابة)

“Ketika dia berkata pada sebagian pendahuluannya:

👈((بل هو جنايات خطيرة عند محبي الحديث ومحبي الصحابة فيجب على مؤلفه التوبة الواضحة الصريحة المعلنة من عمله الخطير في هذا الكتاب)). إلى غير ذلك مما لو شئت لبينت الظلم فيه.

“Bahkan dia adalah kejahatan-kejahatan yang mengerikan menurut pencinta hadits dan pencinta shohabat, maka wajib bagi penulisnya bertaubat yang terang lagi jelas serta diumumkan dari amalannya yang mengerikan”, hingga yang selain itu dari apa-apa kalau aku menginginkan (menjelaskan) maka sungguh aku akan jelaskan kezholiman padanya”.

وهذه المقدمة تظهر أن الكتاب لم يقم على أساس علمي وإنما قام على أساس
١-التحامل.
٢-الهوى.
٣-الانتصار للنفس.
٤-الحقد، إلى غير ذلك

Dan pendahuluan ini nampak bahwa kitab(nya) tidaklah dibangun di atas pondasi yang ilmiyyah, dan hanya saja dibangum di atas pondasi:
1. Mendiskriminasikan (membebani di luar batas kemampuan).
2. Hawa nafsu.
3. Mengunggulkan terhadap diri.
4. Kebencian (dendam), dan selain demikian itu.

فأين الجنايات الخطيرة التي غاية ما فيها أن الكتاب وقع فيه عدم ترتيب من الطابع أو عدم استيعاب من المصنف والعمل فيه جاري.

Maka dimana kejahatan-kejahatan yang mengerikan yang dia mendominasi atas apa yang ada padanya?, sesungguhnya kitab(nya) terjadi padanya ketidak adanya penataan dari yang menerbitkan atau tidak adanya koreksian dari penulis dan beramal padanya terus”.

ووالله أن أسلوبه هذا في الرد إنما هو جناية منه على منهجه وطريقته

“Dan demi Alloh, sungguh metode-metodenya dalam membantah ini hanyalah kejahatan darinya atas manhajnya dan metodenya”.

إذ أن المنهج الصحيح يقوم على العدل مع الموافق والمخالف.

“Karena sesungguhnya manhaj yang benar adalah dibangun di atas keadilan bersama orang yang mencocoki atau orang yang menyelisihi”.

فالنصيحة لنفسي ولاخواني
١-بالهدوء والسكينة.
٢-والعدل في الغضب والرضى.
٣-وعدم المبالاة بظلم الظالمين فإن ضرره عليهم حاصل وإليهم واصل وحسبنا الله ونعم الوكيل.

“Maka nasehatku untuk diriku dan untuk saudara-saudariku:
1. Untuk hening dan tenang.
2. Berbuat adil ketika marah dan ketika ridho.
3. Dan tanpa peduli dengan kezholiman orang-orang yang zholim, karena madhorotnya bagi mereka akan terjadi dan bagi mereka akan terus berkesinambungan. Dan cukuplah Alloh bagi kami dan Dia adalah sebaik-baik pelindung”.

ولا أريد الإطالة ولا أن أشغل نفسي وغيري وجزاكم الله خيرا

“Dan aku tidak ingin memperpanjang (pembicaraan) dan aku tidak ingin menyibukan diriku dan selainku – semoga Alloh membalas kalian dengan kebaikan-.

أبو محمد عبد الحميد الحجوري ١٠ ربيع ثاني ١٤٣٦ مدينة الرياض حرسها الله.

Abu Muhammad Abdul Hamid Al-Hajuriy (10 Robiu Tsaniy 1436) di kota Riyadh semoga Alloh menjaganya.

(Alih Bahasa: Al-Limboriy Saddadahulloh).

Naskah Asli :

(( التوجيه النبيل لاخواني السلفين بشأن كتاب الشيخ ربيع الذي بنيّ على التهويل)) 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله أما بعد فما زال العلماء يتم بعضهم قصور بعض إما بما يسمومنه تتمة أو استدراك أو زيادة أو ما يطلقونه من الأسماء ويرد بعضهم على خطأ بعض بردود علمية -لا سيما في مسائل الاجتهاد فيها وارد- من غير تشنيع ولا تحامل وهم على هذا من زمن الصحابة رضوان الله عليهم والى يومنا هذا.
لكن المسلك الذي اتخذه الشيخ ربيع هداه الله في الفترة المتأخرة مسلك خطير وغير علمي واضرب عليه مثلاً ما  وجدت من ‏مقدمة كتابه( الإصابة في تصحيح ماضعفه وإبراز ما جهله الحجوري من مفاريد الصحابة) 👈حيث قال في بعض مقدمته ((بل هو جنايات خطيرة عند محبي الحديث ومحبي الصحابة فيجب على مؤلفه التوبة الواضحة الصريحة المعلنة من عمله الخطير في هذا الكتاب)). الى غير ذلك مما لو شئت لبينت الظلم فيه.
وهذه المقدمة تظهر ان الكتاب لم يقم على أساس علمي وإنما قام على أساس
١-التحامل.
٢-الهوى.
٣-الانتصار للنفس.
٤-الحقد.
الى غير ذلك فأين الجنايات الخطيرة التي غاية ما فيها ان الكتاب وقع فيه عدم ترتيب من الطابع او عدم استيعاب من المصنف والعمل فيه جاري.
ووالله ان أسلوبه هذا في الرد إنما هو جناية منه على منهجه وطريقته اذ ان المنهج الصحيح يقوم على العدل مع الموافق والمخالف.
فالنصيحة لنفسي ولاخواني
١-بالهدوء والسكينة.
٢-والعدل في الغضب والرضى.
٣-وعدم المبالاة بظلم الظالمين فان ضرره عليهم حاصل واليهم واصل وحسبنا الله ونعم الوكيل.
ولا اريد الإطالة ولا ان اشغل نفسي وغيري وجزاكم الله خيرا.
أبو محمد عبدالحميد الحجوري ١٠ ربيع ثاني ١٤٣٦ مدينة الرياض حرسها الله.

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: