“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

dammaj !TANYA:  Bagaimana keadaan Darulhadits Dammaj sekarang, apakah sudah dihancurkan sama hutsiy ? Pertanyaan dari Solo

JAWAB: Alhamdulillah Dammaj keadaannya seperti pada hari ditinggalkan oleh para penuntut ilmu, beberapa ikhwah dari Dammaj juga ikhwah dari ‘Abdain mengabarkan kepada kami bahwa rumah-rumah para penuntut ilmu dijaga oleh tentara Yaman, juga ikhwah Ahlissunnah penduduk asli Dammaj menjaganya, walaupun pernah terjadi ada orang awamm datang ingin mencuri kayu-kayu rumah para penuntut ilmu, bila diketahui oleh tentara atau diketahui oleh warga Ahlissunnah maka mereka melarangnya dan mencegahnya, dengan alasan bahwa para penuntut ilmu Insya Alloh nanti akan kembali ke Dammaj.

Demikian keadaan ikhwah Ahlissunnah di Dammaj, mereka menanti-nanti kapan rombongan para penuntut ilmu bersama masyayikhnya akan kembali ke Dammaj?!.

Bangunan masjid dan markiz serta rumah-rumah dan pemukiman para penuntut ilmu dibiarkan seperti semula, walaupun masih bolong-bolong dan jebol sebagian temboknya.

Begitu pula masjid Ahlissunnah Darul Hadits Dammaj itu masih pada bolong sebagian temboknya, dan belum diperbaiki sampai sekarang, namun Ahlussunnah di sana masih bisa menggunakannya untuk sholat pada shof-shof terdepan.
Dan ada beberapa ikhwah asal Dammaj yang ikut keluar bersama para muhajirin, ada yang ke Ibb, Baidho’ dan Sana’a, ada pula yang sudah pada balik ke Dammaj.

Begitu pula ikhwah Ahlissunnah asal ‘Abdain, Sho’dah dan Dammaj mereka diberi kebebasan oleh pemerintah Yaman untuk beribadah dan berda’wah di kampung halaman mereka, di masjid ‘Abdain masih di pegang oleh Ahlussunnah, bahkan ada lagi satu masjid di dekat Sho’dah dipegang oleh Ahlussunnah.

Demikian kabar yang kami dapatkan.

Dijawab oleh:
Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy Hafizhohulloh (3/4/1436).

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: