“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya: Anak saudara ana ingin membuka store barangan lusuh yang boleh dikitar semula, jadi anak saudara ana mahu memelihara anjing untuk menjaga store barangan lusuh itu daripada kecurian, apakah hukum dan dalilnya. بارك الله فيكم (Pertanyaan dari Malaysia).

Jawab: Kalau tujuannya untuk menjaga seperti itu maka boleh, selama anjingnya terdidik dan bisa menjalankan tugasnya, serta tidak masuk ke dalam store atau ke dalam rumah, dalilnya adalah kisah Ashhabul Kahfi,  Alloh Ta’ala berkata:

(وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُمْ بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ)

“Dan kamu mengira mereka itu terjaga (bangun), padahal mereka adalah tertidur, Kami bolak-balikan ke kiri dan ke kanan, sedangkan anjing mereka mengunjurkan ke dua kaki (depannya) di muka pintu gua”.

Demikian keberadaan anjing itu, dia mengerti tugasnya untuk menjaga, dengan itu dia duduk di muka pintu gua, dua kaki (belakangnya) dalam gua, dan dua kaki (depannya) diulurkan di pintu gua dan dia tidak masuk ke dalam gua untuk tidur bersama Ashhabul Kahfi, bila anjingnya terdidik seperti ini maka boleh dipelihara untuk menjalankan tugasnya  sebagai penjaga.

Dan perlu dilihat pula, terkadang orang menggunakan anjing seperti ini membutuhkan biaya yang banyak untuk makanan dan minuman anjingnya, yang terkadang melebihi biaya untuk membayar orang sebagai penjaga, bila seperti ini maka hendaknya seseorang mencari orang lain dari kalangan orang-orang beriman yang membutuhkan pekerjaan untuk dijadikan sebagai penjaga seperti itu. Wallohu A’lam.

Dijawab oleh:
Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy ‘Afallohu ‘anhu (23/1/1436).

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: