“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Tanya: Ustaz Khaidir, di sini ada seorang tanya tentang Solat Qado’. Gimana kalau dia meninggalkan salah satu waktu solat kemudian dia mengqado’ solat itu, diikut bahwa dia bukan mempunyai uzur atau sesuatu kesibukan…kerana alasannya, tidak penting ikut waktu penting solat. Dan bisa di terangkan boleh atau tidak Qado’ untuk perempuan?.  (Pertanyaan dari Malaysia).

Jawab: Kalau seseorang meninggalkan sholat karena malas atau meninggalkannya bukan karena udzur syar’iy seperti karena lupa atau karena tertidur darinya maka hukumnya seperti hukum orang kafir, kalau dia meninggalkan sholat zhuhur atau ashar, dan dia sudah masuk pada waktu maghrib, maka wajib baginya menegakan sholat maghrib, dan tidak ada qodho baginya terhadap sholat zhuhur atau ashar serta sholat-sholat yang telah lewat darinya.01

Kewajiban bagi orang tersebut adalah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, karena hukumnya dia adalah sama dengan hukum orang kafir, dia terkena perkataan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam:

العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة، ومن تركها فقد كفر

“Perjanjian antara kita (kaum muslimin) dan antara mereka (orang-orang kafir) adalah sholat, dan barang siapa meninggalkannya maka sungguh dia telah kafir”.

Ini hukumnya umum bagi siapa saja yang meninggalkannya, baik dia tinggalkan karena malas atau karena menentang kewajibannya.

Berbeda halnya kalau dia tinggalkan karena lupa dari satu waktu sholat, maka dia mengqodhonya ketika telah mengingatnya, dengan dalil perkataan Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam:

من نسي الصلاة فليصلها إذا ذكرها، فإن الله قال: (وأقم الصلاة لذكري).

“Barang siapa lupa suatu sholat maka dia mensholatkannya jika dia telah mengingatnya, karena Alloh Alloh telah berkata: “Dan tegakanlah sholat untuk mengingat-Ku”. Diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy dari Anas bin Malik dan Muslim dari Abu Huroiroh.

Ibrohim An-Nakhoiy -semoga Alloh merohmatinya- berkata:

من ترك صلاة واحدة عشرين سنة، لم يعد إلا تلك الصلاة الواحدة

“Barang siapa meninggalkan satu sholat selama 20 (dua puluh) tahun, maka dia tidak mengulangi melainkan hanya satu sholat tersebut”.

Adapun tentang wanita, maka dilihat pula sebabnya meninggalkan sholat, kalau ia meninggalkan karena sebab seperti yang telah kami sebutkan tentang laki-laki maka hukumnya seperti hukum laki-laki tersebut, dan kalau ia tinggalkan karena sebab syar’iy lainnya seperti haid maka tidak ada qodho’ baginya, Ash-Shiddiqoh bintu Ash-Shiddiq -semoga Alloh meridhoi keduanya- berkata:

كنا نؤمر بقضاء الصيام، ولا نؤمر بقضاء الصلاة.

“Dahulu kami diperintah untuk mengqodho’ puasa dan kami tidak diperintah untuk mengqodho sholat”.

Dijawab oleh:
Abu Ahmad bin Salim Al-Limboriy -semoga Alloh merohmatinya- (16/1/1436).

Comments on: "Hukum Seputar Mengqodho Sholat" (1)

  1. Assalammu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Tanya: Apa benar mengqodho sholat dg sbb:

    Barangsiapa selama hidupnya pernah meninggalkan sholat tetapi tak dapat menghitung jumlahnya, maka sholatlah di hari Jum’at terakhir bulan Ramadhan sebanyak 4 rakaat dengan 1x tasyahud (tasyahud akhir saja), tiap rakaat membaca 1 kali Fatihah kemudian surat Al-Qadar 15x dan surat Al-Kautsar 15x .

    Niatnya: ”Nawaitu Usholli arba’a raka’atin kafaratan limaa faatanii minash-shalati lillaahi ta’alaa”. Sayidina Abu Bakar ra. berkata ” Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sholat tersebut sebagai kafaroh (pengganti) sholat 400 tahun dan menurut Sayidina Ali ra. sholat tersebut sebagai kafaroh 1000 tahun. Maka bertanyalah sahabat : umur manusia itu hanya 60 tahun atau 100 tahun, lalu untuk siapa kelebihannya ?”. Rasulullah SAW menjawab, ” untuk kedua orangtuanya, untuk istrinya, untuk anaknya dan untuk sanak familinya serta orang-orang yang didekatnya/ lingkungannya.

    “Mohon Pencerahannya terimakasih sblmnya.

    Wassalammu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: