“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

hizby dan surury

Tanya:  Bismillah…., bagaimana ciri-ciri hizby surury?. Syubhat mereka sekarang adalah mereka telah berlepas diri dari jamiah ihya at-turots dan as-shofwa. Sehingga sebagian ikhwan bingung.

Jawab: بسم الله الرحمن الرحيم.

الحمد لله، وأشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدا عبد الله ورسوله أما بعد

Termasuk salah satu kesalahan bila setiap orang yang menjalin hubungan dengan jam’iyyah Ihyaitturots dikatakan sebagai sururiy, memang semuanya sama-sama surur (ya’ni senang) karena dapat dana, namun untuk memvonis mereka semuanya sebagai sururiyyun ya’ni dinisbatkan kepada tokoh ahlu bid’ah Muhammad Surur Zainal Abidin maka telah salah dalam memvonis.

Orang-orang yang menjalin hubungan dan mengajukan permohonan dana kepada jam’iyyah Ihyaitturots itu berbagai macam, dari mereka ada dari pihak Ikhwanul Muslimin, atau dari pihak-pihak hizbiyyun lainnya.

Dengan ini, maka kita menghukumi mereka sesuai dengan apa yang ada pada mereka, kalau mereka dari Ikhwanul Muslimin maka kita katakan mereka Ikhwanul Muslimin, kalau mereka dari Sururiyun maka kita katakan mereka Sururiyyun, kalau mereka adalah Qutbiyyun maka kita katakan mereka adalah Quthbiyyun, atau kalau mereka dari pihak Ali Irsyad maka kita katakan dari hizb Ali Irsyad, masing-masing kita nisbatkan kepada apa yang mereka berada di atasnya.

Adapun kalau tidak jelas keberadaan mereka, dari pihak mana mereka namun berloyalitas dengan pihak jam’iyyah Ihyaitturots dan mengajukan permohonan dana atau mengemis kepadanya maka kita hukumi mereka secara umumnya yaitu hizbiyyun, di dalam penamaan hizbiyyun secara umum seperti ini telah mencakup di dalamnya siapa saja yang bukan dari Ahlussunnah wal Jama’ah, sebagaimana telah kami katakan:

المسلمون ينقسمون إلى قسمين:

 .1أهل السنة والجماعة

 .2 أهل الفرقة والبدعة

“Kaum muslimin terbagi kepada dua bagian:

Pertama: Ahlussunnah wal Jama’ah.

Kedua: Ahlu Furqoh wal Bid’ah.

Adapun ciri-ciri Sururiyyun yang paling menonjol adalah:

  1. Bermanhaj dengan manhaj Muhammad Surur Zainal Abidin.
  2. Menyebarkan pemikiran-pemikirannya.
  3. Menanam kebencian terhadap negri Tauhid dan para ulamanya yang masih istiqomah di atas manhaj Ahlissunnah wal Jama’ah.
  4. Berloyalitas dengan Ikhwanul Muslimin dan lebih suka bergaul dengan mereka dari pada bergaul dengan Ahlussunnah wal Jama’ah.
  5. Membela tokoh-tokoh Ahlu Bid’ah dan memuji-mujinya, bersamaan dengan itu berlepas diri serta menjauh dari Ahlussunnah wal Jama’ah.

Kenyataan yang kita saksikan dan yang kita dapati, walaupun seseorang sudah membersihkan dirinya dari sifat-sifat sururiyyin atau bahkan dari sifat-sifat hizbiyyin, namun kalau tidak bergabung dengan pihak yang menuduh atau tidak mengakui seorang tokoh sebagai pemegang da’wah atau rujukan utama maka dia tetap hizbiy sururiy sampai dia datang kepadanya, mengumumkan taubatnya, miminta ma’af dan membuat pernyataan serta menjelaskan keadaannya, Hasbunallohu Wani’mal Wakil, bila seperti ini bentuknya maka inilah hakekat dari al-wala’ wal baro (berloyalitas dan berlepas diri) yang sempit.

Semoga apa yang kami jelaskan ini sebagai saksi dan pelenyap segala kerancuan dan kebingungan:

فعلموا أن الحق لله، وضل عنهم ما كانوا يفترون

“Maka tahulah mereka bahwasanya kebenaran adalah milik Alloh, dan lenyaplah dari mereka apa-apa yang dahulu mereka ada-adakan”.

Dijawab oleh:

Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy ‘Afallohu ‘anhu (22 Dzulhijjah 1435).

Comments on: "Tidak Setiap Hizby Mesti Sururiy" (1)

  1. ibnu sahid said:

    jazakallah penjelasannya. Untuk dai2 seperti yazid jawas, firanda dll yang berada di radio rodja, apa manhaj mereka? Karena dulu mereka dikatakan sururi karena bermuamalah dengan yayasan diatas. Untuk sekarang yang ana dengar mereka sudah berlepas.

    Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: