“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

anigif CARA MENGHILANGKAN IKLAN DAN GAMBAR PADA INTERNET

CARA MENGHINDARI IKLAN DAN GAMBAR DI INTERNET KOMPUTER ANDA

ALHAMDULILLAH

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا  “Maka sesudah kesulitan itu ada  kemudahan”.

Ya Ikhwati fillah, kini saatnya antum harus memasang Ekstensi tambahan dibawah ini,

AdBlock untuk Google Chrome

AdBlock untuk Mozilla Firefox

sebab ini amalan yang wajib untuk  kita lakukan, karena : SYARI’AT MEMERINTAHKAN AGAR MENGHAPUS GAMBAR ( Lihat postingan sebelumnya disini ! )

Alhamdulillah  Saudara  kita Nurrohman bin Dion Hardana Al-Kuninganiy  memberikan tambahan masukan kepada kita, cara mudah lainnya untuk menghilangkan iklan dan gambar makhluk pada Internet komputer anda. 

Berikut langkah-langkahnya :

Untuk menghindari gambar dengan menggunakan Mozilla Firefox (MF) maupun Google Chrome (GC) sangat mudah, bahkan tidak perlu plug in seperti AdBlock. Gambar biasanya muncul berupa gambar dalam bentuk file gambar (.jpeg, .png dan ekstensi gambar lainnya) dan iklan biasanya dalam javascript. Ini bisa dinonaktifkan secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

1. Untuk Mozilla Firefox

Untuk MF versi terbaru gambar tidak bisa dinonaktifkan. Oleh karena itu, lebih baik memakai MF versi sebelumnya.  Pada MF versi 20 gambar serta javascript masih bisa dinonaktifkan. Berikut adalah link download untuk MF versi 20:

http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/mozilla.org/firefox/releases/20.0b5/win32/enUS/Firefox%20Setup%2020.0b5.exe

Berikut langkah menonaktifkannya:

Setelah di-install, buka MF, lalu klik “Tools” pada menu bar, setelah diklik akan terlihat gambar seperti ditunjukkan Gambar 1.1:

Gambar 1.1

Gambar 1.1

Lalu klik “Options” (yang ditandai kotak merah pada Gambar 1.1). Setelah melakukan langkah ini, akan muncul jendela seperti yang ditunjukkan Gambar 1.2.

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.2

Gambar 1.2

Setelah itu, klik “Content” (yang ditandai warna merah pada Gambar 1.2). Setelah itu, akan muncul jendela seperti ditunjukkan Gambar 1.3.

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.3

Gambar 1.3

Lalu hilangkan centang pada “Load images automatically”. Biasanya iklan (yang di dalamnya ada gambar) dalam bentuk javascript, tinggal dinonaktifkan dengan menghilangkan centang pada “Enable JavaScript”. (Keduanya telah ditandai dengan kotak warna merah pada Gambar 1.3). Lalu klik OK. Selesai.

2. Untuk Google Chrome

Untuk Google Chrome sangat mudah juga:

Setelah di-install, buka GC. Lalu akan terlihat jendela seperti ditunjukkan Gambar 1.4.

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.4

Gambar 1.4

Klik icon yang berupa 3 buah persegi panjang sejajar berwarna hitam (setelah diklik akan berwarna orange) pada sisi kanan atas (ditunjukkan kotak warna merah pada Gambar 1.4). Setelah itu akan muncul jendela seperti ditunjukkan Gambar 1.5.

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.5

Gambar 1.5

Lalu pilih “Settings” seperti ditandai kotak warna merah pada Gambar 1.5. Atau bisa juga dengan langsung mengetikan tulisan berikut ini ke dalam address bar:

chrome://settings/

Address bar adalah kotak yang berisi alamat website yang kita kunjungi. Pada Gambar 1.5 address bar berisi alamat: ashhabulhadits.wordpress.com (ditandai kotak berwarna hijau). Setelah melakukan langkah ini, akan muncul jendela seperti pada Gambar 1.6.

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.6

Gambar 1.6

Setelah itu, scroll ke bawah ada tulisan berwarna biru: “Show Advanced Settings…” (ditunjukkan  kotak warna mereh pada Gambar 1.6. Klik tulisan tersebut. Lalu jendela akan memanjang dan muncul tombol “Content Setting” pada bagiaan “Privacy” seperti ditunjukkan Gambar 1.7. Tombol “Content Setting ditandai dengan warna merah pada gambar tersebut.

1. 7 Cara Menghilangkan Iklan

Gambar 1.7

Klik “Content Setting”, akan muncul jendela seperti ditunjukkan Gambar 1.8. (Setelah jendela di-scroll sedikit ke bawah).

Cara Menghilangkan Iklan di Internet 1.8

Gambar 1.8

Lalu untuk menonaktifkan gambar, pilih “Do not show any images” pada bagian “Images” dan pilih “Do not allow any site to run JavaScript” untuk menonaktifkan JavaScript (seperti ditunjukkan kotak warna merah).

Cara lebih cepat pada Google Chrome adalah: ketikkan tulisan berikut ini pada address bar:

chrome://settings/content 

Lalu akan muncul gambar seperti pada Gambar 1.8. Lalu lakukan langkah yang telah dijelaskan barusan. Selesai. Alhamdulillah

ASH-HABUL HADITS

ASH-HABUL HADITS

3. Untuk Opera Browser

Memakai Opera edisi terbaru kinerjanya bagus sekali. Software-nya bisa didownload di sini:

http://www.opera.com/computer/windows

Pada halaman di atas, klik yang tulisan “Free Download” untuk di-install langsung setelah didownload atau bisa juga “Download the offline package” untuk di-install nanti secara manual.

Opera sangat bagus karena mudah dalam memblok iklan yang sering tampil di blog ini maupun di tempat lain. Ana coba di detik.com ternyata iklan-iklan yang biasanya berkeliaran di situ pada gak tampil. Ini bisa dilakukan dengan Adblock Plus untuk opera yang bisa didownload di link berikut ini:

https://addons.opera.com/en/extensions/details/opera-adblock/?display=es-ES

Buka link di atas klik “Install” pada kota hijau. Akan terinstall secara sendirinya. Jika sudah terinstall, akan ada lambang-nya, yaitu tulisan “ABP” pada bulatan merah pada pojok kanan atas dari opera browser ini.

Untuk menonaktifkan gambar juga mudah, yaitu:

  • a) Klik tulisan “Opera” pada pojok kiri atas. Lalu klik “Settings”.
  • b) Hal pada poin a di atas dapat juga dilakukan lebih singkat dengan cara menekan tombol huruf P sambil menekan tombol Alt.

Pada pilihan di sebelah kiri, pilih “website”. Setelah itu scroll ke bawah ada tulisan “Images”. Di bawahnya, centang bagian yang “Do not show any images”

Selesai.

Kita tidak perlu menonaktifkan “Java script” untu menghindari gambar karena sudah menggunakan Adblock Plus. Tapi jika ingin dinonaktifkan, pilihannya tersedia pada bagian “website” seperti hal-nya “Image” pada langkah di atas. Selesai.

Comments on: "Cara Mudah : Menghindari Iklan Dan Gambar di Internet Komputer Anda" (10)

  1. Berkata Aboû Sa’îd Mouhammed Ibn ‘Abd Allah Al Djazâ’irî ke ana. yang sudah dia terjemahkan kedalam bahasa Indonesia :
    Firefox bukan browser yang baik (karena ada logo fox) dan Ada web browser lain tanpa gambar bernyawa.

    Ana katakan : Tafadhdhol untuk gunakan web browser chrome saja

    Untuk akh Nurrohman, tolong buatkan dengan browser chrome saja (yang tidak bermakhluq)

    Suka

  2. Jika memang mau begitu cukup dengan penjelasan pakai Google Chrome saja. Penjelasan pakai Mozilla Firefox di atas dihapus saja. Pada awalnya ana juga mau kasih tutorial memakain Internet Explorer (IE), tapi IE di komputer ana rusak.

    Ana tidak tau apa alasannya firefox tidak baik, meskipun itu logo srigala, tetapi srigalanya menatap ke belakang. Sehingga ana kira itu bukan suroh. Walloohu a’laam. Jika bisa Antum tanyakan hal ini kepada Aboû Sa’îd Mouhammed Ibn ‘Abd Allah Al Djazâ’irî. Jazakalloohu khoiron.

    Suka

    • Berkata Abu Abdirrahman Shiddiq bin Muhammad Al-Bugisi dalam risalah berjudul “HUKUM GAMBAR DAN MENGGAMBAR MAKHLUK BERNYAWA”, Yang telah dimuraja’ah oleh :
      Abu Turab Saif bin Hadar Al-Jawi, pada bab :

      GAMBAR ITU ADALAH GAMBAR KEPALA

      Telah datang Atsar dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu bahwasanya beliau berkata:
      الصورة الرأس فإذا قطع الرأس فليس بصورة
      Gambar itu adalah kepala, jadi apabila kepalanya sudah dipotong maka itu bukanlah gambar.” HR. Al-Baihaqi, no, 14357.
      Perlu diingatkan, ada sebagian orang hanya mencukupkan dengan menghapus atau mencoret gambar mata saja tanpa memotong kepalanya, kami tidak tahu apa hujjah mereka melakukan hal itu, kalau mereka tidak mendatangkan dalil maka atsar shahih yang kami sebutkan ini cukup sebagai hujatan buat mereka, dan yang seharusnya dilakukan adalah memotong kepalanya. Wabillahit Taufiq.

      PENUTUP

      Setelah jelas bagi kita semua akan keharaman gambar bernyawa, maka kami menasehatkan seluruh kaum muslimin supaya bertakwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan berupaya sebisa mungkin untuk meninggalkan maksiat ini.
      Kalau seandainya semua atau kebanyakan kaum muslimin menolak dan membenci adanya gambar di manapun dia berada, tentunya pemerintah, pabrik makanan dan kebutuhan konsumsi lainnya –insya Allah- akan meninggalkan gambar pula.
      Adapun kalau terpaksa membeli sesuatu keperluan yang ada gambarnya maka hendaknya dihapus dan dibuang gambarnya sebelum dibawa pulang ke rumah, karena itu adalah sebab tidak masuknya malaikat rahmah ke dalam rumah tersebut.

      lihat https://ashhabulhadits.wordpress.com/2012/02/04/hukum-menggambar-makhlukh-bernyawa/

      Suka

  3. Amirullah said:

    Bismillah

    Sebenarnya tujuan dari Mozilla Firefox menghilangkan pengaturan untuk gambar dan javascript agar tampilan web di MF menjadi sempurna, sehingga MF menghilangkan pengaturan untuk ‘load’ gambar dan javascript.

    Tetapi, MF tetap mengizinkan user menonaktifkan fasilitas ini dengan cara yang sedikit tidak seperti biasanya bagi pengguna komputer yang masih awam.

    :::::……::::::
    – Silakan ketik —about:config— pada kotak addres bar
    akan muncul peringatan dari MF, silakan klik saja tombol nya

    – pada kotak search, silakan ketik —-image—-, maka muncul beberapa pengaturan yang berhubungan dengan gambar.

    – Double klik tulisan —-permissions.default.image—- dan ganti nilainya dari 1 menjadi 2

    untuk javascript

    silakan ketik javascript pada kotak search

    cari tulisan —javascript.enabled—, ganti true menjadi false (klik dua kali tulisan tersebut)

    untuk logo MF yang ditampilkan pada saat pertama kali membuka MF:

    masuk ke bagian Options–> General—> Startup –> pilih show a blank page

    Suka

  4. Umm Ja'far Central Java said:

    Jazakallahukhairan…….
    Akan tetapi dengan menggunakan cara diatas kita tidak langsung terbebas dari semua iklan, banyak iklan yang tidak menggunakan JavaScript, dan dengan menonaktifkan JavaScript terkadang yang bukan iklan akhirnya tidak muncul seperti player2 yang menggunkan Java, dan widget2 yang menggunakan Java…
    kalau menggunakan AdBlock semua iklan tidak tampil, dari javascript maupun selainnya. dan AdBlock juga blockir iklan yang tidak java seperti di Youtube atau DailyMotion dan yang lainnya…

    Suka

  5. @Amirulloh, Jazakalloohu Khoiron. Ini bermanfaat tapi sedikit ribet karen harus hafal dan ketik kodenya, sangat praktis jika hanya tinggal klik. Tapi itu tergantung selera.

    @Umm Ja’far, iklan memang tidak hanya javascript dan gambar, tapi gambar makhluk bernyawa biasanya tampil dalam bentuk kedua jenis ini. Tujuan utamanya kan menghilangkan itu. Setelah mempraktekan langkah di atas untuk MF yang ana pakai, di youtube tidak ada gambar yang muncul, hanya tulisan judul2 video, begitu juga dailymotion.

    Video biasanya ditampilkan thumbnail-nya (yaitu salah satu gambar yang ada di dalam video). Ini masih bisa berpotensi menampilkan gambar meskipun memakai AdBlock. Dengan menonaktifkan salah satu dari dua (image atau javascript), thumbnail ini tidak terlihat (telah ana coba di youtube).

    Video dan audio player biasanya kita pakai untuk di web2 yang insya Alloh ahlussunnah. Kita bisa mengaktifkan dulu image dan atau javascript nya dulu sebelum membuka web2 tersebut.

    Suka

  6. min kalo mau hindari iklan dari produk tertentu saja bisa ya?

    Suka

  7. Hatur Syukron trimakash

    Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: