“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

murid 4

Apa hukumnya seorang murid mentahdzir guru?, kemarin ada orang Luqman bilang, tidak boleh tahdzir-tahdzir di zaman ini, karena kita harus menyatukan persatuan biar kuat?.

Jawab:

Boleh bagi seorang murid mentahdzir umat dari kejelekan gurunya, bila dia di atas al-haq dan gurunya di atas al-batil, Alloh Ta’ala berkata:

فذكر إن نفعت الذكرى

“Berilah peringatan, karena peringatan itu bermanfaat”.

Salman Al-Farisiy Rodhiyallohu ‘anhu mentahdzir umat dari kejelekan gurunya seorang Uskup yang mengambil zakat umat. Dengan tahdzirannya memberikan manfaat dan umat menjadi waspada untuk berbuat kejelekan semisal itu.

Adapun perkataan penanya “tidak boleh tahdzir-tahdzir di zaman ini…”, maka ini tidak dibenarkan, karena di awal da’wah Nabi kita sangat membutuhkan umat untuk masuk Islam namun bersamaan dengan itu beliau terus mentahdzir, bahkan awal di utusnya beliau sebagai Rosul beliau diperintah untuk mentahdzir (memberi peringatan):

قم فأنذر، وربك فكبر

“Berdirilah kamu lalu berilah peringatan dan kepada Robbmu agungkanlah”.

Dijawab oleh:

Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limboriy.

Comments on: "Jika Murid Mentahdzir guru ??" (1)

  1. millahibrohim said:

    hendaklah dalam menjawab dan berfatwa disamping dalil AlQur’an dan AsSunnah dibawakan ucapan ulama siapa yang mendahuluinya tidak memahami sendiri dalil dalil. karena di antara manhaj salaf adalah memahami nash dengan pemahaman ulama salaf sebagaimana dikatakan oleh Imam AlBarbahari dalam kitabnya Syarhus Sunnah.

    Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: