“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

Penjelasan Sebab Hijrah

AsySyaikh Yahya Al Hajuriy dan Tholabah

Klarifikasi Surat Sheikh Yahya

Hafizhohumulloh

Ditulis Oleh Fadhilatusy Syaikh AlImam Al ‘Allamah:

Abu AbdirrahmanYahya bin Ali Al Hajuriy

Hafizhohulloh

Diterjemahkan Oleh Al Faqir Ilallah:

Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy

Afallohu’anh

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله وأشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله أجمعين أما بعد:

Sebagaimana yang telah beredar di sebagian para thullab di Darul Hadits di Dammaj, bahkan di sebagian para masyayikh dan fudhola’nya ketika kami masih di Dammaj, bahwasanya PresidenYaman –atau yang mewakili dialog- menekan Asy-Syaikh Yahya dan para pelajar untuk keluar dari Dammaj, dan apabila kami bertekad untuk bertahan maka akan dikirimkan pesawat untuk menyerang. Kemudian dijelaskan bahwasanya pesawat tadi adalah pesawat-pesawat Amerika yang memang  menuduh para pelajar Dammaj yang terkepung ini sebagai teroris, sementara  agresor najis Hutsiyyun Rofidhoh malah dianggap sebagai pihak yang terzholimi.

Dan hampir semua yang di Yaman tahu bahwasanya pesawat-pesawat amerika sering aktif mengebom posisi-posisi kelompok Al Qe’edah (pemberontak, khowarij, perusak Negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia) yang ada di Yamanini, terutama di wilayah selatan – Abyan dan sekitarnya -.

Inilah yang beredar sampai kami pindah keShan’a sebagai pengungsi, tanpa ada berita resmi dari Syaikh kami Yahya Al Hajuriy Hafizhohulloh, dan kami memaklumi kesibukan hati dan kepenatan badan beliau, dan kami terus mendoakan beliau dan segenap salafiyyin agar Allah menolong dan memberikan jalan keluar untuk mereka dan kita semua.

Kemudian beberapa hari yang lalu banyak ikhwah dan fudhola mengabari kami bahwasanya pemerintah jengkel dengan berita yang beredar tersebut. Bahkan Syaikh kami Abdul Wahhab Asy-Syamiriy Hafizhohulloh yang siang malam memeras pikiran, waktu dan tenaga untuk mengurusi seluruh urusan thullab dipanggil oleh kementrian dengan adanya tuduhan tadi.

Maka sekarang telah keluar penjelasan resmi dari syaikh kami Yahya bin Ali Al Hajuriy Hafizhohulloh tentang masalah itu, danakan saya terjemahkan sebagai bentuk pelurusan berita yang telah lalu:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله أما بعد:

ما أبين أنا عني وعن طلابي أو من أكلفه بذلك فلي غنمه وعلي جرمه، من باب قول الله تعالى: ﴿وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلَّا عَلَيْهَا﴾ [الأنعام: 164]، وليس هناك من كلفته ناطقا عني وعن طلابي، وما نقل أن الأخ الشهم أمين العاصمة عبد القادر هلال، هددنا بالضرب بالطيران إن لم نخرج من دماج أو أرغمنا على تفويض الرئيس حفظ الله الجميع، هذا لم أسمعه منه ولم أعلمه، والله الموفق.

كتبه

يحيى بن علي الحجوري

بتاريخ (29/ربيع أول/1435 هـ)

Terjemah Inti Penjelasan:

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله أما بعد:

Berikut ini adalah apa yang akan aku jelaskan atas nama diriku sendiri dan atas nama para muridku, atau atas nama orang yang aku bebani untuk mengurus urusan ini, maka akulah yang akan mendapatkan hasil baiknya, dan aku pula yang akan mendapatkan efek buruknya, masuk dalam bab Firman Allah Ta’ala:

وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلَّا عَلَيْهَا

“Dan setiap tidaklah setiap jiwa itu bekerja kecuali hasilnya akan menimpa dirinya sendiri.”(QS. Al An’am: 164).

Dan tidak ada di sana orang yang aku bebani untuk menjadi juru bicara atas nama diriku ataupun atas nama para muridku. Adapun apa yang dinukilkan bahwasanya saudara kita yang perwira, Wali Ibukota, Abdul Qodir Hilal, mengancam kami dengan akan adanya tembakan dengan pesawat jika kami tidak keluar  dari  Dammaj, atau beliau memaksa kami untuk menyerahkan urusan ini pada Presiden, semoga Alloh menjaga semuanya, maka aku tidak mendengar itu dari beliau dan aku tidak pula mengetahui ini. Dan hanyaAllah sajalah Yang memberikan taufiq.

Ditulis Oleh Yahya bin Ali Al Hajuriy

Pada Tanggal: 29 Robiul’ Awwal 1435 H.

 

Selesai Penerjamahan, semoga Allamenjaga kita semua dari segala kejelekan dan kejahatan.

والحمد لله رب العالمين.

Diterjemahkan di Masjid “As Sunnah” Sa’wan

Madinah As-Sakaniyyah Shan’a

HariJum’at, Tanggal 30 RobiulAwwal 1435 H

Faidah : sebagian ikhwah Shan’a menjelaskan bahwasanya wilayah ini di namakan dengan Madinah As-Sakaniyyah karena di sini ada komplek perumahan para keluarga bangsawan kepresidenan. Allohua’lam.

Comments on: "Penjelasan Sebab Hijrah Asy-Syaikh Yahya Al-Hajury dan Tholabah" (3)

  1. Lalu karena apa Ahlus Sunnah ber-hijrah dari dammaj ???

    Suka

  2. Bismillah…karena menjaga nyawa dan agama di dahulukan…mayoritas penghuni dammaj saat itu adalah penghapal al quran dan hadits….para msyaikh dan wakil pemerintahan menimbang lebih baik meninggalkan dammaj…bumi Alloh ta’ala luas….trnyata markiz ahlussunnah telah banyak berdiri di selain dammaj…

    Suka

  3. Abu Muhammad said:

    Apakah benar berita disitus ini http://miratsul-anbiya.net/2014/02/11/asy-syaikh-rabi-menolak-al-hajuri/
    mhn infonta yg sohih syukron

    Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: