“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

SIAPA LAGI ?

KALAU BUKAN PENUNTUT ILMU DAN PARA DA’I ?

Pertanyaan :

Apa dibenarkan seseorang yang sudah memiliki bekal ilmu namun tidak mau tampil berda’wah dengan alasan sudah banyak yang berda’wah atau alasan sudah cukup yang da’wah?.

Jawaban :

بسم الله الرحمن الرحيم، نحمده ونستعينه ونستغفره، وبعد:

Sebagian para shohabat bila diminta untuk menyampaikan hadits atau dimintai fatwa maka mereka mengarahkan ke shohabat yang lain atau mereka mengungkapkan cukup yang lain.

Bila di zaman ini ada dari para da’i atau para penuntut ilmu yang berprinsip dengan prinsip itu maka dia telah salah dalam menempatkan permasalahan pada tempatnya, karena di zaman shohabat murni yang berda’wah adalah para Ahlussunnah, adapun di zaman ini maka sungguh sangat banyak para da’i penyeru ke pintu-pintu jahannam, maka tidak sepantasnya bagi para da’i dan para penuntut ilmu Ahlissunah membiarkan umat jatuh di tangan-tangan mereka, sepatutnya bagi Ahlussunnah berprinsip “kalau bukan kita siapa lagi?”, kita Ahlussunnah adalah umat pilihan:

ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم المفلحون“.

“Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.

Dijawab oleh:

Abu Ahmad Muhammad Al-Limboriy pada malam Kamis 30 Shofar 1435 di pertahanan Alu Manna’.

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: