“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

AWAS SELEBARAN
YANG MEMBUAT PENASARAN

Pertanyaan:
Apakah boleh menyebarkan brosur pembukaan ponpes dengan menyebutkan Kualitas Pengajarnya?, contoh Ustadznya hafal Al-Qur’an dan lain-lainnya.

Jawaban:
Sebaiknya bagi para pembuat selebaran seperti itu berhati-hati, karena sangat banyak kita dapati banyak kesalahan dalam masalah ini, karena ingin supaya mendapatkan banyak murid atau banyak simpatisan maka sering kali terjatuh pada kesalahan, sekadar contoh salah seorang diustadzkan pada suatu pondok pesantren menghafal “Mukhtashor Shohih Muslim” misalnya, namun dalam selebaran ditulis menghafal “Shohih Muslim” bahkan sampai keliru disebut hafal “Shohihul Bukhoriy”, atau disebutkan hafal lebih dari itu, maka ini jelas termasuk berlebih-lebihan dalam berbuat.
Kalau masalah ini dimasukan dalam tarjamah ya’ni biografi maka tidak mengapa, namun bila dimasukan dalam promosi seperti ini maka tentu sangat memalukan, karena orang yang mendapatkan di dalam selebaran ketika akan menyaksikan keadaan sebenarnya tentu akan bertanya-tanya, di dalam selebaran seakan-akan paling hebat namun kenyataan bertolak belakang, Wallohul Musta’an.


Oleh Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al Limbory

Di Al Manna’ Dammaj Yaman

Tulisan Ilmiyyah Lainnya :

Kajian Ilmiyyah Lainnya :

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: