“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

SAFARI DA’WAH

SAFARI DA’WAH

Pertanyaan:

Apa boleh menggunakan ungkapan untuk da’wah seperti “SAFARI DA’WAH?”, apakah ungkapan itu digunakan oleh salafush sholih?.

Jawaban:

Jika ungkapan itu difahami maksudnya oleh masyarakat atau untuk menarik simpati para pembaca maka tidak mengapa, itu seperti permasalahan ungkapan “tabligh akbar” yang pernah kami jelaskan.

Istilah “safari da’wah” adalah suatu istilah yang digunakan oleh sebagian para da’i di Indonesia yang diinginkan dengannya untuk keliling da’wah yang biasa dikenal di kalangan salaf dengan “khuruj”, dan istilah “khuruj” ini digunakan sesuai tujuannya, jika digunakan untuk memberontak kepada penguasa maka dikatakan “khuruj ‘alal hukkam”, dan kalau digunakan untuk keluar da’wah di jalan Alloh maka dikatakan “khuruj lidda’wati Ilalloh”.

Dan istilah semisal SAFARI DA’WAH ini tidak masalah selama difahami maksudnya dan jelas tujuannya, namun yang terbaik adalah menerapkan istilah yang biasa digunakan oleh orang-orang Arob sehingga keutuhan bahasa Arob terjaga dan terpelihara dari tercampur aduknya dengan istilah yang tidak digunakan oleh orang Arob.

Dan penggunaan istilah “safari” ini biasa digunakan oleh para pelanggan warung kopi atau yang semisalnya, mereka biasa menyebutkan nama minumannya kemudian berkata: “safari”, ya’ni dibawa keluar dari warung atau dibawa pergi, ini salah satu penggunaan istilah “safari” dan masih banyak penggunaannya untuk yang lain.

Maka kami nasehatkan walaupun penggunaan istilah itu tidak masalah namun yang utamanya adalah memunculkan istilah yang biasa digunakan di kalangan Arob, hal itu bermaksud untuk melatih para pemula atau para santri dengan istilah yang ditempatkan pada tempatnya. Wallohu A’lam wa Ahkam.

Ditulis oleh : Abu Ahmad Muhammad Al-Limbory

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: