“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

PUJIAN YANG MEMBINASAKAN

PERTANYAAN:

بسم الله الرحمن الرحيم.

Apa pendapat anta buat  orang yang berlebihan memuji anta sampai menyakiti ustadz kita?.

Jawaban:

بسم الله الرحمن الرحيم.

الحمد لله، وبعد:

Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam saja makhluk terbaik dipuji sebagai bentuk perendahkan kepada saudara-saudaranya para nabi maka beliau melarang orang yang memuji itu, apalagi kami sebagai hamba Alloh yang tidak luput dari salah!.

Sungguh kami tidak ridho terhadap siapa saja yang memuji kami terhadap sesuatu yang tidak ada pada kami, atau pujian dengan maksud merendahkan atau menjatuhkan saudara-saudariku Ahlissunnah.

وكفى بالله شهيدا“.

“Dan cukuplah bagi Alloh sebagai saksi”.

PERTANYAAN:

Lalu bagaimana dengan orang yang memuji sobatnya dan menjelekan anta, apa jawaban anta?

JAWABAN:

Jawabanku, Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam berkata di dalam pembukaan khutbahnya:

إن الحمد لله، نحمده….”.

“Sesungguhnya (segala) pujian hanya untuk Alloh, kita memuji-Nya…”.

Jika sudah tahu pujian itu adalah milik Alloh maka untuk apa kita sebagai hamba yang penuh kelemahan ini mengharap pujian dari kawan atau mencari pujian dari orang lain?!.

Adapun orang memuji kawannya dengan tujuan menjatuhkan kami maka sungguh telah kami dapati, ketika ada orang-orang ingin duduk bersamaku untuk saling memberi faedah ilmiyyah tiba-tiba datang seseorang berkata kepada orang-orang yang mendekatiku itu:

“Kalau mau belajar, belajar sama orang Yaman, jangan belajar sama orang Indonesia”, ternyata maksudnya jangan belajar sama orang Indonesia itu supaya tidak duduk belajar denganku, tapi maksudnya supaya belajar dengannya dan itu terbukti sebagaimana ucapannya: “Aku takut orang tertipu denganya” ya’ni tertipu dengan kami.

Atau kalau orang yang dekati kami sulit dia arahkan kepada dirinya maka  dia gunakan bahasa tipuan:

“Jangan belajar dengan dia, dia itu begini dan begitu” (sambil menyebutkan sesuatu yang menurutnya itu adalah aib kami), kemudian dia berkata: “Belajar sama temanku yang itu (dengan menyebutkan namanya), masya Alloh dia hafal Shohih Muslim”.

Dari rayuan dan tipuannya itu dia mengira akan bermanfaat untuk dirinya atau untuk kawannya, justru itu adalah penghinaan untuknya dan perendahan terhadap kawannya secara tidak dia sadari, bagaimana dia memuji dengan cara tanpa merinci?, seandainya kalau dia memuji kawannya dengan mengatakan keadaan yang sebenarnya ya’ni sudah menghafal MUKHTASHOR SHOHIH MUSLIM bukan SHOHIH MUSLIM aslinya, dan mukhtashor itupun tidak semuanya dihafal namun satu KITAB di dalamnya dilewati, maka hal ini tidak sepantasnya untuk digunakan sebagai bahan menjatuhkan orang baik, kalaupun kawannya menghafal SHOHIH MUSLIM secara sempurna dengan sanad dan matannya maka sangat tidak dibenarkan untuk digunakan sebagai bahan menjatuhkan orang baik atau sebagai bahan untuk memisahkan orang-orang baik dengan para kawannya, hafalan seseorang urusannya di sisi Alloh, kapan Dia menginginkan untuk mencabutnya dari dada setiap para penghafal maka Dia cabut dengan mudah, maka apa yang akan dikagumkan setelah itu?!, betapa banyak da’i-da’i di Indonesia keluaran dari Darul Hadits dikatakan banyak hafalan, kemanakah hafalan itu semuanya?.

رب زدني علما.

“Ya Robbku tambahkan kepadaku ilmu”.

Dijawab oleh: Muhammad bin Salim Al-Limboriy.

Comments on: "Pujian Yang Membinasakan" (3)

  1. Hariansyah said:

    Bismillah,
    ya aba umar yasmin,barokallohu fiik.
    Ana abu hafshoh kepri al bintany.
    Ana punya usulan kpd ustz2 yg ada di dammaj.
    Agar di buat suatu risalah yg berisikan biografi,umur para masyaikh yg di dammaj,agar kami di sini lbh mengenal siapa ulama kami.seperti as yaikh yahya al hajuri,syaikh abu amr al hajury,syaik abu hamid al hajury,syah zaid al wushoby,syaik al iryani,syaikh muhammad bin hizam hafizahulloh..
    Sampay kan salam kami kpd ustz abu fairuz,dan ustz abu ahmad muhanad limbory,jazakallohu khoiron karna tlah meluang kan wakt nya untk membri kbr dammaj di sa’at ini.meskpun dlan keada’an perang.
    Baarokallohu fiik

    Suka

    • Barakallahufiik.
      Adapun ulama ahlus sunnah diantaranya sudah ada biografinya. Tafadhol dicari biografi disitus ini atau bisa buka di http://www.al-iryany.blogspot.com. Sebagian biografi ulama yang belum ada, nanti InsyaAllah ana sampaikan. Semoga dimudahkan untuk para thullab menuliskan biografi para ulama salaf yang ada di Dammaj khususnya dan Yaman umumnya. Salam nanti ana sampaikan. Salam juga dari ana untuk ikhwah disana.

      Suka

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: