“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

 

TIDAK SEKEDAR PENGAKUAN

TAPI DITUNTUT PEMBUKTIAN

 

بِسم الله الرَّحمنِ الرَّحِيم

Orang-orang yang bergabung dengan firqoh Luqmaniyyin (pengikut Luqman bin Muhammad Ba’abduh) banyak dari mereka memiliki kemaksiatan dan kebid’ahan, bila diingkari maka mereka mengatakan: “Walaupun memiliki TV atau mempunyai jam’iyyah atau yang lainnya, tidak mengapa, yang penting kan tidak berbuat syirik, semuanya juga akan masuk surga”.

 

Muhammad bin Salim menjawab:

بِسم الله الرَّحمنِ الرَّحِيم

الحَمْدُ لله، أَحْمَدُه، وأستعينُه، وأستغفرُهُ، وأَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.

أمّا بعدُ:

Perkataan mereka itu hampir mirip dengan perkatan orang-orang Yahudi dan Nasroni:

{وَقَالُوا لَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَى} [البقرة: 111].

Dan mereka berkata: Tidak akan masuk Jannah melainkan orang-orang Yahudi dan Nasroni”. (Al-Baqoroh: 111).

Walaupun mereka melakukan dosa dan kemaksiatan apa saja tetap akan masuk Jannah, itu anggapan mereka, karena mereka merasa bahwa merekalah para penghuni Jannah yang sesungguhnya, maka Alloh (تعالى) bantah pengakuan mereka itu sebagaimana dalam kelanjutan ayat:

{قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ} [البقرة: 111].

“Katakanlah: Datangkanlah oleh kalian keterangan kalian jika kalian adalah orang-orang yang benar”. (Al-Baqoroh: 111).

Dan orang-orang yang bergabung dengan firqoh Luqmaniyyin (pengikut Luqman bin Muhammad Ba’abduh) itu, mereka memiliki sifat enggan dan keras kepala untuk meninggalkan kebid’ahan dan kemaskiatan mereka, lalu bagaimana mereka bisa mengklaim diri mereka dengan kepastian akan masuk Jannah sedangkan mereka terus dalam kemaksiatan dan kebid’ahan seperti itu?!!!.

Ketika Rosululloh (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) meminta syafa’at kepada Alloh (تعالى) untuk umatnya dengan berkata:

«إِنَّهُمْ مِنِّي»، فَيُقَالُ: إِنَّكَ لاَ تَدْرِي مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ.

“Sesungguhnya mereka termasuk dari (umat)ku” maka dikatakan: “Sesungguhnya kamu tidak tahu apa yang mereka ada-adakan setelahmu?!. Maka beliau (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata:

«سُحْقًا سُحْقًا لِمَنْ غَيَّرَ بَعْدِي».

“Jauhkan! jauhkan! Bagi siapa yang mengadakan perubahan (bid’ah) setelahku”. Diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy dari hadits Abu Sa’id Al-Khudriy.

Kita katakan bahwa semua umat Muhammad (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) memang akan masuk Jannah bila mereka mentaati Alloh (تعالى) dan Rosul-Nya (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ), adapun kalau mereka berpaling dan enggan dari mentaati Alloh (تعالى) dan Rosul-Nya (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) maka ancaman bagi mereka adalah siksaan dan azab, Alloh (تعالى) berkata:

{وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَنْ يَتَوَلَّ يُعَذِّبْهُ عَذَابًا أَلِيمًا} [الفتح: 17].

“Dan barang siapa yang mentaati Alloh dan Rosul-Nya maka dia akan dimasukan ke dalam Jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan barang siapa yang berpaling maka dia akan diazab dengan azab yang pedih”. (Al-Fath: 17).

Dan Rosululloh (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata:

«كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى»، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: «مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الجَنَّةَ، وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى».

“Setiap umatku akan masuk Jannah kecuali orang yang enggan”, mereka bertanya: “Wahai Rosululloh, siapa orang yang enggan itu? Beliau (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) berkata: “Barang siapa mentaatiku maka dia masuk Jannah dan barang siapa yang memaksiatiku maka sungguh dia telah enggan”. Diriwayatkan oleh Al-Bukhoriy dari hadits Abu Huroiroh.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: