“ Tidaklah aku menginginkan kecuali perbaikan selama aku sanggup. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan hanya kepadaNya-lah aku kembali ” QS : Huud : 88

PRAKTEK TAUBAT YANG BENAR

قال سائلٌ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، هل صحيح أن جعفر بن عمر طالب، ومحمد بن عمر السِّيوِيد، ولقمان بن محمد باعبده، وذا الأكمال، وذا القرنين، وأسامة فيصل مهري، ومحمد عفيف الدين، وعشكري، وقمر سعيدي، ومحمد السربيني وأصحابهم، قد تابوا؟

Orang yang bertanya berkata: Dengan nama Alloh yang Ar-Rohman (Maha Pengasih) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang), apakah benar bahwa Ja’far bin ‘Umar Tholib, Muhammad bin ‘Umar As-Sewed, Luqman bin Muhammad Ba’abduh, Dzul Akmal, Dzul Qornain, Usamah Faishol Mahri, Muhammad ‘Afifuddin, Asykary, Qomar Su’aidi dan Muhammad As-Sarbiny dan para pengikutnya telah bertaubat?.

قال أبو أحمد محمد بن سليم اللمبوري الأندونيسي:

          Abu Ahmad Muhammad bin Salim Al-Limbory Al-Andunisy berkata:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan nama Alloh yang Ar-Rohman (Maha Pengasih) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang).

الْحَمْدُ لِلَّهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولَهُ. أَمَّا بَعْدُ:

Segala puji bagi Alloh, dan aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak untuk disembah melainkan Alloh yang Maha Satu, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Kemudian setelah itu:

هم قالوا هذا، ولكن التوبة الفعلية لم نرها. قال الله تعالى: إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ (159) إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا فَأُولَئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (160) [البقرة/159، 160].

Mereka mengatakan ini, akan tetapi taubat berupa perbuatan kita tidak melihatnya, Alloh (تعالى) berkata: “Sesungguhnya orang-orang yang mereka menyembunyikan apa-apa yang telah Kami turunkan dari penjelasan-penjelasan dan petunjuk dari yang telah Kami jelaskan kepada manusia dari Al-Kitab maka mereka itu dilaknat oleh Alloh dan dilaknat pula oleh orang-orang yang bisa melaknat. Kecuali orang-orang yang telah bertaubat, melakukan perbaikan dan mereka menerangkan maka mereka itu Aku beri ampun dan aku adalah التَّوَّابُ (Maha Penerima Taubat) dan الرَّحِيمُ (Maha Penyayang)”. (Al-Baqoroh: 159-160).

قال الإمام النووي -رحمه الله-: قَالَ العلماءُ: التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوط:

Al-Imam An-Nawawy –semoga Alloh merahmatinya- berkata: Para Ulama berkata: “Taubat dari setiap dosa adalah wajib, jika dia itu adalah kemaksiatan antara hamba dengan Alloh (تَعَالَى) yang tidak berkaitan dengan hak anak Adam (manusia) maka padanya tiga syarat:

أحَدُها: أنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ.

Pertama: Menjauhkan diri dari maksiat.

والثَّانِي: أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا.

Kedua: Menyesali atas perbuatannya.

والثَّالثُ: أنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً.

Dan yang ketiga: Bertekad untuk tidak mengulangi kepada maksiat tersebut selama-lamanya.

فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ. وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ، وأنْ يَبْرَأ مِنْ حَقّ صَاحِبِها، فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه، وإنْ كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ، وإنْ كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا. ويجِبُ أنْ يَتُوبَ مِنْ جميعِ الذُّنُوبِ، فَإِنْ تَابَ مِنْ بَعْضِها صَحَّتْ تَوْبَتُهُ عِنْدَ أهْلِ الحَقِّ مِنْ ذلِكَ الذَّنْبِ وبَقِيَ عَلَيهِ البَاقي. وَقَدْ تَظَاهَرَتْ دَلائِلُ الكتَابِ والسُّنَّةِ، وإجْمَاعِ الأُمَّةِ عَلَى وُجوبِ التَّوبةِ. انظر “رياض الصالحين“.

Jika hilang salah satu dari tiga syarat tersebut maka tidak benar (tidak sah) taubatnya. Jika maksiat tersebut berkaitan dengan anak Adam (manusia) maka syaratnya empat: Tiga syarat ini, dan (ditambah dengan) membebaskan dari hak pemiliknya, jika dia itu berupa harta atau yang semisalnya maka dikembalikan kepadanya, jika dia itu berupa batasan kehormatan (harga diri) dan yang semisalnya maka diserahkan kepadanya atau meminta ma’af kepadanya, dan jika itu adalah ghibah maka meminta kerelaan darinya. Dan wajib untuk bertaubat dari seluruh dosa-dosa, jika bertaubat dari sebagiannya maka benar (sah) taubatnya menurut ahlul haq (orang-orang yang benar) dari dosa dosa tersebut dan tersisa baginya atas dosa (yang selainnya). Dan sungguh telah ada dalil-dali dari Al-Kitab (Al-Qur’an) dan As-Sunnah serta kesepakatan umat atas wajibnya taubat. (Lihat kitab “Riyadhus Sholihin“).

فهؤلاء حزبيون، والذي ما عرفهم سيعرفهم، وأفعالهم ليست من أفعال السلفيين لا من قبل ولا من بعد. وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ.

Mereka itu (Ja’far bin ‘Umar Tholib, Muhammad bin ‘Umar As-Sewed, Luqman bin Muhammad Ba’abduh….Cs) adalah hizbiyyun, dan yang belum mengetahui mereka maka akan mengetahui. Dan perbuatan mereka bukan dari perbuatan-perbuatan Salafiyyun yang dahulu dan yang setelahnya. Dan Alloh adalah (الْمُسْتَعَانُ) yang dimintai pertolongan.

(Diterjemahkan dari kitab “I’anatus Sail Li Abi Ahmad Muhammad Al-Andunisy” (Edisi 1/hal.91-92) Penerbit Darul Kunuz Dammaj dan Maktabah Al-Falah Dammaj).

 

 

قال سائلٌ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، هل صحيح أن جعفر بن عمر طالب، ومحمد بن عمر السِّيوِيد، ولقمان بن محمد باعبده، وذا الأكمال، وذا القرنين، وأسامة فيصل مهري، ومحمد عفيف الدين، وعشكري، وقمر سعيدي، ومحمد السربيني وأصحابهم، قد تابوا؟

قال أبو أحمد محمد بن سليم اللمبوري الأندونيسي:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولَهُ. أَمَّا بَعْدُ:

هم قالوا هذا، ولكن التوبة الفعلية لم نرها. قال الله تعالى: إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ (159) إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا فَأُولَئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (160) [البقرة/159، 160].

قال الإمام النووي -رحمه الله-: قَالَ العلماءُ: التَّوْبَةُ وَاجبَةٌ مِنْ كُلِّ ذَنْب، فإنْ كَانتِ المَعْصِيَةُ بَيْنَ العَبْدِ وبَيْنَ اللهِ تَعَالَى لاَ تَتَعلَّقُ بحقّ آدَمِيٍّ فَلَهَا ثَلاثَةُ شُرُوط:

أحَدُها: أنْ يُقلِعَ عَنِ المَعصِيَةِ.

والثَّانِي: أَنْ يَنْدَمَ عَلَى فِعْلِهَا.

والثَّالثُ: أنْ يَعْزِمَ أَنْ لا يعُودَ إِلَيْهَا أَبَداً. فَإِنْ فُقِدَ أَحَدُ الثَّلاثَةِ لَمْ تَصِحَّ تَوبَتُهُ. وإنْ كَانَتِ المَعْصِيةُ تَتَعَلقُ بآدَمِيٍّ فَشُرُوطُهَا أرْبَعَةٌ: هذِهِ الثَّلاثَةُ، وأنْ يَبْرَأ مِنْ حَقّ صَاحِبِها، فَإِنْ كَانَتْ مالاً أَوْ نَحْوَهُ رَدَّهُ إِلَيْه، وإنْ كَانَت حَدَّ قَذْفٍ ونَحْوَهُ مَكَّنَهُ مِنْهُ أَوْ طَلَبَ عَفْوَهُ، وإنْ كَانْت غِيبَةً استَحَلَّهُ مِنْهَا. ويجِبُ أنْ يَتُوبَ مِنْ جميعِ الذُّنُوبِ، فَإِنْ تَابَ مِنْ بَعْضِها صَحَّتْ تَوْبَتُهُ عِنْدَ أهْلِ الحَقِّ مِنْ ذلِكَ الذَّنْبِ وبَقِيَ عَلَيهِ البَاقي. وَقَدْ تَظَاهَرَتْ دَلائِلُ الكتَابِ والسُّنَّةِ، وإجْمَاعِ الأُمَّةِ عَلَى وُجوبِ التَّوبةِ. انظر “رياض الصالحين“.

فهؤلاء حزبيون، والذي ما عرفهم سيعرفهم، وأفعالهم ليست من أفعال السلفيين لا من قبل ولا من بعد. وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ.

Iklan

Tinggalkan Balasan Ash Habul Hadits

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: